Kamis, 03 Juli 2008

PEMBUKAAN

Pasti yang kebayang adalah UUD 45 yang pastinya tiap upacara waktu jaman sekolah dulu ngga pernah ketinggalan dibacain tiap senin. Tapi coba inget-inget lagi, berapa banyak yang ngedengerin waktu pembukaan UUD 45 itu dibacain dengan bener-bener..? kebanyakan dari kita pasti ngobrol sama temen di sebelah barisan, atau malah sibuk ngeliatin anak kelas lain, yang jarang-jarang bisa diliat dengan jelas. Padahal gara-gara ritual ini, kita jadi apal sendiri sama isi pembukaannya, minimal paragraph pertamalah. Coba diinget-inget lagi..? apal kan..?

Tapi ya Cuma sekedar apal doank. Ngga ngerti apa isinya. Apalagi makna paragraf-paragraf yang dibacain. Jangankan yang ngedengerin, yang bacain aja mungkin ngga ngerti juga apa maknanya. Padahal yang bikin pembukaan ini juga pake darah perjuangan sampe bisa ngerumusin kayak gini. Bukan salah kita juga, generasi yang lahir setelah merdeka, tapi mungkin bisa diliat, ini adalah gara-gara generasi sebelum kita yang bikin pembacaan UUD 45 ini jadi semacam ritual. Jadi Cuma kebiasaan aja. Maknanya malah ilang sama sekali. Coba tanya anak SD sekarang, tau ga makna pembukaan UUD 45 ini..? boro-boro deh..

Mungkin juga neeh ya, cara penyampaiannya yang ngebosenin, monoton, flat, pokoknya bikin ngga menarik buat didenger. Kadang sesuatu yang bernilai jadi ilang nilainya gara-gara cara penyampaiannya yang jelek. Sama aja, kayak cowok mau nembak gebetannya, tapi caranya jelek banget, malah bikin gebetannya itu ilfil. Maksudnya seeh bae, tapi penyampaiannya jelek. Ini bikin tujuan awalnya malah ngga kesampaian. Padahal mungkin aja si cewek juga punya perasaan yang sama, tapi gara-gara cara nyampeinnya jelek, jadi ngga jadi deh..

Komunikasi yang bener dan tepat itu penting banget lho. Kita bisa bikin lumpur itu kayak mutiara kalo penyampaiannya tepat. Tapi bisa juga bikin nasi padang jadi kayak makanan anjing, kalo penyampaiannya ngga tepat.

Coba perhatiin deh kalo ada acara apaaa gitu.. kalo sesi pembukaan dan sambutan, ini pasti acara yang paling ngebosenin. Yang dateng pasti pada sibuk sama hp, atau ngobrol sama temen disebelahnya. Jangan salahin penonton, justru penonton yang kayak gini yang bagus. Tau mana yang berkualitas atau ngga. Acara pembukaan lagi-lagi cuman jadi semacam ritual sakral yang ngga boleh ngga mesti dilakuin. Tapi ya itu, cara nyampeinnya aja ngga menarik. Padahal pembukaan itu penting banget. Orang bakal mikir, kalo pembukaannya aja bagus, apalagi isi acaranya..? gitu kan.. tapi yang biasanya terjadi malah ngga. Karena udah berpikiran sebagai ritual, jadinya juga Cuma setengah-setengah aja. Lebih cepet selesai, lebih bagus. Yang penting udah dibuka. Beres.

Paling males, kalo ada seminar. Gimana ngga..? kalo misalnya acara seminar, yang setiap peserta dibagiin juga print out makalah yang bakal disampein, eh.. pembicaranya malah bacain sama persis sama apa yang ditulis. Anak sd juga bisa kalo baca doank seeh. Parahnya, ini terjadi sama semua orang, ngga peduli pejabat, atau akademisi, kayaknya masalah ini sering banget kejadian. Kalo kayak gini, mending ngga usah dibagiin aja print-outnya. Biar yang dateng, malah terpaksa dengerin. Lebih baik.

Komunikasi yang bener juga penting banget. Coba liat kalo tiap jum’atan. Berapa banyak yang tidur, berapa banyak yang ngantuk, dan.. berapa banyak yang ngedengerin..? pasti udah tau semua kan jawabannya..? salat jum’at akhirnya lagi-lagi Cuma jadi ritual aja. Dan ngga tau kenapa, orang-orang kok kadang lebih ngutamain solat jum’at dibanding solat lainnya. Biasa banget kalo ngeliat orang yang ngga pernah solat sehari-harinya, pasti ngga pernah ketinggalan solat jum’atnya. Iya kan..? mungkin dianggep spesial banget solat jum’at itu. Karena Cuma ada seminggu sekali doank. Dan sayang banget buat dilewatin. Tapi ya lebih baik lah, dariapada solatnya Cuma setahun sekali, hehehe..

Tapi ada satu yang bikin hati miris kalo tiap solat jum’at. Khotib dan khotbah yang disampein. Bosenin dan monoton. Temanya juga ngga update. Wajar aja kan kalo yang dateng kebanyakan langsung duduk sila manis, dan pasang posisi buat tidur. Jangan salahin jamaahnya. Jamaah juga bisa dianggep penonton dari sisi yang lain. Dan ini mausiawi banget. Kalo emang ngebosenin, ya jadi ngga tertarik. Ini sayangnya, padahal lebih banyak orang yang ngutamain solat jum’at daripada solat lainnya. Mestinya bagian khotbah ini dibikin juga jadi daya tarik, buat orang yang dateng.

Khotbah yang disampein mestinya inspiratif. Bikin yang denger manggut-manggut, setuju sama apa yang disampein. Atau ber-o karena baru tahu ternyata kayak gitu yang bener. Ini mah, yang ada kayak nganterin orang tidur. Apalagi kalo dimasjid itu kan tenang, adem, sepi, pewe banget buat tidur siang. Eh, ini malah setan yang dijadiin alesan kalo jamaah pada ngantuk. Kasian setan. Udah setan, dijadiin kambing item lagi.

Bukan salah sepenuhnya si khotib juga. mungkin kalo dia bisa lebih menarik cara nyampein pesennya, bisa lebih baik. Cara nyampeinnya ngga perlu kayak marahin yang dateng. Orang mau cari inspiasi, malah dimarah-marahin. Mending tidur aja kalo kayak gini. Coba kalo yang mau ngasih inspirasi, cara nyampeinnya juga inspiratif. Ngga kayak orang pidato. Cuma bung karno kayaknya yang pidatonya ngga ngebosenin.

Coba diliat kalo acara-acara tabligh akbar. Mana ada yang tidur..? semuanya ngedengerin bener-bener. Apalagi kalo yang ngisi da’i kondang. Tambah semangat aja ngedengerinnya. Pesen yang disampein bisa kena tuh kalo kayak gini..

Tapi itu kan tabligh akbar, beda donk sama khotbah jum’at..? kenapa mesti beda..? toh tujuannya kan sama, ngasih pencerahan sama yang denger. Coba gaya penyampaian da’i-da’i itu di contoh sama khotib-khotib kampung kita. Bakalan keren banget itu hasilnya. Orang jadi dateng bukan Cuma karena ritual solat jum’atnya aja. Tapi juga nunggu-nunggu apa yang bakal disampein sama khotibnya. Orang bakal cepet-cepetan dateng buat jum’atan karena nungguin khotbahnya. Ngga malah ngundur-ngundur dateng. Ngga malah tidur pas khotibnya mulai khotbah.

Bisa ngga ya kayak gini kejadian..? pasti bisa. Tinggal kesadaran aja khotib-khotib itu ngga jadiin khotbah jum’at itu sekedar ritual doank. Tapi juga nilai plus buat yang dateng. Siapa tau abis dengerin khotbah, solatnya ngga Cuma solat jum’at doank. Tujuannya kecapaian kan kalo kayak gini.

Itu semua Cuma masalah komunikasi. Gimana caranya kita bisa nyampein pesen dengan bener. Pesen yang mau disampein bisa nyampe langsung ke orangnya.

Ngga, komunikasi bukan Cuma punya penyiar, presenter, artis, atau orang-orang penting lainnya. Komunikasi itu penting buat semua orang. Dan semua orang bisa ngelakuin itu. Karena semua orang bisa ngomong kan..? modal dasarnya itu aja.

Coba bayangin, tukang becak yang pinter ngomong, bisa ngebujuk ibu-ibu supaya mau naek becaknya. Cowok yang cupu banget bisa jadiin cewek cakep minta ampun buat jadi pacarnya, gara-gara dia tau gimana cara nyampein perasannya dengan tepat. Bisa juga buat ngebujuk calon mertua supaya bisa nerima lamaran kita, padahal camer itu udah judek banget sama kita. Itu semua Cuma gara-gara komunikasi yang tepat.

Semua orang pasti bisa ngelakuin komunikasi dengan tepat. Modalnya Cuma mulut, plus cara yang bener gimana ngegunainnya.

Seandainya semua khotib tau cara nyampein pesennya dengan bener. Tau gimana caranya bikin khotbah itu menarik kayak nonton tv. Bikin orang ngga mau ninggalin tempat duduknya. Bikin betah ngedengerinnya. Bikin inspirasi buat yang dengerinnya. Jadi yang dateng jum’atan ngga Cuma buat menuhin kewajiban aja. Solat jum’at ngga Cuma ritual dan kebiasaan aja. Tapi jadi lebih bermakna.

Ngga ada lagi orang yang tidur pas khotib mulai khotbah..

Tidak ada komentar: