Sabtu, 31 Mei 2008

ANAK HUGO’S SOLAT JUM’AT..?!

Kenapa emang kalo anak Hugo’s solat jum’at..? ngga boleh..? hehehe.. ngga juga. ngga gitu.. lucu aja. Kontras sama logo mereka, “Tempat Party separty-party nya!”

Buat yang belum tahu Hugo’s itu apaan. Baca dulu paragraf ini. jadi Hugo’s itu adalah model cafe & resto. Yah.. boleh dibilang tempat dugem lah. Yang bukanya malem sampe pagi. Ngga usah dijelasin lagi lah ya isinya kayak gimana dan acaranya ngapain aja kalo disitu. Udah pada gede, pasti udah pada tau.

Kalo sempet baca berita beberapa waktu lalu, ada berita yang lucu juga seputar Hugo’s ini. jadi katanya kalo mau ikutan kerja disini, syarat pertama adalah penampilan. Bukan ganteng atau cakep, tapi ‘menarik’. Minimal rambut harus berwarna dan dipotong dengan gaya yang ‘beda’. Tindik di kuping minimal tiga. Kalo udah menuhin syarat kayak gini, minimal lolos seleksi pertama. Nah, di Medan (atau di kota lain di Sumatera, karena Hugo’s ini ada di mana-mana di Indonesia) pernah ada open recruitment. Sempet timbul masalah karena masyarakat yang ikutan banyak yang ngeluh dengan syarat penampilannya. Banyak yang bilang udah susah payah dandan, belum tentu diterima juga. berita ini akhirnya nyampe ke orang-orang di DPRD sana, dan akhirnya Hugo’s nunda open recruitment mereka. Kata orang DPRD-nya seeh karena budaya di Medan ngga cocok sama budaya yang dibawa sama orang-orang Hugo’s.

Trus.. kenapa anak Hugo’s ngga boleh solat Jum’at..?! ngga.. jadi pas suatu hari solat jum’at di masjid kampung tetangga. Ada pemandangan yang lucu pas mau masuk mesjid. Di depan pintu masuk ada orang yang lagi duduk bersila pake baju Hugo’s ini. dengan pastinya tagline mereka, “Tempat Party separt-part nya!” mungkin ngga ada yang ngeh ngeliat pemandangan ini. mungkin juga orang-orang udah pada mau tidur jadi ngga ada yang merhatiin.

Tapi coba diperhatiin lagi deh. Dengan slogan yang sangat hedonis, penuh hura-hura, deket banget sama alcohol, kontras banget sama suasana masjid yang khidmat, sepi, dan tenang. Ini jadi lucu aja ngeliatnya. Atau malah seneng ngeliatnya. Setidaknya masih inget masjid, “Tempat berdoa sedoa-doanya.”

Ada yang salah dengan ini..? ngga juga kalo ngeliat kondisi jaman sekarang. Ketika seseorang udah mulai memisahkan diri antara kehidupan agama dengan kehidupan lainnya. Bisa aja, siangnya jum’atan malemnya maen judi. Bisa juga solatnya rajin lima waktu, tapi korupsinya juga rajin lima hari seminggu. Atau bisa juga kayak dewi persik.

Nah, lho.. sekarang Dewi Persik yang dibawa-bawa. Ada apa lagi..?! ngga.. coba diperhatiin deh kalo Dewi Persik ini lagi konferensi pers atau lagi ditodong sama infotainment gara-gara penampilannya yang dinilai terlalu sexy buat sebagian orang. Si Dewi Persik ini pasti selalu membawa-bawa nama Tuhan-nya kalo lagi dalam situasi kayak gini. Tiba-tiba dia jadi orang yang selalu mengikuti apa yang diperintahin sama Tuhan-nya dan ngejauhin larangan-Nya.

Tapi kalo ngeliat aski panggungnya si mantan isteri calon wakil walikota Serang ini kayaknya ucapan-ucapannya hanya sekedar ucapan di luar panggung. Kalo udah diatas panggung, bakal beda lagi ceritanya. Lagi-lagi profesionalisme perkerjaan yang jadi alesan.

Kayaknya setiap manusia punya dua sisi yang berbeda ya di kehidupannya..? sisi religius dan sisi hedonis.

Coba diinget-inget lagi. Kenapa kalo orang yang beragama Islam, dan kebetulan kena kasus hukum, pasti ketika sidang dia pake baju koko dan peci hitam. Kalo ngga suka nonton berita, coba liat infotainment deh. Pas artis-artis kena kasus narkoba, tiba-tiba jadi pada alim semua tuh keliatannya di tv. Jadi lebih sering nyebutin nama Tuhan-nya kalo lagi di wawancara sama wartawan. Kayaknya kalo make baju koko dan peci udah keliatan lebih Islam. He..

Belon lagi kalo ngeliat artis yang hobinya umroh. Kayaknya seminggu sebelum umroh, berubah jadi kayak ustad pengajian baru. Ngomongnya dijaga. Pakaiannya ditata. Nyampe Arab bener-bener khusuk ibadahnya. Walaupun pasti tetep foto-foto juga disana. Nyampe Indonesia, masih kayak seminggu sebelum berangkat. Tapi habis seminggu itu, yah.. semua pada tau lah..

Dan wartawan infotainment pasti pada nanya, “Koq tetep buka-bukaan seeh..? kan habis umroh..?” jawabannya..? biasanya gini, “Yah.. ngga mesti tertutup secara fisik kan.. yang penting adalah hatinya. Tata bicara kita. Dijaga semua.” Itu biasanya jawaban diplomatis artis. Tapi tetep buka-bukaan..? he..

Bener juga kalo ada yang bilang manusia itu emang merugi. Inget Tuhan-nya kalo lagi susah doang. Pas lagi seneng, boro-boro inget. Pas baru gajian ngga inget, tapi pas tanggal 20 rajin berdoa supaya tetep dikasih kekuatan biar bisa bertahan hidup setidaknya sampai nanti gajian lagi. Hehehe..

Ngga adil juga ya sama Tuhan kalo kayak gini..? bayangin, pacar aja ngga mau kalo Cuma pas susah doank diajakinnya, apalagi Tuhan..?

Tapi tenang.. katanya juga Tuhan itu Maha Pengasih dan Penyayang lho.. jadi ngga kayak pacar yang seneng kalo diajakin seneng, tapi susah kalo diajakin susah, Tuhan selalu available kapanpun manusia pengen. Mau susah, mau seneng, Dia selalu ada. Manusianya aja yang kadang suka lupa. Namanya juga manusia, pasti ada lupa. Kalo kata orang seeh gitu..

Kalo kata Godbless seeh, dunia ini panggung sandiwara. Kata Erving Goffman, kehidupan ini adalah dramaturgi. Apalagi kata Shakespeare yang rajin bikin drama..

Balik lagi ke orang yang pake baju Hugo’s tadi. Ngga ada salahnya juga koq. Mungkin dia ngga ngeh kalo dia pake kaos Hugo’s. Mungkin juga dia menganggap di Hugo’s itu dia kan Cuma kerja. Aslinya dia soleh koq kalo lagi ngga kerja. Buktinya solat jum’at. Berarti dia Cuma bersandiwara tuh di Hugo’s. Mungkin juga itu bukan kaosnya dia. Minjem dari temen kostnya. Mungkin lho.. abis ga sempet nanya sama orangnya. Langsung nyari tempat yang masih kosong, dan salaman kanan-kiri, abis itu sambil ngantuk-ngantuk dengerin ceramah khotib yang monoton dan gitu-gitu aja. Ngga inspiring kalo kata motivator seminar.

Yeah.. Hugo’s Hugo’s.. sampe logonya aja diplesetin banyak orang dan jadi sticker dimana-mana. Helm, motor, mobil.. tapi untungnya masih inget sama solat jum’at. Itu tadi kalo emang asli punya dia sendiri kaosnya. Hehehe..

Tidak ada komentar: