Kamis, 01 Mei 2008

BERAWAL DARI IBU TUKANG LELUNG KAMBING..

Awalnya pengen nyoba kayak apa seeh rasanya lelung kambing? Apalagi warungnya tiap hari di lewatin. Pas akhirnya ada waktu, nyoba deh. Sayangnya pas dateng tinggal ada tongseng sama sate kambing. Hmmn, milih sate kambing deh akhirnya. Rasanya so-so seeh. Ngga ada yang istimewa. Dagingnya masih ada beberapa bagian yang keras. Kecapnya pun bukan kecap yang spesial, Cuma kecap kental biasa, dikasih irisan cabe rawit, sama kol dan tomat. Seporsi ada lima tusuk. Antara cukup dan ngga juga ya porsi segini. Tapi karena waktu itu lagi laper berat, akhirnya dimakan juga deh. Malah pake nambah nasi setengah, padahal nasinya udah cukup banyak pas pertamanya. Lumayanlah, selesai makan keringetan semua karena makan cabe rawit plus merica-nya. Kalo kayak gini bersyukur juga dikasih lidah yang Cuma dua rasa: enak sama enak banget. Hehehe..

Selesai makan, pasti bayar lah. Ternyata Cuma abis 8500 aja. Hmmn, lumayanlah, bisa buat alesan balik lagi. Setidaknya harganya cukup murah dan mengenyngkan, walaupun ngga istimewa banget rasanya. Abis bayar, ternyata ngga bisa langsung pulan. Ibu tukang satenya kayaknya tipe orang yang seneng ngobrol sama orang yang belum dikenal. Apalagi di seberang jalan lagi ada swalayan baru yang lagi grand opening. Jadilah, ini tema obrolannya. Mulai ngobrol murah apa ngga, rame apa ngga, sampai si Ibu akhirnya nanya, “Istrinya aja, Mas yang disuruh belanja..” Hmmn, jadi mikir juga. bukan karena ini pertanyaan standar buat orang yang baru diajak ngobrol. Tapi karena ternyata soal perempuan dan belanja ini kayaknya udah jadi pakem yang baku di masyarakat.

Jadi inget kalo waktu sd dulu dipelajaran bahasa Indonesia disuruh ngelengkapin pertanyaan kayak gini. “Bapak pergi ke ...” terus, “Ibu pergi ke ...” Jawabannya pasti udah bisa ditebak kan? Dan semua pasti jawab kayak gini, “Bapak pergi ke kantor, dan Ibu pergi ke pasar.” Ngga mungkin sebaliknya. Kalo ada anak sd yang ngejawab kayak gini, “Bapak pergi ke pasar, dan Ibu pergi ke kantor.” Pasti anak itu dapet nilai yang jelek di pelajaran bahasa Indonesia. Padahal kan ngga salah juga kalo ngejawab kayak gitu. Hehehe, tapi ada ngga ya anak sd yang jawab kayak gitu..?

Si Ibu tukang lelung kambing itu jadi nyadarin akan sesuatu. Apa iya ya, buat kalangan orang tua, istilah “Bapak pergi ke kantor, dan Ibu pergi ke pasar” itu kayaknya udah ngga bisa diganggu gugat lagi. Kalo misalkan ada Ibu-ibu yang bilang, “Bapak aja yang ke pasar, biar Ibu yang ke kantor.” Mungkin rumah tangga itu bakalan ribut. Karena si Bapak ngga terima disuruh ke pasar, apalagi yang nyuruh istrinya. Artinya, isu gender apa masih bisa diterapin di keluarga menengah ke bawah dan orang-orang yang sudah cukup umur? Jangan-jangan kalo ada aktivis gender yang dateng ke sebuah kampung dan ngasih pelatihan gender ke Ibu-ibunya, besoknya malah banyak yang cerai lagi di kampung itu. Kalo gitu, Bapak-bapaknya donk yang dikasih pelatihan gender juga..?! bisa aja, tapi paling ujung-ujungnya kebentur sama masalah berbau budaya dan agama. Patriarki dan ajaran bahwa suami adalah seorang imam, istri yang soleh adalah yang ngikutin suami, bla bla bla.. tobat deh kalo udah kayak gini! Niat baik malah bisa bikin rumah tangga orang kacau dan berantakan.

Stuck di situ aja neeh berarti..? ngga juga. masih ada harapan koq. Kalo misalkan orang tua udah terlalu kolot dan pikirannya udah kelewat kaku buat dikasih pemikiran baru, gimana kalo dimulainya dari anak-anak umur smp dan sma..? hmmn, boleh juga. tapi isunya jadi agak lain kalo buat anak remaja kayak gini. Bukan soal pembagian kerja dalam keluarga, ini mah kejauhan, tapi soal pacaran. Nah lho, seru kan..

Masih anget kayaknya ya soal Jupe sama kondomnya. Kalo yang belon tau, si Jupe ini baru aja ngerilis album dangdut yang hadiahnya adalah kondom. Heboh deh se-Indonesia. Padahal ya ga perlu kayak gini-gini amat. Dulu, waktu Slank ngerilis album virus, hadiahnya juga kondom. Ngga ada yang ribut, apalagi sampe demo. Bedanya, kondom Slank buatan sendiri, ngga di endorse sama salah satu produsen kondom. Nah kalo si Jupe ini kondomnya jelas di endorse sama salah satu produsen kondom yang notabene juga jadi sponsor album dangdutnya yang juga si Jupe ini jadi model iklan kondom itu. Kalo kata Ussy seeh, “Click! Deh..”

Jupe, yang pastinya tau bakal ada reaksi kayak gini, bilang ngga ada tujuan apa-apa dari hadiah kondom di albumnya itu. Dia Cuma mau ngebantu kampanye soal HIV AIDS, bukan buat kampanyein sex bebas. Oh really..?! dia juga bilang bukan pendukung perilaku sex bebas, bahkan ketika dia tinggal di luar negeri pun dia ngga pernah ngelakuin yang namanya sex bebas itu. Ah, yang bener..

Menurutku, soal Jupe ini jelas Cuma masalah bisnis aja. Kenapa di album dangdutnya dihadiahin kondom? Karena sekali lagi, sponsor albumnya adalah produsen kondom. Coba kalo yang nyeponsorin itu produsen pisang, pasti hadiahnya juga pisang kan, minimal gantungan kunci yang bentuknya pisang lah. Album si Jupe ini juga jadi media promosi buat si produsen kondom itu buat dapet market yang lebih gede lagi. Tiap yang beli album Jupe bisa ngerasain gimana rasanya kondom itu, kalo cocok, pasti jadi konsumen tetap kan. Apalagi di tambah karakter Jupe sendiri, yang semua orang tau lah ya, kalo Jupe pake Jilbab, pasti ngga menarik. Nah, minimal, yang beli albumnya si Jupe ini bisa ngesex sambil bayangin Jupe dan pake kondom bonus hadiahnya. Siapa yang paling untung? Udah tau lah ya jawabannya. Alesan buat ikut kampanye soal HIV AIDS? Yah, speak-speak doank itu seeh..

Soal Jupe dan kondom dangdutnya ini juga bikin miris. Negara ini kayaknya udah sekuler ya..? sex bebas kayaknya udah jadi hal yang keren buat dilakuin. Orang pada ngasih kondom buat ngindarin HIV AIDS, tapi ngga nyegah orang buat ngga ngelakuin sex bebas. Orang pada ngasih jarum suntik gratis biar ngga kena hepatitis c, tapi ngga nyegah gimana caranya biar ngga usah nge-drugs. Orang pada nyaranin pake kondom biar ngga hamil diluar nikah, tapi ngga ngebilangin biar ngga usah ngelakuin sex bebas. Gimana kalo hal ini udah kejadian di anak-anak smp dan sma..? gimana kalo misalnya adek perempuan kamu hamil pas umur smp atau sma..? siapa juga yang pusing kalo ini kejadian..?

Itulah jadi kepikiran. Bukan buat jadi orang yang sok suci atau gimana. Tapi Cuma pengen, adek-adekku tuh ngga hamil diluar nikah karena dia ngga sadar, atau Cuma kemakan yang namanya mitos. Mitos sex bebas.

Terakhir kemarin ada belasan anak sma yang ngga boleh ikutan uan karena mereka hamil. Kasian juga kan? Walaupun ngga ada hubungannya antara hamil sama ikut ujian, tapi bukan salah pihak sekolahnya juga buat ngelarang. Jadi kepikiran gimana ya caranya biar anak-anak umur sekolah kayak gini ngga ngelakuin sex bebas..?

Ada banyaaak banget faktor kenapa anak umur sekolah udah ngelakuin sex bebas. Yang utama adalah pengaruh media. Coba diliat film-film sekarang. Ngga keren kalo ngga nge-sex pas pacaran. Sex itu sesuatu hal yang bikin sebuah hubungan tambah romantis. Ada juga yang bilang sex itu adalah bukti cinta. Kasian aja kalo mereka ngelakuin sex Cuma karena hal sepele kayak gini. Sederhana, tapi ribet diakhirnya.

Sebenernya masih butuh penelitian buat soal yang ini. kalo disurvey, keinginan buat ngelakuin sex dalam pacaran itu datengnya mayoritas dari pihak mana? Laki-laki atau perempuan? Kalo misalkan laki-laki, jangan-jangan pihak laki-laki ini ngegunain ‘kekuasaannya’ dengan alasan cinta buat ngelakuin sex sama pasangannya. Si cewek akhirnya manggut-manggut aja pas dipaksa buat ngelakuin sex. Nah, kalo ternyata pihak cewek yang lebih dominan buat ngelakuin sex, si laki-laki bakalan dianggep banci kalo ngga berani ngelakuin. Terakhir, ternyata sama aja antara laki-laki dan perempuan. Dua-duanya ternyata memang pengen ngelakuin hal ini dengan penuh kesadaran. Eits, ‘dengan penuh kesadaran’ yang kayak gimana? Jangan-jangan mereka sadar bahwa mereka Cuma kebawa suasana aja. Kebanyakan nonton bokep mungkin? Kalo dua-duanya sadar, dan ternyata si cewek hamil, siapa yang paling dirugiin..? pasti pihak ceweknya kan. Cowok seeh bisa santai aja, atau kalo ngga, dia bakal ngerasa bersalah dan berdosa, ya kalo punya perasaan kayak gitu, kalo ngga..? mentok-mentoknya disuruh aborsi pasti si cewek itu. Aduh, aborsi di umur sekolah kayak gitu..? kasian banget! Bahaya banget lagi..

Ini emang berat banget. Ngelarang anak sekolah supaya ngga bugil di depan kamera aja susah, apalagi ngelarang buat ngelakuin sex diumur sekolah? Pendekatan agama tetep jadi penting. Tapi bukan dengan cara yang konvensional. Artinya ngga pake cara yang nakut-nakutin, dosa, laknat, siksa, dan semacam itulah. Karena itu kan dalam bentuk konsep. Sedangkan jaman sekarang, ngga keliatan ya ngga nyata.

Jalan lain adalah dengan nimbulin kesadaran. Kalo misalkan si cewek atau si cowok yang pengen ngelakuin sex, minimal si pasangannya tau apa yang bakal jadi resiko. Jadi ngga ada lagi cewek yang dipaksa untuk nge-sex karena itu adalah bukti cinta dia ke cowoknya. Atau ngga ada lagi cowok yang berasa jadi banci kalo ngga berani ngelakuin sex sama ceweknya. Gampangnya, ada kesadaran di anak umur sekolah ini biar ga termakan mitos soal sex ini.

Caranya gimana..? secara konsep, banyak yang bisa dilakuin. Ngajak sharing cewek dan cowok soal sex bebas ini. Ngajak sharing gimana konsep pacaran menurut mereka. Utamain perasaan kasih sayang dalam bentuk afektif. Kayak misalnya ngajak makan malem pasangannya. Nganterin pulang pasangannya. Ada ketika pasangannya butuh. Nyium kening pasangannya ketika pamitan. Hal-hal romantis yang bisa dilakuin tanpa harus ngelakuin sex. Intinya adalah kesadaran itu ditimbulin dari anak-anaknya sendiri tanpa harus ditakut-takutin. Kalopun mau ngasih shock terapi, mungkin bisa dengan cara ngasih efek-efek kalo ngelakuin sex bebas. Contohnya, dikasih tau gimana sakitnya aborsi itu. Kalo perlu secara visual (video). Kasih liat gambar-gambar organ tubuh yang kena HIV. Tujuannya adalah, minimal mereka bakal inget gambar-gambar ini sebelum kepikiran buat ngelakuin sex bebas. Punishment yang emang nyata dan beneran kejadian. Ini mungkin lebih bae dibanding nakut-nakutin dengan neraka jahanam, yang hubungannya dengan keyakinan.

Berat. Emang berat buat ngelakuin hal ini. Cuma demi ade-ade kita yang mungkin masih muda dan belum ngerti apa-apa. Jangan sampe deh ade cewek kamu ngga boleh ikut uan karena hamil, sedangkan pacarnya bisa masuk ptn dengan ketawa-ketawa

Tidak ada komentar: