Selasa, 29 April 2008

SUKA NONTON PAMERAN LUKISAN..?

Kemarin iseng-iseng dateng ke pembukaan pameran lukisan di Taman Budaya Yogyakarta. Ada pameran tunggal lukisan NURAENI HENDRA GUNAWAN. Belum pernah denger kan? Sama berarti. Kalo diliat profil yang ada di booklet yang dibagiin pas masuk, Ibu paruh baya ini katanya belajar ngelukis dari almarhum suaminya, dan abis itu belajar sendiri, otodidak, alias ngga pernah belajar secara formal. Tapi dia udah mulai ngelukis dari sekitar akhir tahun 60-an. Seharusnya seeh udah banyak ya lukisannya.

Sejujurnya, kenapa tertarik buat dateng ke acara ini? karena judul acaranya adalah, “Panggil Aku Perempuan”. Menarik banget kan? Setidaknya yang ada dibayangan adalah pameran lukisan seorang perempuan, yang mungkin aja feminis, dan siapa tau lukisannya provokatif semua.

Pas dateng kirain salah tempat, abis acaranya mirip banget sama orang mantenan. Banyak orang yang dateng, udah gitu ada pemain musiknya, full band keroncong. Ada tukan sate, wedang ronde, sama bakmi jawa. Nah lho, jarang-jarang kan ada acara opening pameran kayak gini? Ternyata ngga salah tempat. Ngga berapa lama abis pembukaaan dan segala macemnya, ruangan pameran dibuka, dan pengunjung boleh masuk. Tapi ternyata, ngga semua orang masuk ke ruangan pameran, sebagian malah ada yang langsung nyamperin tukan makanannya dan ngantri. Oh baru ngeh, ternyata yang dateng ngga semuanya penikmat lukisan, tapi food hunter. Ok, ngga masalah ya.

Akhirnya masuk ke ruang pameran, banyak lukisan di pajang berjejer. Kebanyakan nggambari sosok perempuan dalam warna-warni. Mostly nyeritain tentang wanita dan pekerjaannya. Ada juga sosok keluarga. Selain itu juga ada lukisan tentang pemandangan dan budaya banten. Pelukis emang kelahiran Banten, dan beberapa lukisan ada yang dikasih ilustrasi dengan menggunakan bahasa Sunda. Tapi sayangnya, ternyata tipe-tipe lukisannya ngga ada yang provokatif tuh. Malah Cuma deskriptif aja. Ngegambarin gimana sosok perempuan yang bekerja (petani atau nelayan), perempuan dengan anak-anaknya. Sosok perempuan di lukisannya juga model-model orang jaman dulu yang berkebaya dan ngga beralas kaki.

Ngga ada provokasi apapun di lukisannya. Tapi ngga salah juga koq. Mungkin aku aja yang salah persepsi ketika baca judul pameran ini. atau juga, mungkin pelukis bermaksud menggugat secara ‘halus’ peran wanita lewat lukisannya. Ngga tau juga, akhirnya terserah yang mau liat deh mau berperspektif kayak apa. Akhirnya pameran lukisan ini hanya sekedar pameran lukisan. Mungkin ngga ada pesan tertentu yang kebawa sama yang dateng.

Yang seru malah ngeliat anak-anak muda yang berpenampilan kayak anak mapala (ngga tau mereka mapala atau bukan ya, pokoknya stereotipe-nya kayak gitu), ngambilin makanan yang juga disediain di dalem, dan dimasukin ke tas. Hehehe.. segitunya ya kehidupan anak mapala? Sampe harus ngambilin makanan? Lucu aja ngeliat tingkah mereka.

Tapi bolehlah strategi panitia pameran lukisan ini, setidaknya rame yang dateng. Walaupun mungkin bukan tertarik sama lukisan yang dibuat, tapi lebih tertarik sama sate ayam, wedang ronde, dan bakmi jawa-nya.

Tidak ada komentar: