Selasa, 29 April 2008

PERNAH KE BANJARNEGARA..?

Banjarnegara itu kota kecil setelah wonosobo sebelum purwokerto kalo dari jogja.. nah lho, bingung kan? Hehehe.. cari aja deh di peta ada koq.. y jelas, ini emang kota kecil, y bener2 enak banget buat liburan.. sepi.. ngga terlalu padet sama kendaraan.. dan banyak gadis desanya, hehehe.. sawah2 juga banyak.. pokoknya kalo mo narik napas dalem2 masih bisa koq, ga usah takut keselek asep knalpot.. udaranya juga masih dingin, apalagi kalo malem.. tambah dingin aja.. selaen tambah sepi.. jam9 k atas tuh kayaknya udah ngga ada orang y keliaran.. sepi banget.. banyak jangkrik malah.. dan, namanya jalan2, ngga mungkin kan kalo ngga wisata kuliner.. dan buat y punya lidah jawa.. atau minimal suka sama masakan jawa, ngga boleh ngelewatin makanan-makanan ini..

Khasnya banjarnegara, dan kota-kota d jawa, adalah mendoan.. ini semacam tempe tepung gitu.. tapi y d pake adalah tempe undeg kalo bahasa sananya.. jadi tempe y belum sepenuhnya jadi tempe.. rasanya empuk hampir mirip tahu, tapi tetep berasa kedelainya.. mungkin banyak ya tempe kayak gini d tempat lain.. tapi kalo mendoan banjarnegara emang ngga ada duanya.. tepungnya itu tebel, dan biasanya bentuknya ngga terlalu besar.. banyak daun bawangnya.. rahasianya ternyata.. tepung terigunya mesti merk segitiga.. dan d kasih sedikit tambahan aci.. rasanya? Hmmn.. bikin ngga mau cepet2 nelen.. karena masih pengen ngerasain rasa mendoannya.. dan jangan heran kalo sehari bisa makan mendoan banyak banget.. apalagi kalo rajin namu.. d jamin suguhan mendoan sama teh manis anget itu jadi menu wajib.. :9

Abis makan mendoan y jenis cemilan.. harus d cobain juga y namanya soto banjarnegara.. ini soto y beda sama soto sukaraja.. y emang tetanggaan.. kalo soto sukaraja itu bening.. nah soto banjarnegara ini adalah soto y bersantan.. kekuatan utama makanan ini adalah dari kuahnya y kentel banget sama rasa bumbunya.. padet banget deh rasanya.. gurih, dan ngga terlalu asin.. warna kuahnya cokelat dan berminyak.. makannya pake ketupat (bukan lontong), trus d tambahin toge, sama irisan daging sapi.. daging y d iris tipis, dan daging y emang empuk, jadi bikin ngga susah makannya.. apalagi ketupatnya y mateng dan bener2 jadi, bikin ketupatnya gampang digigit.. lebih enak lagi kalo pake sambal cabe y udah d halusin.. cabe bajarnegara emang terkenal pedes banget.. ukurannya ngga nyampe satu ruas kelingking, tapi pedesnya bisa nyampe ke kuping.. fhuh!! D campur pake sambel itu, dan d kasih sedikit kecap, d aduk.. d jamin deh, kuahnya jadi makin nyegrak rasanya.. y pasti, ada temennya juga kalo makan soto ini.. apalagi kalo bukan tempe mendoan y pasti selalu d sediain.. soto banjarnegara ini emang sedikit porsinya, jadi ngga usah takut kalo mesti nambah tiap makan.. :9

Terakhir.. kalo ke kota ini mesti ngerasain y namanya sate ayam kampung.. yup! Bener ayam kampung.. karena itu sensasi makannya jadi beda banget sama sate ayam madura.. satu tusukan emang kecil-kecil.. dan daging semua.. tapi rasanya manis karena udah d masak dan d bumbuin duluan jadi setengah mateng.. karena daging kampung, jadi memang agak keras, dan butuh sedikit tenaga buat ngunyahnya.. tapi ini y bikin tambah enak.. selain ayam kampung emang enak.. selama ngegigit dagingnya, bumbu dan rasa manis dagingnya jadi lebih berasa di lidah.. ini juga kebantu sama bumbu kacangnya y spesial buatan banjarnegara.. bumbu kacangnya lebih halus dan lebih encer di banding bumbu sate madura.. warnanya pun lebih muda di banding bumbu sate biasa.. y pasti, ada satu rasa y bikin dia khas, tapi sayangnya ngga tau apa.. rahasia perusahaan kayaknya, hehehe.. dan bumbu ini juga d pake buat ngebakar satenya.. jadi double rasa.. udah dari bumbu y ada d daging y d masak duluan.. sama ketika bumbu ketika proses pembakaran.. makannya pake ketupat.. kalo pake nasi.. kurang cocok rasanya.. lebih enak kalo makan d tempat.. masih anget.. tapi y paling spesial menurutku dan mungkin ngga ada d tempat lain adalah.. sate brutu.. iya, brutu atau pantat ayam itu.. tapi y d sate itu emang bagian pantat seutuhnya.. bukan Cuma ujungnya doank.. jadi bagian brutu itu d jembrengin (ngga tau lagi istilahnya apa) dan di gepengin trus d tusuk sama beberapa tusuk sate biar ga jatoh.. proses pembakarannya sama.. tapi karena mungkin ini brutu ya, jadi banyak banget bagian kulit dan lemaknya.. slurp..!! apalagi kalo udah d bakar, jadi bagian kulitnya agak2 gosong.. dan jadi crispy.. hmmn, spesialnya, ada tulang ekor y bisa d gerogotin kayak kita makan iga sapi.. itu semua d campur bumbu kacang y pedes.. wah, enak banget!!

So.. maen2 lah ya ke banjarnegara.. 4 jam dari jogja kalo siang naek mobil.. masih ada makanan khasnya y laen.. ada juga dawet y emang bener2 asli banjarnegara..

Ayo makan enak!

1 komentar:

Goodgrade mengatakan...

Soto Banjarnegara terbuat dari kuah santan yang sangat pekat. Bisa minta jeroan saja atau daging.
Saat pulang ke Banjarnegara lagi, aku kembali mencicipi soto buatan keluarga "Mad Usup" Krandegan. Masih enak, cuma santannya tak sekental dulu di tahun 1960 - 1970.
Di tahun itu, orang yang makan soto terlihat ramping walaupun kuah nya kental.Nenek ku, kakekku, ibu, bapak, pak de, bu lik melahap soto kental, jeroan gak ada yang takut dengan kolesterol dan lemak jenuh.
Sekarang yang makan di situ bajunya rapi, tapi banyak yang gendut. Mereka takut makan santan yang memang lemak jenuh nya lebih tinggi dari 50%.Takut kolesterol karena sotonya banyak jeroannya.
Jaman dulu tak ada isu kolesterol,lemak jenuh tetapi orangnya ramping.