Sabtu, 12 Juli 2008

GAMELAN PLESETAN

Ini nama acara Festival Gamelan di Jogja. Isinya, gampangnya ya, adalah pertunjukan gamelan yang dimainin sama orang-orang yang mungkin punya latar belakang yang macem-macem. Kalo pas hari penutupan, kebanyakan malah yang maen dari luar indonesia. Mulai dari amerika, inggris, jepang, sampe korea. Semua mainin gamelan dengan perspektifnya masing-masing.

Supposed to be keren banget ya ngeliat hal kayak gini..? tapi koq yang dirasa malah kebalikannya. Ngeliat gamelan dimainin barengan sama alat-alat dj, atau ditambahin efek-efek digital, plus sound-sound elektronik, hati koq malah jadi miris ngeliat dan ngedengernya. Apalagi ditambah, yang mainin adalah orang-orang bule. Ngga tau kenapa, pas penonton lain tepuk tangan kagum ngeliat orang-orang bule itu main gamelan, tangan koq rasanya ngga rela buat ikutan tepuk tangan.

Sedih ngeliatnya. Orang indonesia koq gampang banget dibuat kagum kalo ngeliat bule-bule ya..? bule maen gamelan ditepokin. Bule maen sinetron diidolain. Diajak ngobrol bule dipinggir jalan, seneng banget. Bule maen lawak, diketawain. Eh, ini seeh emang bener ya..? namanya juga ngelawak..? hehehe..

Maksudnya gini.. apa karena negara kita ini kelamaan banget dijajah sama orang bule, sampe akhirnya stigma bahwa orang bule itu lebih segala-galanya dibanding pribumi, udah mendarah daging sampe sekarang ya..? even udah dijaman kayak gini..

Liat cinta laura deh. Fenomenal banget. Ngomong bahasa indonesia pake logat inggris, padahal dia gede di jerman, yang seharusnya ngeganggu banget didengernya, malah diidolain anak-anak sekarang. Walaupun emang bener, kalo pake rumus anti-marketing, yang abnormal justru bakalan lebih sukses di pasaran. Sampe ringtone ojek becek-nya aja ada. Ckckck.. belum lagi artis-artis indo yang kayaknya banyak banget di tv. Bule dikit, diorbitin sebentar, langsung booming. Ngga perlu bisa bahasa indonesia yang bener, yang penting punya tampang bule. Parahnya, yang jadi pembantu, pasti orang indonesia.

Sayangnya, ngga gitu kalo kebalikannya. Coba ada orang indonesia yang mau nyoba sukses di nagri. Hmmn, dijamin harus banting tulang bener-bener deh. Butuh perjuangan yang gila-gilaan. Liat aja TKI-TKI kita yang gawe di luar, ngga dihargain banget deh kayaknya. Bahkan sama sodara yang katanya serumpun, malaysia. Padahal berapa milyar tuh tiap tahun yang masuk ke kas negara dari TKI-TKI ini..? kasian..

Apa yang salah ya sama mental bangsa ini..? mungkin kurang menghargai sama apa yang udah dimilikin.. kalo denger yang berbau bule-bule dikit, pasti asosiasinya langsung keren.

Sekarang coba liat produk-produk yang ada dipasaran. Indomie. Beberapa perusahaan emang lebih milih namain produknya pake bahasa asing di indonesia, alasannya ngga lain supaya keliatan lebih bagus dan lebih bermutu.

Paling males kalo ngeliat iklan apapun, yang naratornya adalah suara bule pake bahasa indonesia. Mungkin ini berhasil buat sebagian orang yang nonton, karena imej lebih terpercaya-nya dapet, soalnya sampe orang bule pun ngakuin. Tapi buat yang udah aware sama kayak ginian, enek banget. Semacam pembodohan secara ngga langsung.

Satu lagi. Soal aliran musik. Kalo ditanya, musik yang indonesia banget itu yang kayak gimana seeh..? pasti bingung kan..? soalnya udah kebarat-baratan banget semuanya, bahkan cengkok orang indonesia buat nyanyi pake bahasa inggris juga udah bagus banget. Bisa aja ngga ngeh kalo yang nyanyi adalah orang indonesia.

Jepang mungkin bisa dicontoh. Walaupun musiknya sekarang jelas udah barat banget, tapi ngga tau gimana, sound yang keluar itu jepang banget. Ngga barat, ngga timur, tapi jepang banget. Mereka bisa ngehasilin sound yang jadi ciri khas mereka. Walaupun jelas pengaruh barat besar banget disana. Belum lagi kalo ngomongin penampilannya. Mereka bisa bikin satu kultur baru, yang parahnya lagi, diikutin juga sama anak-anak di indonesia. Lagi-lagi bikin miris. Anak-anak sekarang lebih suka bergaya harajuku, lebih suka cosplay-an, lebih suka dengerin musik jepang daripada musik indonesia. Yeah, walaupun alesannya ada benernya juga: musik indonesia gitu-gitu aja. Menye-menye. Tapi ya ngga usah segitunya jugalah. Jadi musuhin, kalo ngga mau dibilang benci, sama budaya sendiri.

Ada beberapa cara yang dilakuin sama orang-orang yang masih peduli sama budaya nasional ini. contohnya, viki sianipar. Dia adalah musisi muda yang seneng banget ngaransemen ulang lagu-lagu daerah sumatera dengan unsur yang lebih modern. Keren banget apa yang berani dia lakuin. Tapi ternyata ada lagi neeh pertanyaan, ‘ngga bisa ya kalo ngga dicampurin usur barat-baratan, supaya anak muda mau dengerin musik asli budaya mereka..?’

Untungnya di Festival Gamelan ini ada juga yang bikin tepuk tangan sekenceng-kencengnya. Ikhlas. Bahkan sampe merinding dengernya. Waktu anak-anak dari Surakarta giliran maen ditengah-tengah pertunjukkan. Umurnya masih pada muda banget, sekitar sma-lah. Mereka mainin komposisi gamelan yang temanya ‘kemajemukan’. Bener-bener majemuk. Mulai dari kostum yang dipake: ada yang pake baju pramuka, baju seragam sma, baju safari, baju bali, baju pengusaha, sampe gaya anak jaman sekarang.

Dari segi musik juga macem-macem. Mereka bisa gabungin komposisi musik gamelan, mulai gamelan banyumasan, bali, sampe jawa. Ckckck.. salut banget deh sama anak-anak ini. belum lagi anak perempuan yang kayaknya imut banget, dia yang nyinden di gamelan ini. yang kayak gini neeh yang mestinya kita tepukin tangan. Yang mestinya dapet penghargaan paling tinggi dari penonton. Kalo bisa malah standing ovation semua deh. Sayangnya, mereka Cuma mainin satu lagu. Tapi cukup bikin hati jadi terharu dan terenyuh ngeliat mereka main.

Bukan maksudnya bikin kita jadi benci sama orang asing. Ngga.. ngga gitu.. Cuma berandai aja. Bolehlah suka atau ngefans sama orang asing, tapi secukupnya aja. Jangan sampe ngelupain budaya sendiri. Orang asing sama kita sama aja sebenernya. Karena kita juga sebenernya orang asing buat mereka.

Lebih hargain budaya sendiri mulai dari sekarang. Jangan Cuma pas direbut sama negara lain doank..

Tidak ada komentar: