Selasa, 29 April 2008

KEMANA A.T. MAHMUD, PAPA T. BOB, DAN TITIEK PUSPA..?

Coba di cek deh kalo yang punya adik masih kecil, atau ponakan yang masih belum 5 tahun, mereka paling sering (suka) nyanyi lagu apa? Pasti bukan lagu bintang kecil, topi saya bundar, atau pelangi-pelangi kan? Ngga tau mereka emang ngga suka atau emang jaman udah berubah, lagu-lagu yang di nyanyiin anak-anak kecil sekarang tuh pasti kebanyakan sama dengan lagu yang kita dengerin juga. ngga heran kan kalo sekarang denger anak umur 5 tahun nyanyi lagunya ungu? Bahkan st12, atau radja malah? Ckckck.. apa ini bener ya?

Anak kecil sekarang bukan “anak-anak” sebagaimana ‘kodrat’-nya. Anak-anak udah jadi komoditas buat bisnis. Ok, dari dulu emang udah ada kayak gini, tapi mungkin sekarang lebih eksploitatif lagi kalo ngga mau dibilang kelewatan. Coba tonton deh acara-acara audisi yang ngelibatin anak kecil? Kalo aku seeh Cuma bisa ngelus dada aja ngeliatnya. Pertama, lagu yang dinyanyiin tuh bukan lagu buat anak kecil. Kebayang donk anak 10 tahun nyanyi lagunya anggun? Atau bahkan nyanyi lagunya nidji? Walah, walah.. apa apaan ini ya? Dan parahnya lagi, ‘orang-orang dewasa’ yang ada di acara itu kayaknya ngga sadar atau emang sengaja ngga mau sadar ngeliat hal kayak gini. Bahkan komentatornya pun malah muji-muji semua pesertanya. Duh, gusti!!

Belon lagi tampilan anak-anak yang mentas, ngga kayak anak-anak lagi yang lucu, imut, atau nggemesin. Tampilan mereka ngga beda jauh sama anak-anak abg sekarang. Rambut mohawk, atau polem bahkan. Cewek-nya pake baju yang backless, atau imej sexy sekalian. Ini kayak dandanan orang dewasa di pake sama anak kecil. Apa coba maksudnya ini semua?!

Udah gitu, ngga Cuma sampe disitu aja, anak-anak kecil kita ini dirusak sama tv, secara ngga langsung, mereka di ajarin buat hidup konsumtif. Lewat apa? Apalagi kalo bukan lewat sms. Tiap ada acara kayak gini, ngga mungkin stasiun tv ngelewatin fasilitas sms, karena untungnya emang gede banget. Tapi buat anak-anak? Secara ngga sadar, mereka disuruh buat ngebelanjain uang orang tuanya dengan lebih cepet, dan ngga keliatan buat apa. Gimana ngga cepet habis itu uang orang tua mereka? Mungkin kalo jaman kita dulu, minta jajan buat beli batagor, anak sekarang minta uang buat beli pulsa biar bisa sms ‘idola’ mereka di tv. God damn!! Dan apa untungnya mereka ngelakuin hal itu? Ngga ada kan, selain rasa kepuasan sesaat..

Ini juga parah neeh. Di global tv, ada acara kuis namanya ‘dimana gary?’. Awalnya aku pikir ini acara lepasan dari spongebob (yang sebenernya bukan tontonan buat anak-anak, karena penuh sama ajaran kapitalis dan konsumerisme), tapi ternyata ini adalah (lagi-lagi) acara kuis yang pastinya pake sms. Jadi acara ini muncul di sela-sela iklan di acara kartun yang lagi ditayangin di global tv. Tiba-tiba ada insert acara ini yang minta buat nebak dimana gary? Jawaban di kirim lewat sms, yang ngga mungkin ngga, bertarif premium (Rp. 2000). Bayangin anak yang masih polos, ngeliat itu, dan jawabannya gampang banget, pasti langsung ngambil hp dan sms. Lebih parahnya lagi, hadiahnya Cuma “menarik”, ngga di kasih tau apa persisnya! Busyet deh! Apa-apaan ini? ini bukannya pembodohan ya??!!

Satu lagi contoh anak-anak udah jadi komoditas. Satu kali pernah liat iklan cagub mana gitu yang pake juara pildacil. Udah pildacil itu juga bentuk komoditas dari agama dan anak-anak, eh, sekarang di manfaatin juga sama orang-orang tua itu buat jadi iklan mereka? Emangnya anak-anak itu ngerti apa maksudnya? Jelas, ini Cuma buat jadi daya tarik aja. Ngasih pengaruh politik lewat anak-anak yang nonton karena ada idola pildacil mereka di tv, buat di terusin ke orang tua mereka. Gampangnya, anak-anak bakal bilang gini, “Mah, pilih bapak itu aja.. kata juara pildacil mereka bagus lho..” bullshit banget ini!! orang-orang itu pada ngga punya otak apa ya? Atau, jangan-jangan mereka ngga tau kalo iklannya bakal kayak gitu, karena itu urusan tim suksesnya mereka? Apapun itu, pemimpin itu seharusnya tau apa yang baik buat rakyat. Tapi katanya neeh, di indonesia itu belum ada pemimpin, yang ada Cuma pemerintah..

Dariitu semua, jadi kebayang, bakalan gimana lagi ya kalo kita nanti udah punya anak..? bakal tambah parah segimana lagi dunia ini? mungkin udah ngga ada lagi anak-anak yang tau lagu naik-naik ke puncak gunung, atau lagu kancil. Udah di kubur aja itu yang namanya unyil, susan, si komo.. duh, gusti..

jadi, kemana seeh sekarang yang namanya A.T. Mahmud, Papa T. Bob, dan Titiek Puspa..??

Tidak ada komentar: