Jumat, 09 Mei 2008

SADAR SEEH.. TAPI, MAU GIMANA LAGI..?

Banyak orang yang mungkin sering ngerasa kayak gini. Stuck ngga tau mau gimana lagi. Sadar, bahwa dirinya lagi terjebak dalam satu kondisi. Sadar bahwa kondisi itu mungkin ngga baik buat dirinya. Sadar juga bahwa sebenernya harus lepas dari kondisi kayak gini. Tapi, kepentok sama satu kalimat, ‘abis mau gimana lagi..?’

Yang paling simple deh: rokok. Kenapa rokok? Karena ini hal kecilnya yang bisa jadi besar. Kayak bola salju yang jatoh dari puncak gunung. Lama-lama gede.

Lingkungan kerja yang sekarang emang mayoritas adalah perokok. Ngga cowok ngga cewek. Mayoritas ngerokok. Bisa diitung, jumlah cewek yang ngerokok lebih banyak daripada jumlah cewek yang ngerokok. Ngga kaget..? wajar. Data terbaru di koran lokal jogja nyebutin bahwa, jumlah perokok remaja putri meningkat 15% dibanding tahun lalu. Ngga Cuma itu aja, 19% dokter di jogja adalah perokok. Dan yang pasti, tiap tahun jumlah perokok pasti nambah. Sejalan sama jumlah merek rokok yang pastinya nambah banyak. Supply and demand..? mungkin.

Ngga masalah ya, seseorang ngerokok atau ngga. Itu pilihan. Tapi lucunya, kadang ada yang sadar bahwa pilihan itu ngga baik. Berharap dulu ngga pernah milih. Tapi lagi-lagi itu, ‘abis mau gimana lagi..?’`terjebak dalam pilihan sendiri. Kadang suka ketawa didalem hati kalo ada temen cewek yang lagi ngerokok di sebelahku, dan nanya, ‘kamu ngga ngerokok ya? Bagus deh.. jangan sampe..’ hihihi.. lucu ya? Dinasehatin sama seorang perokok biar ngga ngerokok.

Kalo yang ini rasanya miris kalo ngeliatnya. Ada temen yang perokok situasional. Artinya, dia ngerokok kalo emang lagi dalam keadaan tertentu. Seringnya seeh kalo dia lagi stress berat. Beberapa kali sempet liat dia kayak gini. Biasanya seeh kalo lagi ada masalah di hubungan percintaannya. Dia bakal berubah jadi seorang yang liar, cuek, dan kasar. Padahal biasanya dia adalah seorang perempuan dengan sifat kebalikannya. Kalo dia udah minta dibeliin sama OB rokok sebungkus, itu tandanya dia lagi ada masalah sama hatinya. Kasian liatnya. Sayang banget deh. Ngelakuin pelampiasan semu. Tapi lagi-lagi pasti kalimat ini yang keluar, ‘abis mau gimana lagi..?’

Kalo ngga rokok, ya minum. Minum dalam artian alkohol. Ngga masalah ya buat yang ngga berkeyakinan mengharamkan minuman kayak gini. Tapi buat yang mengharamkan? Ini bisa jadi satu keadaan lagi.

Ada satu temen juga yang kadang kalo lagi stress berat, ngelampiasin ke minum. Mungkin sampe mabok. Asal stressnya bisa hilang sebentar. Walaupun tau besok pas bangun, yang ada kepala pusing. Ngga apa-apa deh, yang penting bisa ngelupain bentaran. Ini satu keadaan yang emang jalan terakhir buat dipilih. Tapi rata-rata jalan ini yang selalu dipilih.

Jadi inget salah satu temen cewek yang seorang clubber sejati. Rokok dan minum ngga pernah lepas. Suatu saat dia sakit lumayan parah, tipes. Harus dirawat mingguan di rumah sakit. Setelah sembuh dan mulai ngantor lagi, dia bilang, ‘udah ah. Berenti dari gaya hidup yang dulu. Rokok sama minum ngga lagi. Udah ngerasain gimana ngga enaknya sakit.’ Hmmn, syndrome baru sembuhdari sakit neeh. Besok-besoknya dia bilang, ‘aduh, enek liat rokok. Males banget liat orang ngerokok. Ngga deh.’ Cuma bisa bilang jangan sampe balik letah kalo kata orang sunda. Jangan sampe kena sama omongan sendiri. Eh.. bener aja kan. Ngga nyampe sebulan, mungkin kurang dari sebulan malah. Udah balik ngerokok lagi. Hihihi.. lucu ngeliat orang kayak gini.

Ada lagi temen cowok yang juga clubber banget. Sampe akhirnya sakit, dan ngomong bakal berhenti dari gaya hidup yang bikin dia sakit. Tapi apa lanjutannya? Pastinya seeh itu Cuma omongan pasca sembuh aja. Kalo udah agak lama dikit, akhirnya nyerah sama kebiasaan lama. Sampe nanti jatoh sakit lagi. Tapi mau sampe kapan ya kayak gitu..? namanya badan kan pasti punya bates. Ya mending kalo masih bisa sembuh. Kalo langsung lewat? Innalillahi namanya..

Ada juga temen yang terkenal dengan gaya hidup yang kayak cerita-cerita di atas. Suatu saat dia pergi umroh sekeluarga. Dua minggu cuti kerja. Balik lagi ke jogja, ada bayangan bakal jadi orang yang beda..? ada seeh dikit. Tapi lebih sadar lah bahwa, kadang pergi umroh ngga bisa ngerubah seseorang. Bener aja. Dia masih sama seperti sebelum pergi umroh. Mungkin ngga Cuma dia. Beberapa temen juga kayak gini. Umroh kadang jadi kayak momen pembersihan diri di arab doank. Nyampe rumah lagi, sama lagi. Walaupun juga suka sadar, ‘kok gini ya..?’

Kadang orang suka sadar bahwa ngga sadar sedang ngelakuin suatu keadaan. Kadang suka terjebak disatu kondisi yang emang disadarin ngga bae. Jadi mesti gimana donk..? mungkin yang namanya proses emang butuh waktu. Kadang mungkin waktu lah yang butuh proses.

Suka kasian aja ngeliat temen sendiri terjebak sama keadaan kayak gini. Tapi ngga mau juga jadi kayak ustad-ustad d tipi yang kayaknya salah semua orang yang diomongin sama dia. Kalo ngaca juga kadang ngerasa ngga lebih baik dari temen-temen yang lainnya, walaupun mungkin caranya beda.

Setiap orang mungkin butuh dan punya waktu buat titik baliknya masing-masing ya..? kebanyakan seeh kalo udah berumur dan udah ngerasa ngalamin semua hal di dunia. Rocker yang tobat pas udah tua. Preman yang tobat. Atau emang lebih mumpuni ngasih tau orang kalo dirinya sendiri udah ngalamin. Kayak orang tua yang nasehatin anaknya. Karena dia udah tau gimana kondisi pas jadi anak. Tapi masalahnya, berapa banyak orang yang sadar ketika dinasehatin sebelum dia ngalamin sendiri. Bukannya banyak yang Cuma percaya apa yang diliat dan dirasain sendiri..?

Pilhan..

Semua yang berani milih, berarti berani juga buat tanggung jawab. Kayak orang bilang. Berani jatuh cinta, berani patah hati.

Tapi.. apa jadinya kalo ternyata pilihan yang dipilih itu salah.. dan ngga bisa ngelepasin dari pilihan yang dipilih..? even tau dan sadar bahwa stuck karena pilihan itu..? ngga bisa ngelepasin diri dari pilihan yang udah disadari sebelumnya ngga baik..?

Don’t know..

Cuma bisa berharap.. semoga ga balik letah abis nulis kayak gini, hehehe..

Tidak ada komentar: