Selasa, 24 Juni 2008

NGALANGIN

Ternyata kalo dipikir-pikir, semua hal yang berhubungan dengan kita itu bisa jadi penghalang, walaupun tujuan awalnya ngga kayak gitu. Ngga percaya? Coba diinget-inget lagi.. kalo masih belum bisa juga, banyak koq contoh-contohnya. Ngga jauh dari kehidupan qta sehari-hari.

Pagi ini banyak orang yang marah-marah, minimal seeh memaki didalam hati, gara-gara jalan ditutup. Padahal itu jalan rame, hari minggu pagi pula, yang pastinya banyak orang punya kepentingan make jalan itu. Ngga taunya, jalan itu ditutup karena lagi ada acara senam pagi bareng, yang kayaknya seeh disponsorin sama salah satu partai politik yang ketuanya pernah jadi presiden tapi pengen nyoba nyalonin lagi taun depan.

Kasian amat ya..? kayak ngga ada tempat lain lagi aja buat senam. Padahal dirumah juga bisa senam, sambil nonton Vena Melinda aerobik salsa di tv. Tapi ya namanya juga ‘kampanye’, ngga rame kalo ngga bawa-bawa massa. Kayak kata iklan rokok, ‘ngga ada lo, ngga rame’.

Taun depan emang pemilu, jadi orang-orang pada sibuk kampanye. Ngumpulin suara biar menang. Padahal kalo udah menang belum tentu inget sama yang milih. Ini juga berarti kita mesti siap-siap lagi buat mangkel gara-gara kampanye. Siap-siap aja buat stuck di jalan karena macet konvoi simpatisan partai. Atau karena lagi ada acara sepeda gembira yang pesertanya tiba-tiba pake satu warna yang sama. Siap-siap juga buat nonton berita ada simpatisan partai yang ribut sama simpatisan partai lain. Kampanye koq bikin susah orang..??

Selain itu, mesti siap-siap juga jalan kita kehalang sama mahasiswa yang lagi mau demo soal pemilu. Nuntut pemilu jujur-lah, pemilu transparan-lah, pemilu ini-lah, itu-lah. Demo soal rakyat koq malah nyusahin rakyat..??

Kasian tukang becak yang mesti nungguin barisan mahasiswa lewat buat demo, padahal dia lagi ngangkut ibu-ibu yang bawa banyak belanjaan dari pasar, dan si ibu ini tipe yang super cerewet, bikin tukang becaknya stress. Dia jadi ga peduli kalo mahasiswa itu punya niatan baik ngebela hak orang-orang kecil kayak dia.

Itu soal pemilu, belum lagi soal agama. Iya, agama yang dibuat untuk memerdekakan manusia dari kebodohan, malah bikin orang tambah bodoh. Agama kayaknya jadi penghalang, bukan jembatan biar bisa berbuat kebaikan.

Agama jadi kedok buat ngalangin kita senyum sama orang lain. Ngalangin kita salaman sama orang lain. Ngalangin kita buat ngucapin selamat hari raya buat orang lain. Bahkan ngalangin orang lain buat beribadah, padahal kalo dirinya sendiri dilarang, bakalan ngamuknya ngelebihin banteng ditusuk jarum.

Orang koq suka bangga-banggain agamanya sendiri. Bangga-banggain kepercayaannya sendiri. Bukannya ngga bangga sama agama sendiri, tapi buat apa seeh dibangga-banggain..? ntar malah jadi riya’ lagi. Emang kita beragama buat diliat orang lain..? biar keliatan keren dibanding orang lain..? kasian. Malah jadi berubah tuh tujuan agamanya.

Agama kadang juga jadi penghalang buat qta berpikiran luas. Orang pake jilbab gede disangkanya ekstrimis, kalo ngga fundamentalis. Padahal siapa tau dia anak hip-hop, yang suka pake baju gede-gede. Emang anak hip-hop ngga boleh pake jilbab..?

Orang jidatnya item disangkanya rajin solat. Padahal siapa tau jidatnya emang item dari sananya. Lha, emang salah kalo punya jidat item..? kasian orang-orang yang solatnya ngga rajin, tapi jidatnya item. Mereka jadi punya beban. Solat koq dijadiin beban..?

Ada lagi. Anak emo yang rambutnya polem lepek. Pake celana pensil ketat, padahal kesiksa, dan t-shirt distro yang gaul abis, disangka agamanya jelek. Belum lagi kalo liat orang yang bertato dan antingnya dimana-mana. Pasti stereotipe-nya jelek. Padahal kan belum tentu. Bisa jadi orang-orang kayak gini agamanya lebih bagus daripada orang-orang yang pake simbol agama tertentu. Mungkin orang-orang kayak gini berpandangan, fisik itu kan cuma duniawi, kalo udah dihadapan Tuhan-nya, dia adalah polos telanjang. Ga ada pura-pura. Berlindung dibalik simbol agama yang dibikin sama manusia sendiri. Itu lebih bagus, karena bisa lebih jujur dihadapan Tuhan-nya sendiri.

Jadi, budaya juga bisa jadi penghalang yang lain. Padahal budaya tujuannya buat bikin kehidupan manusia lebih baik. Walaupun ada yang emang tujuannya dibuat bukan buat yang bae-bae. Mungkin ini yang bikin negara kita tercinta kayaknya koq ya melarat terus. Orang yang tugasnya ngebongkar korupsi, eh malah ikutan korupsi ternyata. Orang yang mestinya nangkep pemerkosa, eh malah ikutan merkosa orang. Orang yang mestinya punya kekuatan buat ngebantu rakyat miskin, eh malah hidup dari orang miskin itu. Orang miskin koq dijadiin proyek..?? pantesan aja orang miskin tetep miskin, lha kalo orang misikinnya udah jadi kaya, mroyekin apa dong..??

Mungkin penghalang itu secara ngga sadar dibikin sama kita sendiri. Tujuan awalnya jadi berubah. Kebenaran kadang jadi penghalang buat bertindak benar. Kesalahan jadi penghalang buat orang berindak benar. Bener ngalangin salah. Salah ngalangin bener. Gimana caranya buat ngilangin penghalang itu..??

Mungkin dengan sikap lebih terbuka, berpikiran luas, berjiwa bijaksana, rajin bersyukur, ngga sirikan, ngga cuma ngeliat ke atas doank, tapi juga ke bawah, rasional, ngga harus emosional, ngga maen pukul aja (tinju aja ada aturannya), tapi tetep punya keimanan. Bisa juga ngga ngeliat sesuatu dari luarnya aja, sebelum tau aslinya gimana. Pancasila banget ya..??! hahaha..

Tidak ada komentar: