Selasa, 06 Mei 2008

PERNAH KE SEMARANG..?

Di Jogja emang ngga begitu banyak tempat makan makanan semarang. Kalopun ada, beberapa udah pake taste jogja. Jadi udah di sesuain sama lidah orang jogja. Kayak lumpia, misalnya. Tapi ada juga yang masih ciri khas semarang, biasanya seeh yang masih asli semarang adalah tukang bakmi jawa khas semarang. Beberapa malam yang lalu akhirnya nemuin tempat makan bakmi jawa semarangan yang enak dan ngingetin sama makanan semarang. Walaupun masih belum se-asli yang disemarang. Tapi dibanding beberapa tempat semarangan yang udah dicoba, disini paling mantab lah!

Bakmi jawa semarangan biasanya nyediain menu kayak nasi goreng, bakmi, sama cap jay/ cap jae.

Prioritas utama adalah nasi goreng. Nasi goreng semarang punya bentuk yang beda sama nasi goreng lainnya. Biasanya nasi goreng semarang Cuma pake sedikit kecap, tapi ditambahin saos. Jadi warnanya agak-agak oranye. Kalo yang asli seeh, warna oranye itu ngga Cuma didapet dari saos aja, tapi bumbu cabenya. Di warung kemarin, ada yang unik juga dari penyajiannya. Di atas nasi gorengnya di kasih suiran ayam, hmmn.. boleh juga lah ya. Trus di nasi gorengnya di kasih tekwan. Semacam adonan dari tepung terigu yang digoreng, biasanya ada di cap cay. Rasanya enak banget deh nasi goreng pake tek wan ini. sensasinya beda di mulut.

Tapi kalo mau nasi goreng beneran yang khas semarang, harus nyoba yang namanya nasi goreng babat semarang. Beuh.. ini mah ga ada duanya. Biasanya nasi goreng babat ini warnanya lebih oranye karena bumbu cabenya lebih banyak. Trus nasinya lebih berminyak. Biasanya kalo disajiin di warung, pake alas daun pisang. Belum lagi potongan babat sama jeroannya yang gede-gede. Nasinya emang ga terlalu pera, tapi itu ga ngurangin keenakan nasi gorengnya. Kalo yang ngga suka makan jeroan, mending ga usah nyoba. Karena kerasa banget aroma jeroannya di nasi gorengnya. Biasanya bumbu nasi goreng ini udah disiapin dan disatuin sama jeroannya. Jadi pas bikin nasi goreng, tinggal masukin nasi ke dalam bumbu yang udah disiapin tadi itu. Itu yang bikin jeroannya juga ada rasa bumbunya, karena bumbu nasi gorengnya udah nyerap di jeroannya. Buat yang punya masalah sama kolesterol, mending jangan makan banyak-banyak. Daripada pusing-pusing nanti kalo abis makan nasi goreng ini.

Selain nasi goreng, ada yang namanya tahu gimbal. Khas semarang juga neeh. Iya tahu gimbal. Woyoooo.. hahaha. Jadi yang namanya tahu gimbal ini adalah semacam makanan yang dicampur-campur. Ada kolnya, timun, tahu goreng, dan yang pasti ada bakwan udangnya. Makannya bisa pake nasi atau pake lontong. Semua bahan tadi itu biasanya di potong kecil-kecil, dan di siram di atasnya pake bumbu kacang. Mungkin gampangnya mirip pecel, tapi agak jauh juga rasanya. Bumbunya sendiri bisa dipesen pedes atau plain aja biasa. Paling enak makan tahu gimbal ini kalo lagi siang-siang. Apalagi kalo bakwan udangnya garing dan kriuk-kriuk pas di gigit. Lebih enak lagi kalo makannya dibungkus, karena bumbunya jadi lebih nyerap ke makanannya. Tapi jangan lama-lama, ntar bakwan udangnya keburu anyem. Slurp! Mantap dah..

Satu lagi yang bakal ditemuin di tempat bakmi jawa semarangan adalah yang namanya cap jay/ cap jae. Mungkin ini versi jawanya dari cap cay makanan cina itu ya. Tapi beda banget dari bentuk sama rasanya. Kalo cap cay cina itu kan banyak banget sayurnya. Nah kalo cap jae ini Cuma ada irisan kol, sledri, sama dominan yang namanya tekwan. Bisa dipesen kuah atau goreng. Tapi direkomendasiin mending pesen versi kuahnya. Karena lebih mantap. Bumbunya lebih berasa. Cap jae ini warnanya juga oranye kayak nasi gorengnya. Karena bumbu dasarnya hampir sama. Biar gampang, bayangin nasi goreng semarang tadi, tapi nasinya diganti sama tekwan ini. Jadi tekwan ini Cuma ditumis pake bumbu tadi itu. Buat yang belum pernah nyobain yang namanya cap jae ini, mesti banget nyobain. Bakalan berasa sensasi di mulut yang beda banget. Tekwannya yang empuk dan agak mirip gorengan itu, bakal berasa banget bumbunya di mulut. Apalagi kalo mesennya pedes. Hmmn.. makannya biasanya pake nasi putih. Lebih enak kalo nasinya ngga panas/ anget. Lebih enak kalo nasi yang udah didiemin di tempat nasi biasa, bukan di magic jar. Jadi dapet panasnya Cuma dari cap jaenya aja, ngga ditambah nasinya. Kalo kurang pedes juga, makannya bisa make cabe rawit yang biasanya juga disediain. Siap-siap ngucur aja deh keringet di jidat itu.

Ada lagi yang namanya tahu petis. Walaupun makan ini bisa ditemuin di kota-kota lain di jawa, tapi makanan ini juga gampang ditemuin di semarang. Dari namanya, tahu petis adalah tahu yang make petis. Hehehe.. tahunya cukup gede, mungkin ukurannya bisa setelapak tangan orang dewasa, tapi ga sampe jari-jarinya. Tahu ini diiris dua dan di tengahnya dikasih olesan petis. Jadi mirip burger lah, tapi ini tahu. Olesan petisnya berwarna item dan aromanya khas banget. Buat yang ngga biasa, mungkin bakal ngerasa aneh pas ngeliat bentuknya. Tapi kalo udah nyoba.. hmmn, dijamin nagih deh. Makan satu ngga bakalan cukup. Apalagi kadang olesan petisnya itu kalo udah digigit bisa meleber kemana-mana, jadi mulut itu bakal penuh sama petisnya. Ati-ati juga kalo yang ngga suka pedes. Karena kadang di dalem tahunya itu ngga Cuma dimasukin petisnya doank, juga ada cabe rawitnya. Jadi buat yang ngga siap, bisa-bisa keselek karena kecetus cabe. Cemilan yang enak banget deh buat kapan aja. Mau pagi, siang, sore, malem, sama enaknya. Namanya juga ngemil.

Terakhir yang ngga boleh dilewatin adalah yang namanya mangut. Mangut ini adalah sejenis ikan laut, ngga tau deh bahasa indonesianya apa. Dimasaknya ngga dalam bentuk ikan utuh, tapi udah di bikin kotak-kotak yang ukurannya lumayan gede. Biasanya Cuma bagian tengah ikan aja. Paling enak kalo dimasak sambel mangut ini. sebelumnya mangut ini biasanya udah diasepin dulu. Jadi nanti tinggal di goreng sebentar aja buat ngangetin doank. Trus di sambel barengan sambel jeruk nipis. Sambelnya sambel mentah, ngga enak kalo sambel goreng. Jadi nanti pas sambelnya udah mau jadi, di masukin juga potongan mangutnya, dan ikut diulek sama sambelnya. Sambil di penyetin mangutnya, sambil di ulek sambelnya. Nanti pas udah jadi, mangutnya bakal berasa sambel jeruk nipisnya. Makannya paling enak sama nasi putih pulen yang anget-anget suam kuku. Ditambah lalapan. Beuh.. mantap dah rasanya. Mesti nyoba yang namanya mangut ini, ngga bisa ditemuin di semua daerah lagi. Dijamin bakalan keringetan karena keenakan kalo lagi makan sambel mangut ini.

Banyak makanan ringan yang enak-enak dari semarang ini. ada wingko babat, yang ngga ada hubungannya sama babat jeroan. Ada juga roti ganjel rel yang bentukannya emang kayak kayu yang di rel kereta itu. Keras, cokelat gosong, dan ada taburan wijennya di atasnya. Tebel pula lagi rotinya. Tapi enak banget rasanya. Kalo ngemil in satu, di jamin kenyang deh. Walaupun lapernya juga cepet.

Jadi inget lagunya Powerslaves kalo ngomongin Semarang ini. “Semarang ku datang.. Lepaskan rinduku seorang.. oh, hangatnya..”

Tidak ada komentar: