Selasa, 29 April 2008

KAPAN TERAKHIR NONTON BERITA DI TV..??

Buat sebagian orang, tv mungkin udah bukan barang wajib yang di tonton lagi ya? Namanya udah jaman kayak gini, yang serba internet dan maya, jadi tv itu kayak selingan aja kalo udah nyampe di rumah, yang kebetulan juga ngga ada jaringan internetnya. Katanya seeh ada survey yang bilang bahwa sebagian besar anak muda di amerika sana tuh kebanyakan dapet akses berita apapun di dunia ini dari internet, khususnya lewat blog. Nah lho? Apa kabar tv ya..? apalagi kalo ngomongin tv di indonesia yang kayaknya udah ada jam-jam khusus sinetron, acara audisi, atau gosip. Yang pastinya mentingin penampilan dan rating.

Tapi kalo di perhatiin neeh, agak kecewa juga ketika stasiun tv yang punya acara berita juga mulai kena demam ini neeh. Image building, atau pencitraan. Boleh di bilang kalo di rumah, acara berita yang paling wajib di tonton adalah liputan 6-nya sctv. Kenapa? Karena menurutku, liputan 6 bolehlah ya ke objektifannya. Dia punya “kepribadian” sendiri dalam menyampaikan berita, walaupun tetep berpihak, dan kebanyakan adalah berita pilitik. Ini salah satu alasannya kenapa setia banget sama liputan 6. dibanding stasiun televisi lain, misalnya trans tv, yang doyan banget ngeliput berita-berita yang isinya melululu kekerasan. Coba deh kalo ada berita tentang penggusuran atau tawuran mahasiswa, di jamin trans tv bakalan jadiin headline beritanya. Trans tv ini juga suka banget mengekspos hal-hal kayak gitu, dan malesnya neeh, ujung-ujungnya pasti berita tentang makanan, bondan winarno oriented banget lah. Tv-tv lain kira-kira sama lah ya.

Liputan 6 akhirnya jadi pilihan terakhir, tapi itu dulu, sekarang, setelah mereka pindah studio ke senayan city, yang mall super mahal itu, agak-agak kecewa juga liatnya. Pertama, beritanya emang ngga berubah, tapi tampilan presenter dan cara penyampaiannya itu lho yang bikin gerah. Mereka syuting dari senayan city langsung, mending kalo di studio khusus, ini ngga, kadang di food court-nya, kadang di depan toko-toko yang mewah itu. Emang apa salahnya? Ngga salah seeh.. cuman ya itu tadi, jenis beritanya ngga berubah, akhirnya ketika nyampein berita tentang kelaparan atau anak mati karena kurang makan, tapi background-nya orang-orang lagi makan, kalo ngga di belakangnya toko perhiasan. Ironis banget kan??

Keliatan banget kalo belakangan ini liputan 6 tuh pamer sama tampilan barunya. Ini emang bagus kalo di liat dari sisi media, liputan 6 bisa show off ke stasiun lainnya soal ini. tapi ya itu tadi, resikonya mereka jadi kayak bukan media news, tapi jadi kayak tontonan hiburan sambil promosiin senayan city-nya. Ini mungkin emang perjanjian mereka sama senayan city-nya. Tapi, yah masa se-ironis itu seeh? Jadi jengah ngeliatnya.

Sekarang mending tau dunia dari internet aja deh.. ngga usah liat berita di tv aja.. boleh lah ya nonton metro sekali-kali.. sisanya? Baca blog aja kali ya kayak anak-anak di amerika sana. Ini malah bagus menurutku, bisa ningkatin minat baca di anak-anak muda. Ketika sekarang budaya baca udah mulai ganti sama budaya nonton. Jangan-jangan ntar semua anak kecil jadi males baca, gara-gara kesenengan nonton tv. Walah, walah..

Tetep deh.. ternyata jadi idealis di dunia yang kayak sekarang ini susye ya? Atau.. jangan-jangan yang idealis itu adalah yang pragmatis.. nah lho?! Makin blunder aja dunia jaman sekarang ini..

Tidak ada komentar: