Sabtu, 10 Mei 2008

GOKILNYA KALO JADI SENIMAN..

Sudjiwo Tedjo. Apa yang kebayang dipikiran pertama kali kalo denger nama itu? Aneh, sinting, serem, atau malah ngga kepikiran apa-apa..? hmmn.. mungkin bisa juga kebayang akting dia di film kafir. Atau di film yang satunya, telegraf. Atau juga, kebayang sama lagu-lagunya yang aneh dan absurd. Bikin alis naek kalo baru denger. Tapi pernah menang MTV Asian Award tahun 2005. mungkin aja semua itu yang kebayang pas pertama kali denger nama Sudjiwo Tedjo disebut. Ngga salah koq. Karena semua bayangan itu emang bener adanya. Apalagi kalo ngeliat langsung orangnya.

Sudjiwo Tedjo baru bikin pameran lukisan, yang kebetulan sempet nonton pas pembukaannya. Lumayan mewah acaranya, karena ruang pamerannya pun termasuk mewah itungannya. 32 juta bayarnya. Acaranya emang mamerin lukisan semarnya yang lebih dari 55 lukisan. Semuanya ada sosok semarnya. Tapi ngomongin lukisannya ntar. Ada yang lebih seru dibanding lukisannya: sambutannya.

Lho..? tumben sambutannya bagus. Iya. Walaupun acaranya formal, dan beberapa tokoh yang ngasih sambutan juga biasa-biasa aja, tapi pas bagian Sudjiwo Tedjo, lain ceritanya. Dari mulai dia masuk ke venue aja udah berasa tuh auranya. Sekilas malah mirip Prof. Snape atau Mad Eye Moody kalo di Harry Potter cara jalannya. Agak diseret dan tertatih-tatih. Dandanannya juga biasa –khas seniman. Pake peci item. Rambut panjang digerai. Jas item kebuka. Baju putih. Celana kain hitam. Sama selop. Standard banget. Tapi ngga sestandard mukanya. Karakter mukanya yang keras, ditambah sama sorot matanya yang tajem, bikin aura serem di orang ini makin berasa aja. Apalagi pas udah naik panggung.

Sempet ber assalamualaikum, pembukaannya langsung pake lagu. Surprise juga, ternyata dia bawa Vicky Sianipar. Walah, untung banget nonton kayak gini. Dapet seniman berkelas semua. Cuma diiringin sama keyboard, kendang, dan gamelan. Nyanyinya pun ngga kayak penyanyi panggung lainnya. Ngga ada pakem-pakem nada-nada. Yang ada adalah gaya dalang yang dipake buat nyanyi dan nge-ekspresiin nada-nada yang pengen dikeluarin. Musiknya Cuma ngiringin. Disitu hebatnya. Lagunya dinyanyiin kayak ngalir aja. Ngga ada bagian-bagian lagu. Lagu pertama berbahasa jawa, dan kadang diselipin sama arti dalam bahasa indonesia. Keren banget!

Selesai lagu, mulai ngomong. Pertama adalah alesan dia ngajakin Vicky Sianipar. Dia cerita bahwa ngajakin Vicky ini bukan karena bapaknya orang kaya, tapi karena Vicky adalah anak muda yang suka sama musik tradisional, dan dia ngelestariin musik itu. Cerita bahwa dia sebenernya ngga ada duit buat ngajakin Vicky ini, tapi dia bilang, ‘Aku emang ngga ada duit buat bayar kamu lebih, tapi aku percaya ada jalan. Ada rezeki dari Yesus. Kalo ngga ada jalan, dan kamu ngga mau ikut aku, aku ngga percaya kalo Yesus itu ada..!’ semua yang dateng ketawa. Akhirnya si Vicky ini ikut juga.

Sudjiwo Tedjo keliatan banget prihatin sama keadaan agama di jaman sekarang. Dia cerita lagi bahwa dia mau masukin anaknya ke satu sma katolik, dan dia ngga punya uang yang cukup. Dia Cuma punya setengahnya. Dia bilang pas ada kumpul orang tua. Waktu itu kepala sekolahnya nanya, ‘Ada orang tua yang mau bicara..?’ Sudjiwo Tedjo langsung ngomong, ‘Ya! Anak saya ini mau masuk sekolah anda, tapi saya Cuma punya uang setengahnya, saya ngga punya uang buat bayar sepenuhnya. Tapi.. kalo anak saya ini sampe ngga bisa masuk sekolah Cuma gara-gara ngga ada uang. Saya ngga percaya kalo Yesus itu ada..!!’ si kepala sekolah langsung bilang, ‘Ya, ya, ya..!’ penonton ketawa semua.

Ngga Cuma kristen aja yang diomongin, islam juga. Sudjiwo Tedjo ini kayaknya lagi empet banget sama orang-orang yang berlebihan dalam beragamanya. Orang-orang yang ekstrimis dan fundamentalis. Dia nyontohin sambil nyanyi lagu sepanjang jalan kenangan, versi orang islam. Di nada-nadanya ada lafal orang kalo lagi ngaji. Terus dia bilang, ‘Aku tuh paling sebel sama orang islam yang ngga bisa bahasa arab, tapi kalo ngaji, uhh.. kayak dia arabnya yang paling bagus!’ penonton ketawa semua. Pesan dia adalah, ‘Beragama itu ngga usah berlebihan. Biasa-biasa aja. Ini yang bikin banyak aliran yang ngga jelas. Siapa yang nyuruh kita supaya beragama sampe ekstrim..? sampe berlebihan kayak gini..? makanya pilkada di indonesia ini kayak asu..’

Weideh.. frontal banget ya..? untung dia seniman. Jangan pikir dia berani ngomong kayak gitu karena mungkin ngga didenger banyak orang. Ada tamu istimewa ketua mahakamh konstitusi, Jimlie Ashiddique, disana. Dan Sudjiwo Tedjo ngga kaku dengan keadaan seperti itu.

Lagu selanjutnya dari album dia yang paling baru. Album ini Cuma bisa didapet dari pertemanan atau pas ada pameran. Jangan harap temuin album ini di distro, apalagi toko kaset. Judul lagunya adalah Presiden Ya iyo! Edan! Keren banget dia bawain lagu ini. nyeritain tentang gimana kalo dia jadi presiden. Gimana kalo dia jadi ini. gimana kalo dia jadi itu. Tapi selalau diakhiri sama kata-kata Ya iyo iya iyo! Ini adalah ungkapan orang jawa kalo udah give up. Ngga bisa ngelakuin apa-apa lagi. Kayak isteri yang mau marah sama suaminya tapi percuma. Akhirnya Cuma bisa bilang, ya iyo iya iyo!

Sambutan terakhir ditutup sama lagu yang pernah menangin MTV Asia Award itu. Dia cerita bahwa lagu ini dibikin ketika tahun 98 di jogja. Waktu itu dia sama Djaduk Ferianto. Lagu ini nyeritain tentang keprihatinan sama keadaan waktu itu (atau sampai sekarang..?) yang kayaknya banyak chaos dimana-mana.

Selesai prolog, tiba-tiba Vicky langsung mainin nada yang bikin suasana jadi kelam. Lagu ini emang gelap nuansanya. Semua penonton diem. Sudjiwo Tedjo mulai nembang (ini kata yang tepat buat gambarin, beda sama nyanyi soalnya). Matanya berkaca-kaca, karena sebelumnya dia juga nyeritain tentang ibunya, dan kain jarik yang dipakai buat bungkus jenazah ibunya, yang sampai sekarang masih disimpen. Dengerin lirik-lirik yang ditembangin, bikin bulu kuduk merinding. Kebayang suasana tahun 98 yang rusuh itu. Banyak kebakaran dan penjarahan dimana-mana. Banyak orang mati diperkosa. Banyak angkara murka kalo kata dalang ini.

Lagu ditutup sama tepuk tangan semua penonton. Ini baru namanya sambutan. Ngga ngebosenin kayak pidato. Tapi emang karena dia seniman makanya dia bisa kayak gini. Gilanya ini orang dia sempet nantangin sutiyoso, ngeritik acara tv yang makin memprihatinkan, ngeritik pemerintah di depan orang pemerintah sendiri, maki-maki orang-orang yang beragama sekarang, tapi kelakuannya masih lebih bagus maling ayam yang Cuma ngambil ayam tapi ngga bakar kandangnya. Ini yang ngaku beragama malah bakar tempat ibadah orang lain.

Refleksi buat yang dateng malem itu.

Sudjiwo Tedjo: Gokil!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah, kalo saya bilang Sujiwo Tejo itu malah keren. Saya suka sama gayanya dia, saya lagi nyari lagu dia yg pertama yg duet dengan cewek sinden sunda itu (anda tau judul lagu dia yg itu tidak?)....

tolong diposting ke situs saya yah kalo nemu.. Situs saya www.BincangProfesi.com