Sabtu, 19 Juli 2008

KALO TIKUS NUNTUT HAKNYA..

Apa yang bakal dilakuin kalo suatu hari nemuin dompet tebel yang didalemnya banyak duit, kartu kredit dari bank internasional, plus dollar, di tengah jalan..? kondisi pas lagi sendirian, ga ada orang lain yang ngeliat, dan ngga ada kamera tersembunyi juga. apa yang bakal dilakuin..? ngembaliin dompet itu ke orangnya langsung, ngasihin dompetnya ke pos polisi terdekat, ngga peduli sama sekali, atau ninggalin dompetnya gitu aja, tapi sebelumnya ngambil semua isinya..?

Kalo pilihannya yang terakhir, mungkin ada bakat jadi koruptor tuh..!

Percaya ngga percaya, semua orang punya peluang menjadi koruptor. Tinggal mau ngelakuinnya apa ngga. Kalo ngga percaya, tanya aja sama Artalyta, Al-Amin, Urip, atau pejabat-pejabat kita lainnya. Atau kalo masih kejauhan, coba deh tanya polisi-polisi yang sering banget kita temuin sehari-hari.

Agak aneh emang indonesia ini. kalo liat di film-film luar, polisi paling rendahan itu adalah polisi lalu lintas. Coba perhatiin di film-film yang backgroundnya tentang polisi. Kalo dia berbuat kesalahan parah, pasti diancem bakal diturunin kejalanan, ngurusin tilang parkir, atau malah ngurusin pelanggaran lalu lintas. Dari mulai filmnya Mel Gibson, sampe Jacky Chan, pasti posisi polisi yang paling rendah adalah polisi lalu lintas. Mau ngapain coba..? ngga pake senjata, Cuma modal surat tilang aja.

Tapi kalo di indonesia..? kayaknya paling seneng kalo jadi polisi lalu lintas gini. Bisa nilang orang-orang. Duitnya bisa langsung masuk kantong pribadi. Udah rahasia umum lah kalo misalnya ditilang dijalan, walaupun sekarang ditawarin dulu mau sidang di pengadilan apa ‘sidang’ ditempat. Walaupun juga banyak polisi yang kayak salesman, lebih dulu nawarin sidang ditempat, pake iming-iming kelebihan sidang ditempat lagi. Ckckck.. kayak gini ini ‘wajah’ polsi yang umum dikenal. Sampe ada anekdot yang mitris banget. Cuma ada 2 jenis polisi yang ngga korup di negara ini: polisi tidur sama patung polisi. Pait.

Udah rahasia umum juga kalo mau masuk ke kepolisian, butuh duit yang lumayan banyak juga. bahkan ada yang bilang sama aja mau masuk ke kedokteran atau ke kepolisian, sama-sama butuh banyak duit. Pantes aja, pas udah lulus, banyak yang korup, soalnya harus balik modal tuh biaya awal yang dikeluarin. Kalo nunggu dari gaji bulanan, minjem istilahnya jikustik, bakal 1000 tahun lamanya.

Belum lagi kalo kita udah punya urusan sama polisi. Dijamin bakal duit juga ujung-ujungnya. Mulai ngurus sim, stnk, sampe surat keterangan lainnya, pasti ada biaya yang dikeluarin. Padahal kita sendiri ngga tau perincian biayanya itu buat apa aja. Pun masuknya kemana juga ngga tau. Parahnya lagi, lingkungan sekitar juga ikut-ikutan kayak gini. Hal yang kecil aja deh. Fotokopi di lingkungan kantor polisi, bakalan jauh lebih mahal daripada di luar. Padahal biaya produksinya sama aja. Tapi ya mau gimana lagi..? biasanya diciptain kondisi mendesak dan buru-buru kalo ngurus-ngurus di kantor polisi.

Apa yang salah ya sama kondisi kayak gini..? kalo dari hasil seminar yang kemaren diadain, pembicaranya mulai dari Gubernur a.k.a Sultan Jogja, KPK, Bappenas, sampe LSM, banyak bener yang salah. Mulai dari sistemnya yang salah, birokrasinya yang salah, orang-orangnya yang salah, sampe budaya. Budaya..? ini yang mungkin susah. Sama susahnya kalo pengen ngerubah gaya ngomong Cinta Laura.

Ada satu cerita tentang karyawan di satu perusahaan swasta. Dia adalah OB baru asal kampung, orangnya jujur, polos, dan ngga macem-macem. Kerja dengan tulus. Tapi setelah beberapa bulan kerja, si OB ini dipanggil atasannya. Dia ketahuan suka ngambil uang. Atasannya ini kecewa luar biasa. Dia ngga nyangka si OB ini bakal ngelakuin hal kayak gini. Setelah ditanya-tanya, ternyata si OB ini kena pengaruh temen-temen OB lainnya. Dia selalu dibujuk buat ngelakuin hal ini. awalnya dia ngga mau, tapi lama kelamaan, temen-temennya maksa terus. Akhirnya dia menyerah, daripada dijauhin sama temen-temen lainnya.

Kalo udah kayak gini, berarti semua orang punya resiko kena penyakit korupsi ini. apalagi kalo udah masuk ke sistem yang emang udah korup. Masuk ke dunia bisnis, masuk ke dunia politik, masuk ke pemerintahan. Siap-siap aja kalo yang emang mau tetep idealis. Ngga aneh kalo kemudian banyak orang DPR sana yang ketangkep KPK. Atau jangan-jangan, lama-lama DPR itu dipakein teralis aja, karena banyaknya yang korupsi..?

Harusnya para koruptor ini denger satu penelepon di acara seminar tadi, yang nelepon Cuma buat nangis. Nyeritain gimana susahnya dia hidup. Bbm naek terus. Mending gampang didapet, ini susahnya bukan main. Dan ini bukan Cuma satu dua aja yang ngalamin, lebih banyak lagi rakyat yang menderita. Tapi anehnya, tiap pameran mobil yang diadain, pasti bakal rame. Mobil-mobil mewah makin banyak aja di jalan-jalan. Tahun lalu aja, jumlah orang kaya di indonesia naik lebih banyak di banding negara-negara kaya laennya di asia. Ckckck.. bener aja. Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin.

Kalo udah gini, simbol korupsi yang pake gambar tikus udah mesti diganti. Tikus selama ini digambarin sebagai makhluk yang kotor, jorok, sukanya nyolong, dan bisanya Cuma nyusahin. Tapi tikus ngelakuin itu karena nalurinya emang kayak gitu. Nalurinya kayak gitu karena perutnya laper, dan mereka ngelakuin itu Cuma buat makan. Tapi kalo koruptor..? mereka bukan karena lapar. Mana ada orang korupsi karena lapar..? mereka korupsi karena mereka emang pengen kaya pake cara cepet. Ngga mau repot-repot. Ada jalan cepet, koq milih yang susah..?

Ini yang bikin lucu waktu DepKeu naikin jumlah gaji semua pegawainya. Asumsinya, kalo pegawai-pegawainya udah punya gaji cukup, mereka bakal lebih fokus ke pekerjaan, dan ngga mikirin gimana caranya biar dapet penghasilan tambahan. Tapi yang namanya manusia, mana pernah seeh ngerasa cukup..? AA Gym aja ngga ngerasa cukup punya istri satu, apalagi kalo udah nyangkut masalah uang..? tambah-tambah lagi. Makanya, tetep aja pada korupsi, walaupun gajinya udah cukup banget buat hidup.

Simbol korupsi seharusnya diganti, jangan pake tikus, bahkan jangan pake gambar binatang lagi, karena jaman sekarang, kadang manusia udah lebih binatang daripada binatang. Bener lah kalo ada yang bilang, manusia itu adalah binatang yang berakal. Ganti simbol korupsi sama fotonya Artalyta. Atau sama fotonya Al-Amin, yang udah dikasih kesempatan kedua sama Kristina, masih aja mesen cewek, doyannya yang pake baju putih lagi..

Apa kabarnya Jerry, Mickey Mouse, Rattatouile, dan tokoh-tokoh tikus lainnya yang jadi idola anak-anak, kalo tikus tetep dijadiin simbol korupsi..? seandainya tikus-tikus itu tahu kalo sosok mereka disalahgunain sama manusia..

Stop corruption..! kekaguman besar buat mereka yang memilih untuk hidup sederhana dan berkecukupan, karena tidak mau melakukan korupsi. Termasuk didalamnya para polisi jujur, politisi baik, dan pejabat pemerintah yang tidak menyalahgunakan jabatannya..

Tidak ada komentar: