Rabu, 21 Mei 2008

BELON KERINGETAN, BELON MANCAAABBB..!!

Walaupun cuma tiga hari di Bogor, bukan alesan ngga ngelakuin yang namanya jalan-jalan kuliner. Mau seharipun, pasti yang namanya acara makan-makan enak ngga boleh ditinggalin, dan kemaren untungnya sempet ke dua tempat yang emang udah dibayang-bayangin mulai naik travel dari jogja. Nyampe bogor subuh-subuh, siangnya langsung ke tempat makan khas sunda yang namanya Mbah Dalem.

Tempatnya deket Istana Batutulis, persis di seberang jalan sebelum belokan turun kalo mau ke Cipaku. Tempatnya emang nyempil, plus pas banget sama belokan jalan, jadi mesti jeli matanya kalo mau ke tempat ini. Udah gitu ngga ada tulisannya Mbah Dalem lagi. Jadi sebelum Istana Batutulis, mesti pelan-pelan deh jalannya biar ga kelewatan.

Tempatnya sederhana, kayak warung makan sunda biasanya. Begitu masuk, langsung ada meja-meja panjang berjejeran menuhin tempat ini. Di tengah meja panjang itu udah ada menu makanan yang langsung bisa dipilih. Yup..! model makannya disini emang ngga pake mesen makanan dari menu, tapi langsung aja ngambil sesuai selera. Menunya macem-macem yang udah disediain. Yang pasti jeroan kayak babat, lidah, dan iso ada disini. Udah digoreng tapi ngga terlalu garing. Jadi masih agak lembek gitu. Ada juga tempe goreng khas sunda. Mungkin kalo bahasa jawa-nya adalah mendoan, tapi ini khas sunda. Tempenya berbentuk kotak, dikasih tepung, dan digoreng sampe garing. Ukurannya juga lumayan gede, hampir satu telapak tangan orang dewasa. Warnanya agak kekuning-kuningan, dan yang pasti crispy banget.

Makanan spesial lainnya ada bakwan udang. Kedengerannya emang sederhana, tapi bakwan udangnya gede banget, harganya aja Rp. 7.000. gedenya setelapak tangan kita, dan jelas bukan buat cemilan, tapi buat lauk. Kalo biasanya yang namanya bakwan udang, sedikir udang dengan banyak tepung, nah kalo disini, kebalikannya, banyak udang dengan sedikit tepung aja biar udang-udangnya pada nempel ga kemana-mana.

Kalo mau mesen ayam-ayam-an gitu juga ada, tapi itu diluar menu yang udah disiapin di meja. Tapi kalo udah disini, ngga usah makan ayam deh, karena udah biasa kan, cobain lauk-lauk yang udah ada aja. Kalo mau tambahan disaranin banget mesen sayur asemnya yang seger banget. Jawaranya emang disini kalo soal sayur asem.

Tapi yang bikin kudu makan disini selain lauk, sayur, dan cemilannya, adalah sambel mentahnya. Bhee.. kalo ngga ada sambel ini, mending dateng besok lagi aja deh buat makan disini. Sambel matengnya emang udah ada, tapi kurang sipp.. sambel spesialnya ini warnanya ijo, karena emang pake sambel ijo campur bawang, udah gitu aja. Tapi.. mantep banget kalo dimakan pake nasinya yang anget, sepotong babat gorengnya, dicocol.. hmmn, mantap!

Lauknya boleh ngga Cuma jeroan doank. Buat yang ngga bisa makan jeroan, makan pake bakwan jagung atau tempenya aja juga bisa. Yang jelas, kunci utamanya adalah di sambel ijo mentahnya ini. Ditambah lalapnya yang ngga mungkin dilewatin. Sambelnya yang pedes banget, bikin ngga mau berenti makan, karena kalo berenti langsung berasa pedesnya di mulut. Buat ngatasinnya, harus dimakanin nasi terus, tapi tetep pake sambelnya. Kayak makan kacang, kalo belon abis belon berenti. Disini juga gitu tuh.. kalo sambelnya belon abis belon bisa berenti. Padahal kalo sambelnya abis pun kita bisa minta tambah lagi. Jadi.. terus aja makan sampe akhirnya nyerah karena ngga kuat lagi. Kalo udahan, dijamin bakalan keringetan deh. Muka itu kayaknya panas banget sama pedesnya sambel. Kalo yang mukanya putih, pasti bakal langsung merah-merah deh. Tapi ga pa pa.. itu tandanya nikmat banget makannya..

Dari Mbah Dalem, besoknya lanjut lagi ke yang namanya Ayam Geprek. Kalo disuruh nentuin ini masakan Sunda apa Jawa, agak sulit. Soalnya yang punya orang Jawa, tapi makanannya khas Sunda banget.

Kayak judul tempat makannya, Ayam Geprek, menu utamanya emang ayam goreng yang ditumbuk (geprek), dan di kasih kremesan di atasnya. Sebelumnya, ayamnya ini udah di presto dulu, jadi empuk sampe tulangnya pun bisa dimakan. Rasanya gurih dan halus banget daging ayamnya.

Ada juga tahu petis. Ini yang bikin mikir, masakan sunda apa jawa..? karena tahu petis kan terkenalnya berasal dari daerah jawa sana. Kalo dibandingin tahu petis aslinya, emang jauh rasanya. Bentuknya juga. Kalo biasanya tahu petis dibikin utuh dalam bentuk kotak yang lumayan gede, kalo disini tahu gorengnya dipotong bentuk dadu. Dikasih pilihan sambelnya, petis doank, sama petis yang udah dikasih irisan cabe. Buat yang baru pertama denger, petis ini dibikin dari bahan baku udang. Jadi rasanya ada udang-udangnya, dan bentuknya item. Makannya dicocol aja. Ini bukan buat lauk, tapi bolehlah jadi cemilan sambil nunggu menu utamanya dateng.

Ada juga cemilan yang cocok banget disini, namanya seeh jamur crispy. Jadi bikinnya emang dari jamur putih di kasih tepung. Tapi rasanya bisa kayak daging ayam. Crispy kalo dimakan pas anget-angetnya. Kalo ngga tau namanya, mungkin bisa disangka daging ayam beneran. Bisa juga dijadiin lauk sambil makan.

Tapi yang bikin lengkap dan enak banget makan disini, apalagi kalo bukan sambelnya yang emang khas banget dan terkenal pedes banget. Dikasih dua pilihan seeh, sambel merah, sama sambel ijo. Tapi yang biasanya abis duluan pasti sambel ijonya. Karena emang pedes banget! Disajiin di tempat sambel yang kecil, tapi ngga tau juga berapa cabe yang dipake buat bikin sambel ini, sampe bisa bikin pedesnya itu nyampe ke kuping.

Satu piring cukup pake menu kayak gini aja: nasi putih anget, ayam geprek, lalab, sama sambel ijonya. Ditaburin dulu kremesan di atas nasinya. Bikin nasi yang pulen dan enak itu makin gurih rasanya. Ambil sedikit daging ayamnya, terus nasinya, abis itu dicocolin ke sambel ijonya. Begitu ditelen dan udah berasa pedesnya, langsung ambil lalabnya buat netralin pedes. Udah mulai netral, ulangi lagi dari awal, sampe yang mana duluan yang abis, nasi, sambel, ayam, atau lalabnya karena saking pedesnya. Dijamin, pas tulang ayamnya udah abis dimakan, rambut belakang deket leher pasti udah basah sama keringet. Kalo ngga, mulut bakal buka tutup aja kepedesan. Kalo udah kayak gini, ngga ada cara laen selaen diem aja, sambil nikmatin rasa pedes yang nyampe kuping. Huaahhh..

Kalo semua itu belon cukup juga, bisa cobain yang namanya combro depan ngesti di jalan suryakencana. Combro, yang cuma bisa ditemuin di Jawa Barat (abis di jogja dan sekitarnya belon pernah nemuin juga), artinya adalah oncom di jero. Atau oncom di dalem. Combro ini makanan tradisonalnya orang sunda, dibuat dari singkong yang diparut halus dan dijadiin adonan yang didalemnya diisi sama oncom.

Spesialnya di combro depan ngesti ini, kadang bisa ditemuin cabe utuh di dalemnya. Jadi buat yang ngga siap sama pedes, bisa kaget pas ngegigit combronya. Harganya emang lebih mahal dari combro-combro di tempat lain. Harganya nyampe Rp. 1500, satunya. Wajar seeh, combro disini gedenya hampir segede telor ayam. Nah lho.. kebayang kan? Combro segede ini, ngga Cuma singkong doank yang banyak, tapi isi oncom sama cabenya juga tebel. Kulit luarnya digoreng kering, dan agak keras. Tapi itu bikin kita agak ‘ngelawan’ pas ngegigit combro ini, dan pas menang ngegigit, isi oncomnya langsung masuk ke mulut, ditambah lagi kalo kecetus cabe yang diem-diem nyempil diantara oncomnya. Huuuh.. pedes dah.. ngga cukup kalo Cuma makan satu doank, kurang seru.. kenyangnya kalo udah makan minimal dua, kalo lebih.. hmmn..

Ngga banyak lho nemuin combro dengan kualitas kayak gini di bogor. Banyak emang yang jual combro, tapi biasanya kecil-kecil dan banyakan singkongnya daripada oncomnya. Kadang juga suka asem. Nah, kalo mau yang bener-bener combro, cobain aja yang di depan ngesti ini. Agak nyempil diantara tukang makanan lainnya. Disini juga jual pisang goreng. Tapi tetep.. yang mesti dicobain adalah combronya..

Pokoknya makan belon enak, kalo belon keringetan. Mancaaabbb..!!

Tidak ada komentar: