Sabtu, 28 Juni 2008

LET’S DANCE..!!

Bukan..

Bukan let’s dance-nya global tv.. yang isinya anak-anak ngedance.. dan y cewek kalo kostumnya ga buka-bukaan kayaknya ngga mantep gerakannya itu.. bukan juga dance-nya dewi persik yang dicekal dimana-mana sama mui.. bukan itu..

Tapi.. ini dance yang mungkin sedikit konvensional.. namanya tarian.. yeah, tari bahasa inggrisnya juga dance kan..? tapi ngga tau kenapa kalo udah diartiin ke bahasa indonesia, maknanya jadi berubah..

Dance.. kalo denger kata ini asosiasinya pasti tarian anak muda jaman sekarang banget.. musik hip-hop.. baju seksi-seksi.. kalo ga, gombrong banget model anak rap.. belum lagi make-up menor yang kadang malah bikin muka yang nge-dance jadi ngga jelas..

Padahal dance bukan itu aja.. ada dansa.. ada joged.. ada juga tari.. Nah.. kalo yang ini mesti ditonto kalo udah jenuh liat yang gitu-gitu aja..

Coba deh sekali-kali nonton pertunjukan tari.. kenapa..? alisnya ngangkat ya kalo denger kata pertunjukkan tari..? bayangannya pasti jadi ngebosenin.. ngga ngerti.. pokoknya jauh dari kata menyenangkan.. hehehe. Wajar aja seeh..

Tapi ternyata ngga gitu-gitu amat kok.. setidaknya itu yang diliatin waktu nonton anak ISI (Institus Seni Indonesia) Yogya ngegelar pertunjukkan tari.. tujuannya emang buat TA (tugas Akhir).. tapi dijadiin komersil juga.. tiket masuknya aja Rp. 10.000. padahal dengan duit segini bisa nonton konser musik full band yang berisik.. belum lagi dapet rokok kalo disponsorin rokok..

Tapi, sekali lagi, ngga rugi juga nonton ‘konser’ kayak gini.. apalagi buat yang pertama kali nonton.. pasti exicted banget deh nontonnya..

Malem itu ada empat pentas tari yang digelar.. masing-masing dari empat koreografer yang beda-beda.. dan ngga tau juga kenapa, semuanya perempuan.. yang jelas, temanya adalah etnik.. setelah mc opening (mc-nya cowok, padahal kalo ngeliat pertama kali, dijamin nyangka itu cewek!) tarian pertama dimulai.. yang keren, si mc bilang, “assalamualaikum, salam sejahtera, om swastiastu, dan salam budaya” menghargai semua yang nonton..

Di panggung ada tiga tiang besi panjang.. model-model tiang yang biasa di pake striptease gitu deh.. penarinya juga ada tiga.. satu cewek, dan dua cowok.. keker-keker semua badannya.. termasuk yang cewek.. soalnya keliatan banget.. mereka Cuma pake tank-top, dan hot-pants sintesis warna item..

Opening-nya aja udah bikin heran.. si cewek ini bisa ngeliuk-liuk di tiang besi yang tingginya mungkin sekitar 3-4 meter.. kayaknya enteng banget badannya.. abis itu muncul cowok-cowoknya.. sama aja! Mereka juga ngeliuk-liuk di tiang.. muter-muter.. sampe gerakan akrobatik yang ngga kepikiran mereka lakuin.. ckckck.. bisa ya kayak gitu..? pantesan judul tarinya dinamain soul of spin.. isinya emang muter-muter di tiang.. yang keren.. tiang besinya itu bukan Cuma jadi properti aja.. tapi juga jadi bagian dari tarian itu sendiri.. belum lagi ngeliat gerakan penari-penarinya yang nyatu banget sama si tiang.. closingnya lebih keren lagi.. mereka bertia muter secara bersamaan di satu tiang! Wow.. keren banget ngeliatnya.. ditambah lighting (walaupun pas-pasan) tetep kena bikin nuansa sendiri.. plus musik (walaupun programan) yang ngebangun perspektif sendiri buat yang nonton.. musiknya kadang slow.. tiba-tiba kenceng.. dan pas banget perubahan tempo musik sama tariannya.. pertunjukan tari yang keren.. tiang-tiang besinya maksimal banget digunain.. (mungkin demi moore kalah keren tarian stripteasenya kalo liat tarian ini, hehehe..)

Tarian kedua.. nuansanya lebih ke jepang.. dibuka sama tiga cowok yang pake pakean judo/kempo (ngga tau persis yang mana). Dan kayak mereka pemanasan sebelum mulai latihan.. jadi mikir.. itu juga bisa disebut tarian ya..? overall.. lumayanlah.. kostumnya juga keren.. buat yang suka beladiri pasti seneng banget liat tarian kayak gini.. cewek-ceweknya di make-up putih banget.. tapi tetep aja keliatan ada yang cantik diantara penarinya, he..

Tarian ketiga.. ini islam banget nuansanya.. mulai dari penarinya yang berjilbab semua.. bajunya emang lebar-lebar. Kostumnya kayak kimono gitu deh.. tapi tetep aja keliatan lekukan tubuhnya.. wah, kalo mui liat, dicekal juga ngga ya kalo kayak gini? Hahaha.. kalo dari persperktif sendiri.. nyeritain tentang manusia yang berebut harta di dunia.. penari cowoknya keren banget disini.. dia bisa akting kayak orang mau mati gantung diri.. bikin yang nonton sempet nahan napas sebentar waktu liat adegan ini.. musiknya juga semi horor.. yang bikin mood jadi kelam.. tarian ini ditutup sama shalawat yang dinyanyiin sama penari-penari cewek.. dan si penari cowok yang ngucapin kalimat tauhid (kalo ngga salah).. dijamin, yang ngerasa agamanya sama.. bakal merinding dengernya..

Tarian keempat spesial banget.. kalo sebelum-sebelumnya musiknya Cuma programan dan sedikit banyak pake sound elektronik.. kalo yang ini live band.. jangan bayangin kayak band top 40 manggung.. pemusiknya asli pake alat-alat tradisional.. karena tema tariannya jepang abis.. musiknya juga gitu.. pake model kecapi.. perkusi.. biola.. sama keyboard.. ini satu-satunya musik yang pake vokal.. tapi vokalnya ngga nyanyi pake bahasa yang biasa di denger.. kayaknya seeh itu semacam doa-nya orang hindu/budha.. suasananya magis banget.. pake acara bakar dupa segala soalnya sebelumnya.. tariannya kayaknya ngisahin tentang model dewei kwan im-nya sun go kong.. sepanjang tarian ini dimainin.. perasaan kita kayak diaduk-aduk.. kadang mellow.. sedih.. tiba-tiba chaos.. rame.. ribut.. ngga salah dijadiin tarian penutup.. maksimal banget pertunjukkannya..

Mungkin ini dia kelebihannya nonton pertunjukkan tari.. kita ngga bisa nebak jalan cerita tariannya kemana.. ngga kayak nonton film, yang kadang udah ketauan cerita akhirnya, padahal baru nonton sebentar.. nonton tari, kita dibikin nebak-nebak dan penasaran apa lagi yang bakal diliatin buat selanjutnya.. karena kita juga ngga tau apa maksud/ cerita tariannya.. yang nonton jadi bebas nafsirin apa yang dia liat.. paling-paling Cuma judul tarian yang bisa jadi clue.. padahal judul tarian juga kadang pake bahasa puitis, yang pastinya butuh penafsiran sendiri lagi.. akhirnya, nikmatin aja tarian yang ditonton.. sambil bebas nafsirin apa yang dilihat..

Nonton pertunjukkan kayak gini juga ternyata bikin ati tenang.. adem.. mungkin pengaruh dari musik yang dimainin, sama gerakan tari yang tenang.. lembut.. tapi bertenaga dan punya karakater.. suasana yang gelap dan padet.. lighting yang mainin mood juga.. kadang ada gerakan yang kayaknya ngga diatur.. padahal itu sebenernya udah dikoreografiin.. keren banget.. bisa mikirin hal sedetail itu.. yang mungkin buat orang biasa itu Cuma gerakan sembarang..

At least.. nonton kayak ginian cocok banget kalo lagi pengen sendiri.. pengen suasana yang cozy tapi bosen ngafe.. mungkin bisa jadi cara baru kalo lagi stress, banyak pikiran.. hmmn, bolehlah di coba..

Kayak yang udah dibilang.. mayoritas penarinya adalah cewek.. dan pastinya bodi penari itu kan ok ok banget donk ya.. apalagi keliatan jelas banget lewat gerakan-gerakannya.. tapi ngga ada tuh pikiran sensual yang lewat di otak.. padahal ada juga penari yang cantik.. bahkan tarian yang pake tiang besi ala striptease aja ngga munculin pikiran-pikiran aneh.. padahal kalo dibayangin dewi persik yang nari ditiang-tiang itu.. walah.. bisa-bisa mui pada demo di monas ngeliatnya! Hehehe.. mungkin Cuma di tarian kayak gini cewek akhirnya ngga Cuma jadi objek seks doank.. ngeliat cewek disini lebih kekeindahan.. kekaguman.. nyaman banget rasanya ngeliat tarian kayak gini.. jadi makin takjub sama yang namanya: perempuan..

So.. coba deh sekali-sekali kalo bosen liat cewek-cewek fhm nge-dance di dugeman.. dateng ke pertunjukkan tari kayak gini.. J

Tidak ada komentar: