Selasa, 15 Juli 2008

JAGONGAN YUKS..?!

Kata lainnya yang mungkin lebih dikenal adalah kondangan. Ini ngga tau ya bahasa indonesia yang baik apa ngga, yang jelas, kata ini sering banget dipake buat ngejelasin kalo mengunjungi sebuah acara pernikahan. Mungkin bahasa indonesia yang baik dan benarnya adalah, ‘mengunjungi acara pernikahan’. Tapi kan itu kepanjangan, ngga efektif.

Asal kata kondangan sendiri mungkin dari kata kondang, atau terkenal. Mungkin juga maksudnya adalah orang bikin acara (pesta) pernikahan biar dikenal/ terkenal, setidaknya dikalangan tamu-tamu yang dateng. Salah satu alesan orang ngadain resepsi pernikahan juga kan karena ada fungi sosialnya. Gampangnya, ngasih tau kalo ada pasangan yang baru menikah. Ini kan kabar gembira, makanya harus disebarin. Semacam sosialisasi gitulah.

Tapi kalo kata jagongan, asalnya mungkin dari bahasa jawa. Jagong itu artinya duduk, nongkrong, mangkal, atau mungkin mengunjungi. Belum tahu persisnya juga apa. Yang jelas, kata jagongan ini adalah kata lain dalam bahasa jawa untuk mengistilahkan kegiatan ‘mengunjungi acara pernikahan’. Intinya ngga masalah kata apa yang dipake, toh, maksudnya sama.

Yang lucu adalah, kalo diperhatiin, ada perbedaan antara pesta pernikahan yang diadain sesuai dengan status yang nikah. Pastinya tergantung budget juga pernikahan itu diadain. Perbedaan yang bisa diliat pasti banyak. Tapi yang paling unik adalah waktu/cara penyajian makanannya.

Apa jadinya kalo pesta pernikahan ngga ada makan-makan..? ngga seru banget pastinya.. lha wong, kebanyakan tamu yang dateng pasti udah membayangkan apa menu yang ada dipernikahan nanti. Ada kambing gulingnya ngga ya..? ada ice cream-nya ngga ya..? dan macem-macem lagi. Makanya, pas dateng ke pernikahan, pengantinnya Cuma disalamin sambil lewat aja, terus langsung ke meja makanan yang udah disediain. Tapi ini kalo yang ngadain kalangan menengah ke atas, yang emang nyediain makanan secara prasmanan. Tamu bisa langsung ngambil sendiri makanan yang dipengenin, milih sendiri, menu sekaligus porsinya. Pokoknya, self service lah.

Beda lagi kalo pesta pernikahannya yang ngadain adalah orang dari kalangan menengah kebawah. Apalagi kalo dikampung-kampung. Ngga ada yang namanya self service. Apalagi meja makanan prasmanan. Tamu yang datengpun tinggal duduk manis, makanan bakal dianterin sendiri. Mulai dari menu pembuka (snack kotakan/cemilan), menu utama (sepiring nasi komplit sama lauk dan sayurnya), sampe makanan penutup (biasanya es krim). Semua tamu dapet menu yang sama, porsi yang sama, dan pelayanan yang sama. Ngga ada self service, yang ada Cuma full service dari tuan rumah.

Ada budaya yang lucu diantara dua macem pesta pernikahan ini. ngga tau ya mana yang duluan, model prasmanan atau model anter (biasanya dikenal sam istilah piring terbang), yang jelas, dua-duanya punya keunikan budaya sendiri.

Pertama model prasmanan. Ini mungkin bisa jadi turunan dari gaya hidup orang yang lebih modern. Model prasmanan bikin orang jadi lebih ‘bebas’. Bebas buat milih menu, milih porsi yang dia mau, dan bebas nambah (kalo ngga malu, hehehe..). model prasmanan ini juga ngelambangin manusia yang lebih demokratis, ngga mau diatur gitu aja, bebas berkehendak, dan yang pasti punya haknya masing-masing yang pastinya juga harus dijalanin dengan benar. Karena ini juga akhirnya nyangkut juga sama masalah HAM (kalo mau disangkut-sangkutin, hehehe..). jeleknya, model kayak gini, bikin sistem ‘siapa cepat dia dapet’ berlaku banget disini. Sering banget nemuin menu favorit udah lebih cepet abis, keduluan sama tamu yang duluan dateng. Kalo ngga cepet-cepet dateng, pasti bakal ngga kebagian menu yang enak-enak. Kalo kayak gini jadi agak mirip sama model ‘survival of the fittest-nya darwin’. Siapa yang kuat, dia yang menang. Orang jadi berlomba buat dapet yang terbaik, pastinya Cuma orang yang punya modal kuat aja yang menang. Kalo soal makanan prasmanan, modalnya adalah di waktu.

Kebalikannya sama model prasmanan, model makanan ‘piring terbang’, lebih nawarin sistem adil dan merata. Semua orang dapet bagian yang sama. Ngga ada yang dapet lebih, ngga ada yang kurang. Semuanya pas. Mirip-mirip model sosialis lah. Semua orang dapet bagiannya masing-masing dengan sama. Ini jelas lebih adil, ngga perlu dateng buru-buru buat dapetin makanan favorit, karena dateng belakangan atau duluan, sama-sama dapet menu yang sama. Belum lagi, tamu dilayanin kayak raja, ngga perlu cape-cape ngantri sama tamu yang lain buat dapet makanan, karena semuanya udah dilayanin. Cara pelayanannya pun Barat banget. Mulai dari appetizer, main course, sampe desert. Persis kayak gaya dinner di restoran mahal dan mewah. Walaupun kemasannya jauh lebih sederhana (hehehe..). jeleknya sistem ini, kebebasan individu jadi ngga ada. Setiap orang dianggap sama kebutuhannya. Individu jadi ngga punya kebebasan untuk memilih. Kebebasan untuk menentukan keinginannya sendiri. Suka ngga suka, mesti nerima apa adanya. Jadi kayak komunis akhirnya. Walaupun komunis juga ngga jelek-jelek amat (liat aja cina).

Akhirnya.. terserah deh mau milih sistem yang mana. Masing-masing ada baik ada buruknya. Masing-masing punya kelebihannya masing-masing. Ngga kayak negara ini yang bingung mau milih kiri apa kanan, akhirnya jalan ditengah. Eh, malah tambah banyak ruginya, abis Cuma mau enaknya aja. Ngga mau ngambil resiko. Akhirnya jadi blunder.

Yang jelas, sistem prasmanan atau piring terbang. Semuanya tetep enak koq. Akhirnya adalah sama-sama kenyang. Apalagi kalo abis dateng ke pernilkahan yang pake prasmanan, terus dilanjutin ke sistem piring terbang. It’s good.. hehehe.. :9


Tidak ada komentar: