Senin, 26 Mei 2008

100 TAHUN (LEBIH DIKIT) KEBANGKITAN NASIONAL

Mungkin ngga ada yang nyadar kalo momen kebangkitan nasional yang digembar-gemborin kemarin udah lewat dari seminggu. Mungkin juga ngga ada yang nyadar karena ngga penting juga. ngapain nginget-nginget kalo udah lewat tujuh hari kebangkitan nasional kemarin. Mungkin juga udah lupa, karena lebih hot mikirin BBM yang naek kemaren. Mungkin..

Tapi sengaja bikin tulisan tentang kebangkitan nasional ini seminggu setelah hari H-nya. Karena kalo pas hari H-nya pasti banyak banget tulisan kayak gini, dan waktu ini dipake buat ngeliat apa yang terjadi setelah tujuh hari setelah diadain acara gede-gedean di Senayan kemarin. Ya, acara yang katanya seeh memperingati 100 tahun kebangkitan nasional. Satu Gelora Bung Karno penuh sama orang. Beribu-ribu orang tampil. Mulai dari penari sampe atlet. Ngga ketinggalan juga, orang yang bilang ngga bakal naikin BBM di tahun 2008, tapi akhirnya pura-pura lupa kalo pernah ngomong kayak gitu, siapa lagi kalo bukan SBY.

Ngga tau kenapa, negara ini ngga bisa lepas dari budaya yang sifatnya seremonial. Ngga bisa ya kalo ngga pake upacara..? coba kalo denger kata kebangkitan nasional, apa yang pertama terlintas di pikiran..? upacara pake baju rapih, hormat sama bendera, dan nyanyi lagu indonesia raya. Itu juga yang terjadi pas di Senayan, walaupun ngga pake dasi merah kayak anak SD, tetep aja nuansanya serba sermonial. Pake militer segala. Mungkin karena presidennya orang milter kali ya.

Berapa dana yang dikeluarin tuh buat bikin acara kayak kemarin itu..? ratusan..? lebih..! padahal abis itu lagi ada isu buat naikin harga BBM.

Emang seeh banyak cara buat nunjukin ‘nasionalisme’ di hari 100 tahun kebangkitan nasional kemaren. Seringkali yang nasionalis adalah yang mau berkorban demi negara, ngga perlu mikirin diri sendiri. Lha, kalo negaranya sendiri (pemerintah) ngga mikirin rakyatnya, apa masih bisa dibilang nasionalis..?

Daripada bikin acara hura-hura di Senayan kemarin, kenapa ngga dibikin usaha-usaha nyata yang nunjukin secara konkrit bahwa kita juga masih bisa dibilang nasionalis walaupun ngga pake upacara.

Sebelumnya ada acara Thomas-Uber. Disini kayaknya rasa nasonalisme kita bener-bener keluar semua. Ngga terima kalo Maria Kristin dimainin sama orang Cina pas final. Atau gregetan waktu ganda pertama Uber kita ketinggalan jauh. Atau malah sebel banget sama Taufik Hidayat yang maennya masih kalah bagus sama bapak-bapak yang lagi tanding RT. Disini bener-bener rasa nasionalisme kayak meluap-luap. Apapun dilakuin asal Indonesia bisa menang. Tapi habis itu apa..?

Banyak atlet yang udah nyumbang banyak prestasi buat negara ini akhirnya malah ga jelas hidupnya, minimal miris kalo ngeliat kehidupannya sekarang. Masih inget Elias Pical..? petinju Indonesia yang sempet ngetop banget di jamannya. Jadi apa dia sekarang..? kalo ngga salah, jadi securities di salah satu perusahaan temennya. Ckckck.. apa kabar negara kita? Ngga nasionalis banget. Ngebiarin atlet nasional yang rela ngorbanin apapun demi negara ini yang sekarang malah kayak gini.

Masih inget juga atlet pelari nasional yang kalo ngga salah seeh udah bikin prestasi internasional yang sekarang malah jualan minuman di Senayan..? masih dibilang nasionalis kalo kayak gini..?

Bung Karno pernah bilang, ‘Jangan pikirin apa yang bisa negara kasih buat kita, tapi apa yang bisa kita kasih buat negara..’ Yeah.. mungkin pas jamannya Bung Karno ngomong kayak gitu masih okelah, tapi hari gini..? cape juga kalo akhirnya harus disuruh bela negara padahal keluarga sendiri aja ngga tau nasibnya bakal gimana..

Kalo udah gini, ngga dibilang nasionalis pas beberapa alet nasional kita akhirnya pindah negara. Dibilangnya, ‘Mana rasa nasionalismenya..? Malah ngelatih negara orang..?’ harusnya yang dikatain kayak gitu, bisa bales bilang, ‘Mana rasa nasionalisme negara..? atlet yang udah nyumbang emas buat negara malah dibiarin kebingungan sama masa depannya..?’ kasian jadi atlet di Indonesia.. coba ditanyain sama anak-anak sekarang. Berapa banyak yang pengen jadi atlet..? kalopun ada, jangan-jangan orang tua-nya yang malah ngga ngijinin buat jadi atlet. Bilangnya, ‘Duh, nak.. yang laen aja ya.. jadi atlet di Indonesia susah. Mending kamu jadi artis aja. Duitnya lebih banyak..’

Makanya, kenapa negara ini ngga bikin momen 100 tahun kebangkitan nasional dengan lebih nyata. Nolongin 100 atlet nasional kita yang mungkin lagi prihatin banget sama hidupnya. Atau 100 pahlawan kita yang sekarang malah ngenes banget kehidupannya. Ya, pahlawan-pahlawan kita yang sekarang udah pada seumuran kakek-nenek kita, tapi masih ga diakui juga sama negara kalo mereka itu pahlawan. Jaman penjajahan dulu mereka dituntut buat bela negara. Udah dibela, sekarang malah ngga diakuin. Ini mah namanya kacang lupa sama kulitnya. Bung Tomo aja masih ngga diakuin sama negara kalo dia itu pahlawan, padahal jelas-jelas di buku sejarah anak SD juga, namanya pasti disebut kalo bagian perebutan Hotel Oranje di Surabaya.

Kenapa juga ngga bikin 100 ribu budaya indonesia yang dipatenin di dunia internasional. Daripada ntar kayak orang kebakaran jenggot lagi kalo tiba-tiba ada negara lain yang mengklaim budaya kita jadi budaya mereka. Jangan-jangan negara ini Cuma inget kalo lagi diingetin aja lagi. Jangan sampe deh nasi kucing ntar diaku-aku punya jepang lagi. Tempe aja udah diaku-akuin.

100 tahun kebangkitan nasional. Apa artinya..? bisa punya banyak arti, bisa juga ngga ada artinya. Tanya orang-orang kecil yang makin susah karena BLT-nya ternyata Cuma gembar-gembor pemerintah aja buat nutupin alesan sebenernya naikin BBM. Ada artinya kebangkitan nasional buat orang-orang ini..? tanya aja sendiri. Walaupun kita bisa tau tanpa harus nanya langsung.

Bener juga kata Dedi Mizwar di iklan tv. Bangkit itu malu, malu selalu jadi benalu. Malu minta melulu. Bangkit itu takut, takut korupsi, takut ngambil hak orang lain. Bangkit itu marah, marah ketika ngeliat negara ini dimainin sama orang lain.

Yah, Bang Nagabonar ini emang punya caranya sendiri buat nunjukin rasa nasionalismenya. Sama juga kayak pemerintah kita juga punya cara sendiri.

Kayaknya bikin acara seremonial hura-hura yang besoknya orang juga udah lupa lebih gampang daripada bikin atlet nasioanal kita tetep di negara ini buat terus bikin prestasi. Atau bikin Bung Tomo akhirnya dapet gelar pahlawan nasional. Dasar..

Tidak ada komentar: