Selasa, 29 April 2008

NGEROKOK: TO BE OR NOT TO BE

Ini sebenernya berawal dari pengalaman sendiri seeh ya.. jadi pernah suatu kali aku ada kejadian kayak gini..

Waktu itu lagi nonton film perempuan punya cerita di sebuah tempat yang bukan bioskop bukan coffeshop.. karena itu nontonnya gratis jadi ya kayak nonton bareng di sebuah ruangan y ngga terlalu besar.. dan pastinya ruangannya tertutup.. ngga ada ventilasinya.. Cuma ada dua kipas angin aja di ujung belakang.. dengan penonton y jumlahnya puluhan.. bisa kebayangkan suasananya kayak apa.. walaupun di luar lagi hujan, tapi tetep aja.. pengap banget rasanya.. itu aja aku udah ada di depan kipas anginnya.. itu aja masih berasa seseknya.. tapi ya mau gimana lagi? Namanya juga gratisan.. dan filmnya Cuma sekali itu d puter.. akhirnya nonton lah.. eh tiba-tiba.. d tengah-tengah film gitu.. suasana y makin pengap.. cess.. ada y nyalain korek, dan.. fuhh.. dya nyalain rokok.. dan dengan enaknya ngisep itu rokok d tengah suasana y ngga ada oksigen segernya.. busyet?!! Emang seeh ruangannya ngga ber-ac.. tapi apa iya d suatu suasana kayak gitu, dya bisa ngerokok dengan enaknya? Walaupun orang d sekelilingnya pada ngeliatin dya.. orangnya seeh cuek aja.. dan, tambah kebayangkan gimana rasanya udara d ruangan itu? God! Emang ngga bisa ya nahan ngerokok sampe filmnya abis? Atau mending ngerokok d luar aja deh..

Ngga Cuma itu..

Ini waktu aku lagi d travel buat perjalanan sekitar 4 jam.. duduk paling belakang deket pintu.. dan d sebelah ada 2 orang cowok lagi.. travelnya ngga pake ac.. jadi jendela emang d buka sedikit.. awalnya seeh lancar2 aja ya.. tidur.. bangun.. tidur.. nah, abis berhenti d tempat makan.. kita berangkat lagi.. n guess what?! 2 cowok itu ngerokok d dalem travel! Busyet deh.. emang seeh, mungkin mereka abis makan.. dan katanya kalo abis makan ngga ngerokok ngga enak rasanya.. so what d deal gitu? Y deket jendela masih mending seeh ya bisa langsung ngebuang asepnya k luar.. lha, y d tengah? Aduh.. bener2 deh.. god?! Lagi-lagi.. emang ngga bisa nahan ya buat ngga ngerokok? Kenapa ngga d abisin aja pas d luar tadi.. atau kalo ga sempet, kenapa ngga d buang aja rokoknya.. atau kalo sayang, d matiin dulu aja rokoknya, terus d simpen deh..

Jadi mikir..

Orang y ngerokok itu pernah mikirin orang lain d sekitarnya y ngga ngerokok ngga ya? Ok.. tiap orang punya hak masing-masing.. y ngerokok punya hak buat ngerokok.. dan y ngga ngerokok juga punya hak donk ya buat nikmatin udara seger..? orang y ngerokok ngga akan dapet efek apa2 akan kalo ada d sebelah orang y ngga ngerokok.. tapi sebaliknya, orang y ngga ngerokok pasti dapet asep rokok dari y ngerokok itu kan?

Ada hubungannya ngga ya, tingkat pendidikan sama sikap seorang perokok.. dalam arti gini.. dia tau d mana dia bisa ngerokok (atau boleh ngerokok).. jadi ngga ngerokok ketika dia ada d ujung paling belakang angkot.. d dalemnya penuh orang.. dan ujan gede d luar.. ugh?! Berasa banget kan tuh rasanya..

Jadi..

Ngerokok atau ngga itu pilihan.. tapi setiap orang berhak nikmatin udara sehat kan.. dan ngga ada y berhak kan buat ngotorin udara..??

Tidak ada komentar: