Selasa, 22 Juli 2008

SWING GIRLS

Film yang dirilis tahun 2004 di Jepang ini bisa dikategoriin jenis film komedi musikal. Selain karena emang basic ceritanya tentang sekelompok anak SMA yang main musik jazz, film ini juga bisa bikin ketawa, setidaknya senyumlah kalo nonton. Selain itu, semua pemain di film ini emang beneran bisa main musik. Karena itu, semua lagu yang dimainin di film ini, dimainin sama mereka sendiri.

Cerita film ini berlatar belakang pedesaan di daerah Yamagata, sebelah utara Jepang. Dimulai ketika musim panas dan lagi ada kejuaraan baseball. Waktu itu Tomoko (yang diperanin sama Juri Ueno) lagi ada di kelas matematika. Diluar kelas, tim marching band sekolahnya lagi siap-siap berangkat buat ngedukung tim baseball sekolahnya. Ternyata, mobil yang ngebawa katering mereka telat dateng. Tomoko yang tau kejadian ini, berinisiatif buat nganterin sendiri katering itu. Akhirnya Tomoko dan teman-temannya pun berangkat nyusul ke stadion buat nganterin katering.

Sayangnya, mereka semua ketiduran sampe akhirnya ngelewatin stasiun tempat mereka berhenti. Mereka mutusin buat jalan, padahal jaraknya lumayan jauh. Tapi mereka nekat buat jalan. Di perjalanan, ada aja kejadian kocak. Mulai dari mereka hampir ketabrak kereta, sampe mereka kecebur sawah.

Akhirnya mereka sampe juga di stadion, dan makanannya memang udah ditungguin sama semua orang. Tapi ada satu yang ngga kebagian, Yuta Hiraoka, yang jatahnya udah dimakan pas di kereta tadi. Tapi mereka ngga mau ngaku, padahal Yuta tau. Akhirnya Yuta beli makanan sendiri.

Ternyata, makanan yang dibawa itu udah keburu basi. Semua anggota band, termasuk guru, tiba-tiba keracunan makanan basi, dan harus dirawat di rumah sakit.

Disini cerita sebenernya dimulai. Karena Yuta adalah satu-satunya orang yang ngga keracunan makanan, dia jadi dibebanin buat bikin band pengganti baru. Padahal Yuta udah niat mau keluar dari band. Tapi ngga ada jalan lain. Akhirnya dia buka audisi buat bikin band. Yang ikutan malah aneh-aneh. Ada dua cewek rocker yang bandnya baru bubar, ada juga Sekiguchi, cewek nerd yang bisanya Cuma maen suling. Akhirnya Yuta ngajakin Tomoko dan teman-temannya buat ikutan gabung, dengan ancaman bakal ngelaporin kalo yang bikin basi makanan adalah mereka. Akhirnya Tomoko mau, karena dia juga mau ngehindarin pelajaran tambahan matematika.

Ini bikin Yuta stress berat. Gimana caranya ngebentuk band, padahal semua personelnya ngga bisa main musik?! Tapi dia ngga berhenti gitu aja. Dia akhirnya mutusin buat bikin brass band yang mainin musik jazz, karena ada sekitar 25 orang yang ikutan. Dia mulai ngelatih satu persatu buat main musik. Ngga gampang. Mulai latihan lari, sampe napas perut. Latihan keras pun dilakuin buat ngajarin cewek-cewek ini main musik. Sampe akhirnya mereka semua bisa mainin alat musik. Walaupun hasilnya masih ngga enak banget buat didenger.

Sayangnya, setelah semua mulai bisa main dan nikmatin musik. Personel band yang lama udah sembuh dan dateng. Mereka ngga jadi bikin band jazz. Ini semua bikin mereka sedih. Tapi Tomoko ngga nyerah gitu aja. Dia mulai main musik sendiri, beli saxophone bekas, dan latihan sendiri. Beberapa temannya juga begitu. Mereka mulai manggung kecil-kecilan, walaupun lebih sering ditimpukin sama yang nonton.

Sampe akhirnya mereka ketemu sama guru matematika yang selama ini ternyata adalah pemain jazz juga. disini mereka mulai latihan sama guru mereka. Setelah bagus, mereka mutusin buat ikutan kompetisi musik jazz antar sekolah. Ini juga ngga gampang, karena kereta yang ngebawa mereka terhalang sama salju, tapi addaaa aja jalan sampe akhirnya mereka bisa dateng ke kompetisi jazz itu. Walaupun penontonnya udah mulai pulang.

Akhirnya, cerita film ini emang selesai gitu aja. Ngga ada kelanjutan gimana-gimananya. Tapi satu hal yang bisa didapet dari film ini adalah, tentang perjuangan buat ngeraih impian. Digambarin gimana Tomoko dan teman-temannya berjuang buat bisa punya alat musik sendiri, manggung di tempat-tempat aneh, dilemparin sama yang nonton, sampe akhirnya mereka sadar, bahwa mereka mencintai musik jazz walaupun awalnya bener-bener ngga suka. Dan perjuangan mereka semua terbayar ketika akhirnya mereka bisa tampil di kompetisi musik jazz antar sekolah, dan dapet sambutan paling meriah dari penonton.

Film yang cukup inspiring dan menghibur. Apalagi musik jazz yang diambil buat tema cerita. Bikin jazz yang dikenal Cuma buat orang tua aja, jadi lebih ‘muda’ kedengerannya. Ceritanya juga sederhana, tapi punya makna yang dalem. Bikin kita senyum-senyum dan terenyuh juga waktu nonton film ini.

Film ini sendiri emang ngga begitu terkenal di luar jepang, tapi kalo di jepang sendiri, film ini pernah nyampe ke posisi 8 di box officenya jepang tahun 2004. dan pernah menang 7 penghargaan di Anugerah Film-nya Jepang.

Pokoknya, buat yang lagi berjuang dengan band-nya, kudu nonton film ini. soalnya setiap orang pasti bisa dapetin impiannya, kalo dia mau dan berusaha.


Tidak ada komentar: