Sabtu, 31 Mei 2008

IN GOD WE TRUST..?

Percaya kalo Tuhan itu ada..? banyak yang percaya, dan mulai banyak juga yang ngga percaya. Apa yang dilakuin kalo percaya bahwa Tuhan itu ada..? beragama mungkin.. itu doank..? yah.. beriman terus bertaqwa kali ya..? mungkin, mungkin..

Tapi apa bener orang yang beragama itu juga percaya sama Tuhan-nya..? jangan-jangan mereka Cuma ‘beragama’ doank, tapi ngga ‘ber-Tuhan’. Koq bisa..? ini mungkin aja terjadi.. banyak kejadian yang bisa ngegambarin bahwa yang dibela adalah ‘agama’ bukan ‘Tuhan’.. mari kita list contoh-contohnya..

Orang yang hobinya ngebom hotel, tempat umum, dan macem-macem tempat yang banyak orangnya.. biasanya orang kayak gini percaya baget sama janji-janji ‘agama’-nya bahwa dia bakal dapet surga indah kalo ngelakuin hal ini. Tuhan-nya pun nyaranin buat dia ngelakuin hal ini. Apa bener..? kan ngga pernah ada bukti konkret orang yang udah ngelakuin pemboman kayak gini emang bener masuk surga. Masa iya ada testimoni dari surga..? hehehe.. walaupun target sebenernya adalah orang-orang yang dianggap ‘beda haluan’ sama pelaku, tapi banyak juga orang yang ‘satu haluan’ sama pelaku yang ikut mati juga kena bom.. terus apa komentar si pelaku pas di tanya kayak gini..? ‘maaf ya.. ngga maksud’. Gitulah komentar kasarnya.. he.. enak banget ya ni orang..? ngebunuh orang kayak nginjek semut aja.. tapi si pelaku juga tenang-tenang aja. Karena dia ngerasa udah dapet jaminan dari Tuhan dan agama-nya soal ngelakuin hal ini.. tapi apa iya..?

Ada juga yang lucu.. ada pelaku bom kayak gini, dia udah di penjara.. divonis hukuman mati.. eh, masih bisa punya dua istri! Istri keduanya adalah mantan istri pertamanya yang dinikahin lagi.. walaupun nikahnya ‘gaib’, maksudnya diwakilin gitu.. tapi tetep sah pernikahannya menurut kelompok mereka. Padahal apa yang bisa didapetin si istri dari suami yang dipenjara..? nafkah lahir mungkin, karena tipe orang kayak gini punya banyak donatur. Tapi.. nafkah batin..? ini agak susah, karena dipenjara kan ngga boleh begituan. Walaupun rahasia umum kalo bisa dipesen tempat di penjara buat begituan. Terus apa yang dicari sama si istri ini..? coba ditanyain sama cewek-cewek sekarang.. mau ga nikah sama laki-laki yang dipenjara, yang otomatis ga bisa nafkahin lahir bathin, mau..? hmpf..! pasti nggalah ya.. jaman kayak gini.. terus apa yang dicari sama si istri ini sampe mau dinikahin lagi..? surga.. mungkin.. nikahin seorang, yang menurut pemahaman mereka mujahid, itu prestasi tersendiri tuh.. ngga penting lagi kehidupan dunia.. yang penting jaminan akhirat udah ada.. pasti! Kata mereka.. tapi apa iya..?

Agama dan Tuhan kadang dijadiin alasan buat nyakitin orang lain. Demi alasan agama dan Tuhan, boleh-boleh aja ngebakar tempat ibadah orang lain yang dianggap berbeda sama mereka. Apa Tuhan ini seneng ngeliat umatnya kayak gini..? yang berantem Cuma karena sedikit perbedaan..? apa Tuhan juga seneng ngeliat kiai-kiai di negara ini yang mestinya ngasih pencerahan buat masyarakat, malah lebih sibuk ngurusin politik yang ngga ada juntrungannya kayak gitu..? kalo lagi kayak gini, mungkin lupa sama Tuhan dan agamanya.. tapi, kalo ada orang yang usil dikit ngegoda agama mereka, langsung aja emosi tinggi.. kenapa kayak gini..? jangan-jangan yang mereka permasalahin itu adalah ‘agama’ mereka. Bukan ‘esensi’ dari agama mereka. Akhirnya orang-orang kayak gini Cuma termakan sekedar ajaran-ajaran agamanya doank..

Ini juga mungkin yang bikin akhrinya banyak orang yang kecewa sama agama awalnya karena ngeliat orang lain yang beragama sama ternyata bikin sakit hati. Ada satu wanita yang sekarang benci banget sama agamanya, karena suatu kali ketika dia lagi kuliah tiba-tiba datang satu kelompok yang mengatasnamakan agama yang sama dengan dia, menembak dosennya dan abis itu meneriakkan kata-kata pujian untuk Tuhan. Shock ngeliat kayak gini, dia akhirnya kecewa dan memutuskan meninggalkan agamanya. Kecewa karena apa yang dit.ulis di kitab sucinya berbeda sama kenyataan yang dia liat Sekarang wanita ini jadi salah satu tokoh yang benci banget sama agama awalnya dan dia mulai menyebarkan kebenciannya ini ke publik. Salah siapa kalo kayak gini..?

Coba sekali-kali main ke pameran buku yang ada label satu agama tertentu.. bisa dipastiin didalemnya bakalan ditemuin satu counter yang jual film-film tentang agama. Bisa dipastiin juga bakalan ditemuin film edisi perdebatan antar agama, yang pembicaranya dari masing-masing tokoh agama. Panjang dan penuh emosi pasti kalo liat kayak gini. Ngga ada juntrungannya juga. tiap pihak ngerasa paling bener sama agamanya. Masih bagus kalo selesai dengan bae-bae, tapi kalo akhirnya selesai dengan bunuh-bunuhan? Wassalam judulnya..

Kadang capek ngeliat orang berantem karena agamanya. Orang tersinggung kalo ada yang jail sama agamanya. Orang jadinya ‘beragama’ tapi ngga ‘bertuhan’. Termakan sama penafsiran-penafsiran yang dilakuin. Lama-lama mending ngga beragama sekalian kalo kayak gini. Lebih tenang dan lebih baik..

Tuhan itu bener ada apa ngga seeh..?

Michael Gorbachev yang komunis itu pernah suatu kali lagi nonton pameran pesawat terbang. Ketika suatu kali ada dua pesawat yang hampir bertabrakan, dia secara spontan bilang, ‘Oh my God..!’ Bahkan orang yang ngga percaya sama Tuhan pun ngomong kayak gitu. Jadi, ngga ada alesan lain buat ngga percaya kalo Tuhan itu ada.

Orang bijak bilang bahwa hidup itu adalah pencarian, dan Tuhan misteri terbesar yang masuk dalam pencarian dalam hidup manusia itu. Sampe kapanpun Tuhan itu masih dicari sama manusia ini. tapi ngga tau kalo udah mati ketemu ngga itu yang namanya Tuhan. Karena, ya itu tadi, ngga ada testimoni dari orang yang udah mati. Hehehe..

Banyak juga yang terjebak sama ritual agama, kayak yang nulis ini. mungkin karena didikan dari kecil. Beruntung kalo yang bisa milih agama dengan keinginannya sendiri, bukan karena turunan. Tapi pikiran sederhananya gini, sambil nyari, ngga ada salahnya ngikutin petunjuk yang dikasih. Itung-itung bekel kalo akhirnya ngga nemu apa yang dicari. Tapi apa iya..?

Pernah ngerasa kasihan sama Tuhan..? umatnya selalu berantem tentang apa yang diinginin sama Tuhan mereka, padahal mungkin aja itu bukan yang diinginin sama Tuhan-nya. Tapi tetep aja manusia-manusia ini berantem mulu soal mana yang bener.. kasian juga Tuhan kalo kayak gini..

Satu lagi contohnya.. di uang amerika, bisa ditemuin tulisan ‘In God We Trust’, ini emang jadi motonya orang amerika. Walaupun mereka banyak yang ngga percaya sama agama, tapi mereka percaya sama Tuhan. Makanya ketika mereka ngejajah satu negara, ngga pake alasan agama, tapi alasannya adalah minyak. He..

Tidak ada komentar: