Senin, 12 Mei 2008

CKCKCK, ANAK-ANAK JAMAN SEKARANG..

Ngga tau ya.. ada yang merhatiin apa ngga.. yang jelas, anak-anak jaman sekarang itu emang beda banget sama jamannya kita dulu waktu masih jadi anak-anak.. yah, minimal udah ‘lebih’ dari jaman kita dulu..

Pertama, secara fisik.. ngga tau ya pada dikasih makan apa anak-anak jaman sekarang ini.. umur smp, tapi fisiknya sma.. umur sma, tapi fisiknya udah kayak anak kuliahan semester berapa.. ckckck, pengaruh globalisasi apa emang jenis makanan yang dikonsumsi emang bikin hormon jadi bertambah lebih cepet ya..? ngga tau juga deh..

Kedua, kalo ditanyain apa cita-cita anak sekarang.. mungkin udah ngga Cuma pengen jadi dokter lagi.. tapi ada satu yang pengen banget: jadi artis. Ya, jadi artis. Minimal ini keliatan banget waktu kebetulan ikutan jadi salah satu panitia acara pemilihan model buat majalah remaja.

Ada enam finalis yang ngewakilin jogja dan jawa tengah.. walaupun dari jogja sendiri ngga ada yang kepilih.. rata-rata umur anak-anak cewek ini 15-17 tahun.. tapi fisiknya.. ngga usah ditanya lagi deh.. kalo mereka lagi ngga pake seragam, mungkin bakalan susah ngebedainnya..

Ada anak umur 15 tahun, tapi tingginya hampir 175 cm.. busyet deh.. ada juga anak umur 17 tahun, tapi payudaranya udah jadi.. dan montok abis.. ditambah lagi dia nyadar banget sama kelebihannya itu.. makanya dia selalu berpakaian yang ngedukung banget kelebihannya itu..

Ada juga seeh yang emang lucu.. masih bermuka kayak anak smp.. dan tingkahnya pun masih anak-anak.. satu hal yang disadarin.. gimanapun, mereka itu masih anak kecil.. buktinya, waktu ada sesi foto dan mereka semua pake rok mini, tetep tuh duduknya juga ngga dijaga.. banyak yang ngegang duduknya.. mungkin ngga sadar mereka pake rok mini.. atau juga ngga sadar kalo banyak laki-laki disana..? hehehe.. kids will be kids..

Keinginan buat jadi artis ini bisa dari anaknya sendiri, bisa juga dari orang tuanya.. setidaknya ini yang keliatan dari beberapa finalis kemarin. Ada satu anak yang kayaknya mirip banget kayak kebo dicocok idungnya sama ibunya.. si ibu ini kayaknya yang ngebet banget pengen anaknya jadi artis.. apa-apa diatur sama ibunya.. bahkan ngomong makasih pun harus disuruh dulu sama ibunya.. gitu juga waktu sesi foto.. ibu si anak ini ngga berenti ngasih perintah dari luar.. buat yang denger, pasti gregetan ngeliat tingkah si ibu ini.. padahal di dalem tuh udah ada stylish-nya sendiri.. kasian juga ngeliat si anak ini.. emang fisik-nya ngedukung banget seeh buat jadi artis/ model.. tapi kalo ngeliat si ibu yang over protektif banget kayak gini.. bisa-bisa si anak nyampe satu titik, dan ngga betah lagi dengan keadaannya, dan jadi liar.. bisa juga selamanya dia kayak gini.. who knows..?

Tapi ngga Cuma disitu aja ngurutin dada ngeliat anak-anak jaman sekarang ini.. besoknya, pas acara benerannya di salah satu mall.. makin kenceng aja tuh ngurutin dada ngeliat anak-anak smp sma yang dateng..

Dress code buat acaranya adalah modern batik.. bolehlah.. ngedukung karya negeri sendiri.. hasilnya..? ckckck.. mereka emang pada pake batik.. tapi gayanya modern banget.. keliatannya Cuma pakaian modern yang biasa dipake, tapi ini berbahan batik..

Ada satu anak yang penampilannya berani banget.. kalo ga mau dibilang bitchy ya.. dengan make up tebel.. rambut diwarnai agak pirang.. dan dia pake batik model dress yang roknya pendek banget, Cuma nutupin bagian bawahnya doank, dan backless dari punggung.. belum lagi bagian depan dress-nya itu rendah banget.. otomatis.. dadanya yang udah sangat amat jadi itu, kayak mau tumpah kemana-mana.. ckckck.. dan, tau berapa umurnya..? dia baru kelas 1 sma..! walah.. apa kabarnya kalo dia udah umuran kuliah..? semoga bae-bae aja..

Ngga Cuma itu.. mayoritas anak-anak yang dateng ini selalu dengan tampilan make up yang tebel banget.. kayaknya muka belon enak diliat kalo make-upnya ngga tebel berapa senti gitu.. padahal jujur aja, ada beberapa anak yang enak diliat dengan make-up sederhana..

Awalnya mereka kayak gini karena ngga ada orang tuanya yang ngawasin.. tapi ngga juga tuh.. beberapa anak dateng sama ibunya.. dan sepertinya, ngga tau ya, dandanan anak-anak ini mungkin emang keinginan ibunya.. atau ibunya emang udah pasrah aja ngeliat tampilan anak-anaknya kayak gini.. yang jelas, semakin ‘wah’ semakin diliat orang.. walaupun bukan pujian mungkin yang kebayang.. kayak ada beberapa anak yang bener-bener ngga matching antara muka sama dandanannya.. aduh, kasian aja ngeliatnya..

Apa ya yang dicari sama anak-anak ini..? eksistensi..? mungkin aja..

Makin beda.. makin merasa eksis mereka ini.. makin aneh, apalagi.. kayak mungkin udah pada nyadarin kalo anak-anak sekarang keliatan freak dengan kacamata lebar itu justru keliatan keren.. padahal mungkin orang-orang tua juga masih ada yang pake kacamata kayak gitu, tapi ngga keliatan keren..? hehehe.. fashion tuh emang aneh..

Jadi..

Ada apa ya dengan anak-anak jaman sekarang..? eksistensi-kah yang dicari..? biar populer dan diomongin orang kah..? ngga tau juga..

Yang jelas.. dunia artis yang tiap hari diliat dan dikonsumsi sama anak-anak sekarang di tv kayaknya udah ngeracunin anak-anak jaman sekarang.. artis-artis udah jadi role model mereka buat hidupnya.. liat aja kalo ada acara kayak gini, pasti laris manis.. jadi prestise juga buat orang tuanya kalo anaknya jadi artis.. jadi ada bahan buat diomongin sama tetangga.. atau bahkan bisa jadi bahan omongan lingkungan rumahnya, ‘eh.. si ibu itu anaknya jadi artis lho sekarang..’

Satu hal yang masih bikin ngurut dada kalo ngeliatnya adalah kalo mereka ini berdandan yang bukan umurnya.. jaman emang serba terbuka.. dan ini diartikan dengan segala macem keterbukaan.. kayaknya kalo belum mamerin punggung, paha, sama dada, cewek-cewek ini belum ngerasa eksis kali ya.. Padahal ngga perlu seksi untuk diliat..

jadi kangen sama anak-anak yang penampilannya emang anak-anak..

Tidak ada komentar: