Selasa, 29 April 2008

TAIYOU NO UTA (MIDNIGHT SUN)

Buat yang ngga suka sama film Jepang, mesti nonton film ini dulu.

Ini adalah film pertama YUI (yang aslinya adalah musisi) yang dirilis tahun 2006 sekaligus debut pertamanya di layar lebar. Film ini sempet diputer di festival film Cannes di Paris. Di film ini YUI kayak berakting menjadi dirinya sendiri, karena sosok yang dimainin adalah anak sekolah yang baru aja jadi remaja, pas banget sama umur YUI ketika maen film ini, yang juga baru berumur 16 tahun.

Filmnya sendiri nyeritain tentang seorang gadis yang bernama KAORU AMANE, yang diperanin sama YUI, yang kena penyakit langka bernama XP (seroderma pigmentosum), yaitu penyakit yang bikin penderitanya ngga boleh terkena sinar matahari, kalo ngga, dia bakal meninggal. Keadaannya bikin dia Cuma bisa keluar malam. KAORU ini adalah seorang musisi jalanan, walaupun secara diam-diam. Dia tinggal bersama kedua orang tuanya yang sangat sayang sama dia. KAORU juga punya seorang cowok yang diem-diem di taksirnya, namanya KOUJI FUJISHIRO, seorang cowok yang selalu diamatin dari kamarnya. KOUJI ini adalah anak sma yang ngga terlalu cakep, cenderung bodoh, dan ga pernah berpikiran panjang, tapi punya hobi surfing. Disinilah cerita ini dimulai.

Setiap malam, KAORI selalu pergi keluar rumah buat main gitar dan nyanyi di sebuah taman kota. Dia selalu duduk sendiri di tengah taman, dengan satu buah lilin, dan mulai nyanyiin lagunya sendiri. Dia selalu nyanyiin lirik lagu yang bener-bener nggambarin keadaan dia sekarang. Gimana perasaan dia yang kadang sendiri, sepi, dan tentang arti hidup itu sendiri.

Suatu saat, pas KAORI sama sahabatnya lagi nyanyi di taman, KOUJI lewat, dan ini bikin KAORI ngga bisa ngelepasin pandangannya sampe akhirnya si KOUJI ilang dari pandangan. Penasaran, KAORI nekat lari nyusul KAOJI dan tiba-tiba dia nabrak KAOJI sampe jatoh. Lucunya, KAORI bukannya minta maaf, tapi langsung ngenalin diri, dan nyeroco ngga jelas, sampe nyebutin makanan kesukaannya apa.

Abis peristiwa itu, KAORI makin penasaran sama KOUJI, dan akhirnya ngutus sahabatnya buat ngintilin KOUJI di sekolah. Sampe suatu saat, pas KAORI mau pulang abis dari taman, ngga sengaja KOUJI lewat dan berhenti pas KAORI lagi nyanyi di bangku deket rumahnya. Dari sini mereka kemudian kenal, jalan bareng, sampe akhirnya mutusin buat pacaran.

Suatu hari KOUJI ngajak KAORI buat jalan-jalan, sampe lupa waktu. KAORI ngga boleh pulang lewat dari jam 4 pagi, karena matahari bakal terbit, dan bisa-bisa KAORI meninggal kalo sampe kena cahaya matahari. KOUJI yang belum ngerti apa-apa, Cuma bengong ngeliat KAORI tiba-tiba lari. Akhirnya dia nyusulin KAORI dan nganterin pulang. Tapi itu ga gampang, karena dia harus balapan sama matahari.

Sejak peristiwa itu, KOUJI mulai ngerti apa yang terjadi. Sayangnya, KAORI malah mutusin buat ngga mau ketemu lagi sama KOUJI. Karena menurut dia, orang seperti dirinya ngga mungkin bisa hidup dengan orang yang disukainya.

Mulai dari sini KAORI menjauh, tapi justru itu yang bikin semangat hidupnya ilang. KAORI jadi ngga pernah nyanyi lagi. Orang tua-nya akhirnya mutusin buat nemuin KOUJI dengan KAORI, karena mereka tahu Cuma KOUJI yang bisa ngembaliin semangat hidup anaknya.

KOUJI kemudian ngejanjiin KAORI buat rekaman. biar bisa ngebayarin, KOUJI rela buat kerja paruh waktu. Ngeliat ini, KAORI mulai tumbuh lagi semangat hidupnya. Sayangnya, penyakit XP-nya udah mulai parah, dan udah mulai nyerang syaraf. Sebelum tambah parah, KAORI akhirnya rekaman lagu ciptaannya sendiri, dan ngelakuin hal yang paling diinginin, pergi ke pantai. Walaupun make baju khusus, KAORI udah seneng banget. Ngga berapa lama setelah itu, KAORI akhirnya meninggal. Peti matinya diisi penuh sama bunga matahari. Semua orang sedih ketika KAORI meninggal. Lebih sedih lagi, ketika akhirnya lagu yang direkam KAORI sebelum meninggal udah bisa didengerin sama semua orang lewat radio. Semua orang yang kenal KAORI ketika denger lagu ini, pasti bakal inget sama perjuangan hidup KAORI ketika bertahan melawan penyakitnya, dan semangat hidupnya lewat musik.

Film ini menurtku seeh inspiring banget ya. Ngeliat gimana perjuangan KAORI dan mungkin bisa jadi gambaran gimana kehidupan orang-orang yang juga kena penyakit ini. penyakit XP ini emang beneran ada, dan sampe sekarang belum di temuin obatnya. Penyakit ini juga langka banget. Cuma sedikit orang di dunia ini yang ngidap penyakit ini.

Sebenernya ada satu lagi versi film ini, yang diperanin sama ERIKA SAWAJIRI. Versi doramanya. Tapi menurutku, versi YUI ini yang lebih bagus. Selain akting YUI yang natural banget, ditambah YUI yang emang aslinya adalah penyanyi, bikin lagu-lagu yang dimainin kena banget. Karena emang semua lagu yang dimainin adalah lagu ciptaan YUI, dan score musik di film ini dibikin sama YUI. Harus diinget, ketika YUI main di film ini, dia baru berumur 16 tahun, it means, lagu yang diciptain, dinyanyiin, dan dimainin adalah ciptaannya ketika dia berumur 16 tahun.

Best scene adalah ketika si KOUJI ngajakin KAORI buat jalan-jalan ke kota, dan akhirnya dia main gitar dan nyanyi sendirian di salah satu tembok jalan. Lama-lama yang nonton banyak, dan tiba-tiba ada pengamen jalanan lain yang gabung dan bikin musik yang dimainin jadi lengkap full band. Agak ngayal seeh sebenernya, mana bisa orang yang belum pernah ketemu tiba-tiba ngejam lagu ciptaan sendiri, dan jadinya musik full version yang bagus. Tapi ga pa pa lah. Namanya juga film.

Best scene lainnya adalah ketika KAORI harus balapan sama matahari pas dia telat pulang. Jarak yang cukup jauh dari rumah, bikin lumayan deg-deg-an.pas mau nyampe depan rumah, KAORI sempet kena cahaya matahari pas di mukanya. Sempet nahan napas sebentar pas adegan ini. ditambah lagi score musik yang sedih dan bikin tegang.

Lainnya adalah adegan ketika ayahnya KAORI ini nangis pas tau umur anaknya itu Cuma sebentar lagi. Awalnya dia marah sama dokter, dan akhirnya dia nangis senangis-nangisnya. Biasanya sosok Ibu yang digambarin kayak gini, tapi ini adalah Ayah, yang jarang banget diliatin punya perasaan kayak gini.

Best scene terakhir adalah ketika KAORI akhirnya meninggal, dan semua orang abis itu bisa dengerin lagu yang sempet direkam sebelum KAORI meninggal. Digambarin semua orang yang kenal KAORI langsung sedih tapi tambah semangat pas inget gimana sosok KAORI yang semangat buat bertahan hidup dan keinginannya buat tetep bermain musik dan nyanyi. Apalagi digambarin si KOUJI yang udah berpenampilan lebih dewasa, dan dia ngedengerin lagu itu dari headphone sambil ngeliat ke kamar dimana biasanya KAORI ngeliatin dia.

BEST MOVIE LAH POKOKNYA..!!

Tidak ada komentar: