Kamis, 19 Juni 2008

INTIMATE CONCERT WITH GLENN FREDLY

Rabu (18/06) Glenn Fredly, yang suaminya presenter Indonesian Idol 2008, Dewi Sandra, itu ngegelar konser musik di JEC Yogyakarta. Lumayan mahal juga tiketnya: Rp. 75.000 buat festival, dan Rp. 150.000 buat VIP. Ini itungannya mahal banget kalo buat di Jogja. Tapi selalu ada pasar buat tiap produk. Gitu juga sama konser Glenn ini, tetep banyak yang beli tuh.

Di tiket seeh mulai jam 19.00, tapi biasa lah, konser akhirnya di mulai nyaris jam 20.30. sempet dapet bocoran dari salah satu panitia, kalo konser Glenn ini beda dari konser artis-artis lainnya, dan durasinya bisa nyampe tiga jam. Katanya konser ini di konsep kayak sebuah cerita. Hmmn.. jadi penasaran juga, bakalan kayak apa.

Tiga lagu pembuka dinyanyiin Glenn ga pake basa-basi. Malem itu Glenn pake topi hitam, kemeja putih, dan celana hitam. Simple tapi elegan. Mungkin karena yang make Glenn kali ya. Apalagi cewek-cewek yang ngeliat udah ga peduli lagi deh. Setiap Glenn mulai nyanyi, yang ada teriakan histeris dari cewek-cewek di depan. Tiga lagu pertama emang lagu-lagu yang bukan jadi hits Glenn, jadi penonton masih pada goyang-goyang enteng. Nikmatin gaya soulnya Glenn.

Selesai tiga lagu pertama, pertunjukkan sebenernya di mulai. Di big screen yang ada di belakang panggung, ditampilin film yang diperanin sama Gery Iskak (yang baru aja bebas dari penjara gara-gara kena kasus narkoba itu lho), dan ada beberapa cewek yang kayaknya seeh pendatang baru gitu. Disini Glenn mulai cerita tentang kehidupan seorang cowok (Gery Iskak) dan perjalanan cintanya. Di tengah-tengah diselipin narasi yang dibacain sama Glenn sendiri (walaupun rekaman).

Film pertama nyeritain cowok ini ketemu cewek dan langsung jatuh cinta. Disini Glenn lalu nyanyiin lagu Terpesona. Setelah itu diselipin beberapa narasin. Film mulai nyeritain tentang keromantisan hubungan si cowok ini dengan pacarnya. Lagu-lagu Glenn yang sesuai sama film ini juga dimainin.

Film terus nyampe keadegan si cowok ini ngga sengaja ketemu sama cewek lain dan jatuh cinta juga. Penonton mulai teriak-teriak ngga setuju. Disini penonton udah bener-bener menghayati banget sama filmnya.

Si cowok kemudian ngeduain cewek pertamanya sampe akhirnya ngga sengaja ketauan. Cewek pertamanya mutusin si cowok, dan akhirnya si cowok ini dateng ke cewek kedua-nya dan ngejelasin semuanya secara jujur. Tapi ternyata cewek kedua-nya ini juga malah akhirnya mutusin dia. Si cowok akhirnya nyerah. Nyerah sama kebodohannya sendiri. Lagu Terserah dimainin. Lagu ini nyeritain tentang cinta yang mendua. Pas lagu ini dimainin, beberapa penonton yang mungkin punya cerita yang sama dengan lagu ini langsung teriak histeris.

Cerita ngga sampe disitu aja. Sebulan kemudian, ceritanya, si cowok ini jadian lagi sama cewek pertamanya. Sampe suatu hari di tanggal 14 februari, si cowok ini nelpon ceweknya pas pergantian hari Cuma buat ngucapin selamat hari valentine dan ngajakin si cewek buat ketemuan malemnya. Tapi si cewek menolak karena ada acara, alesannya.

Tapi si cowok ini ngga nyerah. Dia mau ngasih kejutan buat ceweknya ini. malemnya dia dateng ke rumah si cewek dengan kado kecil dan seiket mawar merah. Pintu ngga ditutup, si cowok pun masuk ke rumah, dan ketika mau masuk ke ruang tengah, di balik tembok dia ngeliat ceweknya lagi ciuman sama cowok lain dengan hot-nya. Si cowok ini ngga ngelabrak atau ngapain. Dia Cuma duduk bersandar dan nangis di balik tembok. Glenn terus nyanyiin lagu Tega disini. Beberapa penonton keliatan ada yang nangis pas bagian ini. terutama cewek.

Setelah kejadian itu, mereka berpura-pura ngga ada apa-apa. Tapi akhirnya si cewek pun ngaku kalo dia jatuh cinta sama cewek lain. Si cowok ini pun ngga bisa berbuat apa-apa selain ngelepasin ceweknya pergi. Disini Glenn nyanyiin lagu Sekali Ini Saja.

Film diakhirin dengan adegan si cowok akhirnya menyesal dengan kelakuannya dan dia sadar kalo dia kena karma. Selama sesi film dan lagu ini, yang hampir satu jam lamanya, keliatan banget penonton sama film dan lagu-lagu yang dimainin bener-bener nyatu. Ngga jarang teriakan histeris kedengeran pas intro lagu dimainin ketika satu adegan selesai. Sesi ini bener-bener keren banget dan unik. Kena banget ngacak-ngacak perasaan yang nonton. Beberapa kali terlihat penonton yang berpasangan memeluk erat pasangannya, sambil sekali-kali mencium sayang.

Glenn kemudian ngeakhirin sesi ini dengan lagu Selamat Pagi Dunia. Lagu yang cukup up-beat dan aslinya ada Eet Syachranie yang ngisi sesi gitar. Lagu ini bikin suasana jadi terang dan semangat lagi.

Harus diakuin, konser Glenn ini bener-bener muasin yang nonton. Glenn pinter banget ngatur ritme perasaan penonton. Pastinya seeh bekel lusinan hits yang dia punya cukup banget buat bikin suasana kayak gini.

Tapi bukan Glenn aja bintangnya malam itu. Band pendukungnya (didalemnya ada Rejoz, dan drummernya Park Drive, sama keyboardisnya Gong 2000 & GodBless) juga keren banget. Ngga Cuma jadi band pendukung doank, tapi mereka juga jadi bagian dari pertunjukkan itu sendiri. Terlebih 3 backing vokalnya (2 cewek dan 1 cowok), yang di satu lagi diajak buat duet sama Glenn nyanyiin medley lagu-lagunya. Keliatan banget Glenn sama band pendukungnya ini bukan Cuma tempelan, tapi udah jadi satu.

Dancer..? ada. Tapi buat yang ngga suka, siap-siap aja kecele. Karena ada di satu sesi ketika Glenn bawain musik ala Moulan Rouge, dancer-dancernya tampil dengan super seksi, perempuan –tapi ngga asli- alias waria. Bisa dipastiin dancer-dancernya adalah waria. Ini pasti bikin kecewa banget sama yang nonton (terutama cowok). Agak mengganggu sebenernya, tapi udah ngga kepikiran lagi, itu udah jadi satu bagian pertunjukkan. Bahkan ada penonton cowok yang ngga mau nangkep bunga yang dilemparin sama dancer-dancer itu. Hehehe..

Klimaks konser ini bisa dibilang terjadi berkali-kali. Terutama ketika lagu-lagu hits Glenn dimainin. Ngga semua hitsnya langsung dimainin. Ini bikin yang nonton jadi betah nunggu karena masih hapal ada lagu yang belum di mainin. Efeknya? Tiap lagu hits dimainin, udah pasti penonton bakal nyanyi bareng dan teriak sekenceng-kencengnya buat ngalahin suara soundnya. Ini kejadian waktu Glenn nyanyiin lagu You’re My Everything dan Kisah Romantis. Dua lagu ini emang jadi anthem buat orang-orang yang mau ngelamar pasangannya.

Belum lagi waktu Glenn nyanyiin lagu Happy Sunday yang sebelumnya dimainin pake aransemen penuh perkusi. Semua penonton yang ada kayaknya loncat dan teriak bareng nyanyiin lagu ini.

Kejutan ngga sampe disitu aja. Pas bawain lagu Malam Ini Indah-nya Iwa K, di tengah-tengah lagu Iwa K beneran muncul dan nyanyi bareng. Ini kejutan yang keren banget. Karena selain udah jarang banget liat Iwa K nyanyi (kebanyakan malah jadi komentator/presenter basket), lagu ini juga legend banget di hip-hop indonesia.

Selain itu juga ada Ras Muhammad yang jadi bintang tamu pas Glenn bawain sesi reggae. Yup, Glenn juga buktiin bahwa dia adalah musisi serba bisa dengan segala macam musik. Ini pas banget sama apa yang diucapinnya, ‘Jangan mengkotak-kotakkan musik’. Dan mulai jazz, swing, rap, reggae, rock, sampe pop balada dimainin sama Glenn dengan mulus. Bahkan Glenn pun ngga Cuma nyanyi, tapi juga main gitar dan piano. Disini band pendukungnya punya kesempatan buat ikut show off juga di panggung.

Trik klasik juga dimainin sama Glenn. Dia ngajak satu penonton, cewek pastinya, buat ikut naik ke atas panggung. Glenn ngajak cewek ini dansa, terus meluk cewek itu erat banget, dan nyium. Wah, ga kebayang deh jeritan penonton cewek lainnya yang ngga rela ngeliat kejadian itu. Kebukti trik klasik ini masih efektif banget buat dilakuin.

Klimaks terakhir adalah ketika Glenn nyanyiin lagu Januari buat penutup konsernya. Ketika intro lagu mulai dimainin aja, semua penonton udah teriak-teriak histeris dan mulai makin maju ke depan panggung. Ngga perlu ditanya, lagu yang kayaknya masterpiece-nya Glenn ini udah dihapal sama yang nonton diluar kepala. Mulai dari bait pertama, reff, sampe bridgenya, ngga ada yang ketinggalan nyanyi. Glenn pung mengapresiasi penonton dengan ikutan nyanyi dengan sepenuh hati. Kadang keliatan matanya basah ketika ikut nyanyi.

Lagu selesai. Tapi penonton belum puas. Teriakan ‘We want more!’ diteriakin sama penonton berkali-kali. Ini juga trik klasik. Karena band pendukungnya masih lengkap banget, pasti Glenn bakal muncul lagi. Bener aja, Glenn muncul lagi dan ngebawain lagu Kugadaikan Cintaku punya Gombloh dengan aransemen reggae. Disini Ras Muhammad balik lagi buat bantu bagian rap.

Konser selesai dengan cara yang ngga biasa. Glenn kemudian memperkenalkan band pendukungnya satu persatu dengan musik yang masih terus main. Satu persatu personel di kenalin, dan setelah diperkenalkan, mereka take a bow, dan ninggalin panggung. Cara yang bagus buat mengakhiri sebuah konser. Glenn pun pamitan sambil ngga lupa buat ngelilingin panggung. Cewek-cewek masih histeris disini.

Overall, two thumbs up deh buat Glenn. Bukan konser musik, tapi pertunjukkan musik yang dikasih Glenn buat malem itu. Paket lengkap buat semua penonton yang dateng (mulai dari kakek-kakek, sampe abg ada semua malam itu).

Dan.. pastinya tiap orang bakal bawa sesuatu dari konser Glenn. Yang bawa pasangan pasti ngga akan ngelepasin tangan pasangannya. Atau bahkan yang jomblo, pasti punya tekad buat nyari pacar secepetnya. Hahaha..

Tidak ada komentar: