Sabtu, 03 Mei 2008

SUKA BELANJA SENDIRIAN GA..?

Kebetulan emang mesti belanja bulanan, dan kebetulan juga baru gajian (yang langsung abis entah kemana duitnya), eh.. kebetulan juga ada supermarket yang baru buka. Grand opening ceritanya. Baru dua hari buka, dan.. pastinya rame banget. Penasaran juga pengen nyoba, katanya kalo baru bukaan gitu biasanya murah-murah harganya, walaupun sempet dibantah sama tukang sate yang sempet diajak ngobrol. Akhirnya nanya ibu kost yang katanya udah kesana juga, dan dia bilang, ‘yah.. selisih berapa ratus lebih murah lah..’ Hmmn.. jadi makin penasaran.

Akhirnya nekat juga dateng sendirian kesana. Ramenya minta ampun! Ngga tau pas tanggal muda orang baru pada gajian, ngga tau juga pas hari itu adalah malam minggu. Untung supermarketnya beneran. Minimal ac-nya masih dingin. Jadi walaupun penuh orang tetep berasa dingin lah.

Karena bukan tipe orang yang ngeliat-liat barang sebelum belanja, jadi pas apa yang dibutuhin udah didapet semua, langsung ngantri di kasir. Disini neeh banyak pemandangan yang seru buat diliat.

Didepan ada pasangan pacaran kayaknya. Lumayan serasi lah kalo diliat. Dua-duanya putih. Tingginya sepantaran. Si cewek kayaknya lebih aktif dan cerewet dibanding cowoknya. Si cowok seperti biasa masang gaya sok cool. Pas si cewek minta pendapat soal barang mana yang lebih bagus, si cowok Cuma jawab pake ekspresi muka aja. Terus kayaknya si cewek udah ngga sabaran, atau tau cowoknya bukan tipe orang yang sabaran, akhirnya si cewek berinisiatf buat pindah barisan yang menurut dia lebih ceper antrinya. Si cowok awalnya ngga mau. Tapi setelah diyakinin dengan pandangan mata yang penuh keyakinan dari si cewek, akhirnya si cowok pindah juga. hasilnya? Sama aja. Aku sama pasangan itu tetep sama masuk kasirnya, hehehe.. ngga tau deh abis itu apa yang terjadi. Paling si cowok ngomong gini, ‘lebih cepet ya antrinya..?’ dengan nada sinis. Hehehe..

Terus ada juga ibu-ibu yang ribut sendiri sama anaknya pas si anak itu minta di beliin setiap barang yang diliatnya. Hehehe.. ini juga sering banget kejadian ya..? kayaknya seeh bukan pilihan yang tepat ngajak anak kecil jalan-jalan ke supermarket. Pasti bawaannya pengen jajan melulu. Lah yang gede aja suka ngga kontrol kalo udah shopping gitu, apalagi anak kecil..? si anak akhirnya Cuma dipelototin aja sama ibu, tanda bahwa dia ngga boleh jajan lagi. Tapi namanya anak kecil, pantang menyerah sebelum dapet apa yang di pengen. Akhirnya si ibu nyerah dan ngangguk ga ikhlas pas si anak itu ngambil makanan yang ada deket kasir. Sekali lagi, ibu versus anak, dimenangin sama anak, hehehe..

Yang biasa diliat lainnya adalah kalo ada pasangan suami isteri yang udah lumayan lama berkeluarga. Pasti posisinya kayak gini. Si isteri yang ngantri di kasir, dan suaminya cemberut sambil nyilangin tangan di dada ga sabar kapan isterinya bakal selesai ngantri. Hmmn, kenapa tipikalnya kayak gitu ya..? beda sama anak muda yang baru aja pacaran. Si cowok pasti dengan rela nungguin ceweknya belanja. Diikutin terus kemana si cewek pergi. Ngangguk-ngangguk pas dimintain pendapat soal barang yang dipilih sama ceweknya. Padahal dalam hatinya deg-deg-an kalo akhir-akhirnya dia juga yang bayarin belanjaan ceweknya. Hahaha..

Tapi ada juga koq pemandangan yang bikin senyum-senyum terharu. Dibelakang antrian ada ibu sama anaknya yang masih kecil. Paling lima tahunan umurnya. Si ibu sabar banget ngeladenin anaknya nanya ini itu. Trus pas ngelarang anaknya buat ngelakuin sesuatu, caranya juga halus banget. Beda sama ibu pertama yang punya pandangan mata khusus kalo anaknya udah mulai minta macem-macem. Hmmn, jadi seneng kalo ngeliat kayak gini. Tapi kemana si bapaknya ya..? mungkin lagi lembur nyari duit kali ya.. oohh..

Kalo diperhatiin, supermarket udah kayak arena wisata aja. Banyak yang dateng sekeluarga, lengkap. Sampe ada yang bawa anak tiga-tiganya. Semuanya dinaikin troli. Padahal belanjaannya masih bisa dipegang pake tangan. Ga pa pa juga seeh. Jadi terenyuh aja kalo ngeliat pemandangan kayak gini. Mungkin buat sebagian orang yang ngga mampu, jalan-jalan di swalayan yang baru buka kayak gini bisa bikin seneng sekeluarga. Walaupun ngga beli banyak barang. Lumayanlah buat ngehibur anak-anak mereka dan bisa dibanggain ke temen-temennya ntar di sekolah atau di rumah. Apalagi parkirnya gratis.

Ada juga yang lucu pas lagi nyari belanjaan. Ada kakak ade yang lagi belanja kayaknya. Lucunya, si ade yang ngingetin kakaknya biar ga khilaf kalo lagi belanja. Jadi si adek selalu ngomong gini, ‘tadi kan udah beli ini, masa mau beli itu lagi’ tiap kakaknya berenti di bagian apapun. Hehehe.. koq tau itu kakak ade? Feeling aja seeh sebenernya. Tapi yakin koq, itu emang kakak ade. Sayangnya ngga nemunin pasangan yang ngerem salah satu buat ngga ngambil semua barang yang diliat. Kalo ketemu, pasti seru tuh dengerinnya.

Pas mau bayar di kasir, mba-mba pengumumannya bacain promosi swalayan itu. Ada yang lucu pas didenger, ‘makin banyak belanja, makin hemat’, nah, lho. Gimana hubungannya coba? Bukannya duit yang keluar juga makin banyak? Hehehe.. ngga usah dipikir jauh-jauh, namanya juga promosi. Pasti keliatannya enak buat dilakuin padahal mah.. kayak iklan XL, ‘Rp. 399, ngga pake tapi-tapian’. Iya, ngga ada tapinya, tapi.. diganti jika.. asalkan.. selama.. hahaha, sama aja kalo kayak gini mah..

Intinya, ternyata harganya ngga murah-murah amat tuh. Masih lebih murah di swalayan yang ada nama kampus-kampusnya. Mungkin kalo itungan ibu-ibu ada yang murah, kayak minyak goreng atau beras. Tapi anak kost? Paling beli mie instant. Hehehe.. ngga merasa tertipu juga seeh. Setidaknya rasa penasarannya bisa ketutup setelah dateng sendiri ke tempatnya. Lumayanlah ngerasain euphoria swalayan baru buka. Ngerasain ac-nya masih dingin. Lumayan juga kalo pas ada cewek cakep yang belanja sendirian. Tapi sayangnya malem itu Cuma liat satu, hehehe..

Keluar parkiran, kembali ke kehidupan nyata. Susahnya minta ampun buat keluar aja. Mana jalan rayanya sempit pula. Cuma dua jalur dan Cuma bisa buat satu mobil. Tep! Macet pas d depan swalayan karena padetnya orang keluar-masuk. Kalo ngga nekat, ngga akan bisa lewat deh..

Oh iya.. swalayan ini langsung head to head sama swalayan yang jogja banget dan udah lama ada. Hmmn, bisnis memang keras. Tapi bisa diliat nanti siapa yang bakal bertahan.

Bulan depan, supermarket mana lagi ya yang bakal grand opening..? hehehe..

Tidak ada komentar: