Jumat, 20 Juni 2008

UZUMAKI

UZUMAKI adalah sebuah film horor jepang yang disutradarain sama HIGUCHINSKY. Film ini dirilis tahun 2000, dan merupakan adaptasi dari manga yang juga judulnya UZUMAKI, karya JUNJI ITO. Film ini diperanin sama FHI FAN, HINAKO SAEKI, dan EUN-KYUNG SHIN. Film ini sendiri berdurasi 90 menit dan total biaya produksinya nyampe satu juta dolar amerika.

UZUMAKI ini nyeritain tentang keadaan sebuah kota yang bernama KUROUZU. Disini tinggal seorang gadis sma yang bernama KIRIE yang punya sahabat deket yang agak-agak nerd orangnya, namanya SHUICHI.

Suatu hari KIRIE mulai nyadarin bahwa ada keanehan di kotanya. Orang-orang di kotanya ini mulai terobsesi sama yang namanya spiral, atau bahasa jepangnya adalah UZUMAKI. Mulai dari ayahnya SHUICHI yang bikin scrap book video tentang spiral. Segala macam bentuk spiral dibikin video-nya sama ayahnya SHUNICHI ini. lama-lama kebiasaan ayahnya ini mulai ngeganggu dan udah kelewat batas. Ini bikin SHUICHI dan ibunya mulai khawatir.

Ngga berapa lama, obesesi ayah SHUICHI ini mulai kelewat batas dan akhirnya dia bunuh diri. Pas pemakamannya, tiba-tiba langit menjadi gelap dan awan-awan mulai berputar ngebentuk spiral. Ketika nyampe puncaknya, tiba-tiba terlihat muka ayahnya SHUICHI di langit diantara awan-awan yang ngebentuk spiral itu.

Kejadian ini kemudian mulai menyebar ke seluruh kota dan satu persatu orang-orang dikota mulai ikut terjangkit demam spiral ini.

Ada KATAYAMA, siswa yang cuma dateng ke sekolah kalo lagi ujan dan jalannya kayak siput. Ditambah lagi beberapa siswa di badannya mulai tumbuh kayak bentuk siput dan jadi suka minum air putih banyak, plus manjat dinding sekolah kayak siput.

Ibunya SHUICHI yang dirawat di rumah sakit setelah kematian suaminya, mengalami depresi dan jadi phobia sama yang namanya spiral. Mulai bentuk rambut, sampe sidik jari. Karena itu dia motong sidik jarinya sampe terkelupas. Ngga berhenti disitu aja, ibunya SHUICHI ini juga dihantui sama suaminya yang bilang bahwa sebenernya ada bentuk spiral di dalam tubuh kita, dan itu ada di gendang telinga kita. Akhirnya ibu SHUICHI ini nekat nusuk telinganya sendiri, dan akhirnya dia meninggal.

Satu persatu kemudian banyak yang meninggal dengan aneh dikota ini. mulai dari satu temen KIRIE yang terobsesi sama dia yang akhirnya meninggal ketabrak mobil, sampe guru sekolahnya yang jatuh dari tingkat atas sekolah. Semua kejadian ini ninggalin tanda-tanda berbentuk spiral. Ada juga satu siswi yang terkenal di sekolahnya meninggal tercekek rambutnya sendiri yang berubah jadi bentuk spiral.

Puncaknya adalah ketika SHUICHI ternyata terkena juga wabah spiral ini dan berubah bentuk jadi seperti spiral. Kakinya berubah jadi panjang dan bisa berputar melingkar sampe berkali-kali. Badannya juga sama. SHUICHI kemudian mengejar-ngejar KIRIE yang masih selamat dan bermaksud ngerubahnya jadi spiral juga.

UZUMAKI ini film horor yang bukan nakut-nakutin yang nonton dengan jenis setan atau hantu. Adegan-adegannya lebih ke arah thriller, dan banyak adegan yang bikin mual. Kayak adegan otak pecah terus adegan ketabrak mobil, belum lagi pas orang-orangnya berubah jadi spiral. Ukh..! bikin mual deh. Disaranin seeh jangan nonton film ini sambil makan. Ngemil aja tetep enek koq..

Endingnya sendiri gimana..? kayak film horor lainnya, ending film ini ngga jelas dan nggantung. Ngga diceritain gimana kelanjutannya si KIRIE ini, apalagi kota KUROUZU-nya. Endingnya sendiri emang beda dari versi manganya. Karena pas film ini dibuat, manganya emang belum selesai ditulis.

Pokoknya buat yang suka film model kayak gini, bolehlah ditonton. Atau kalo ngga suka, setidaknya soundtrack film ini keren banget. Yang ngisi soundtracknya sendiri adalah Do As Invinity, dan mereka nyumbangin lagu RAVEN yang emang rada horor nuansanya ya. Cocok banget sama mood filmnya sendiri.

Cari deh: UZUMAKI, terus buktiin sendiri.. :)

Tidak ada komentar: