Selasa, 29 April 2008

PERNAH KEPIKIRAN JADI WARIA..?

Sampe sekarang masih yakin banget kalo Tuhan itu nyiptain manusia dalam dua jenis: laki-laki dan perempuan, atau perempuan dan laki-laki (biar ga dianggep bias gender). Kalopun akhirnya ada yang namanya waria, banci, shemale, atau apapun itu namanya, satu makhluk yang katanya ada di antara garis laki-laki dan perempuan, itu pasti bukan ciptaan Tuhan, tapi ciptaan manusia.

Sebenernya agak prihatin kalo liat keadaan zaman sekarang ini, apalagi kalo lagi nonton tv (tuh kan, lagi-lagi tv). Coba diperhatiin di tiap cerita sinetron, pasti ada aja deh karakter banci yang muncul. Bahkan kebanyakan presenter laki-laki yang lagi in banget sekarang adalah tipe laki-laki yang kemayu, keperempuanan, atau lenje sekalian. Coba diperhatiin lagi kalo nonton tv. Ada beberapa taraf laki-laki yang kayak gini ini. mulai dari yang Cuma sok-sok kemayu, kemayu beneran, sampe akhirnya banci sekalian. Sayangnya, penonton suka banget sama yang kayak gini. Akhirnya, terciptalah pasar buat makhluk entah pria bukan wanita ini.

Kenapa ya sampe ada yang namanya waria? Mungkin ini adalah kesalahan proses internalisasi pada orang itu sendiri. Nilai-nilai laki-laki yang ditanemin dari kecil sama lingkungan keluarganya kurang berhasil sampai akhirnya dia nemuin nilai-nilai lain yang dirasa lebih cocok buat dirinya, ya nilai-nilai sebagai banci itu.

Mungkin juga ini adalah salah satu efek sosialisasi. Maksudnya gini, ada ngga seeh seseorang yang mutusin buat jadi waria dengan tiba-tiba? Ujug-ujug aja gitu ada pikiran, “Wah, kayaknya waria itu lebih cocok buat keadaanku sekarang?” aku pikir seeh ngga. Menjadi waria itu mungkin adalah sebuah proses yang pastinya butuh waktu. Hasil dari proses ‘melihat’ lingkungan sekitarnya sampe akhirnya mutusin buat merubah dirinya. Mungkin karena lingkungan sekitarnya adalah waria, akhirnya tanpa sadar dia terkena proses internalisasi nilai-nilai waria dari lingkungan sekitarnya, akhirnya terpengaruh deh karena terbiasa, jadi ikutan merubah dirinya.

Atau mungkin ini adalah akibat proses ketidakpuasan diri? Ada yang bilang merasa terkekang dalam tubuh laki-lakinya, padahal di dalamnya adalah perempuan. Mungkin. Tapi gimana dia bisa merasa kayak gitu kalo dia ngga melihat sebelumnya keadaan lingkungannya. Jadi disini mungkin peran lingkungan buat mempengaruhi individu jadi lebih kuat. Mungkin kalo dianalisis pake kacamata Freud, bisa aja ketemu, ini adalah sebuah gangguan jiwa. Tapi kalo jaman sekarang? Makin blunder aja masalah kejati dirian ini.

iya, ujung-ujungnya duit. Harus diakuin kalo sekarang, masyarakat kita lebih menerima yang namanya waria ini. termasuk industri hiburan. Kayaknya ngga seru aja kalo misalnya cerita sinetron kita ngga ada tokoh waria-nya. Kalo presenternya terlalu cowok, jadi butuh yang agak menye-menye sedikit. Ini akhirnya jadi satu alasan lagi kenapa seseorang berubah jadi waria. Karena alasan ekonomi. Industri hiburang emang ngga butuh orang yang biasa-biasa aja. Coba diperhatiin lagi, yang sukses di dunia ini adalah orang-orang yang kalo ngga cakepnya luar biasa, ya jeleknya minta ampun. Nah waria ini bisa jadi alternatif lainnya.

Atau jangan-jangan karena waria mau dibayar murah? Bisa jadi begitu. Disini neeh rawan banget sama yang namanya eksploitasi. Industri hiburan emang berpihak Cuma sama satu kepentingan: uang. Ngga peduli sama yang namanya moralitas atau efek negatif dari sesuatu yang ditampilin, yang penting profit dan popularitas bisa didapet, thats all.

Dan sepertinya tv kita sudah mulai mengeksploitasi jenis manusia yang satu ini. coba tonton acara yang namanya be a man di global tv, baru banget acaranya. Konsepnya sederhana, gimana caranya bikin waria itu jadi cowok sejati lagi. Hmmn, kedengerannya mulia banget ya? Tapi ati-ati neeh. Disini jelas keliatan banget pemanfaatan momen waria ini. bayangin aja, ada sekitar 10 waria atau lebih, yang di ekspos terus di acara ini, di tampilin gimana mereka dapet latihan-latihan supaya bisa jadi laki-laki sejati. Hasilnya? Ngga ada yang lain selain hiburan buat yang nonton. Ketawa-ketiwi ngeliat gimana para banci itu dapet latihan ala militer. Ngga ada salahnya juga seeh, kalo misalnya para banci itu emang seneng di gituin. Makin klop aja kan. Mau dibawa kemana coba negara ini? tontonannya aja kayak gini.

Trus.. jadi waria itu sebuah nasib, takdir, atau malah bahan eksploitasi industri? Bisa jadi semuanya kecuali takdir. Karena masih yakin deh, Tuhan itu ngga pernah nyiptain makhluk yang namanya waria. Kalo pun iya, di ambil dari tulang rusuknya siapa waria ini? campuran Adam sama Hawa? Kan ngga.. lagian, ngga ada deh kayaknya orang yang diciptain terlahir waria. Karena waria itu menurutku bagian dari gender, maksudnya waria itu adalah konsep masyarakat buat seorang laki-laki yang berperilaku seperti layaknya perempuan. Dari segi sex, toh mereka tetep punya penis. Jadi mungkin menjadi waria itu adalah pilihan. Bukan pilihan kayak kita mau milih pake baju apa, tapi lebih ke pilihan yang sengaja dijadikan sebuah option buat kasus kayak gini. Jadi gampangnya, yang nyiptain waria itu adalah manusia, yang ngelakuinnya juga manusia, dan yang membenarkannya juga manusia itu sendiri.

Ati-ati lho, semakin banyak waria ini muncul di tv dengan perilaku mereka yang kayak gitu, ini bisa bikin adanya ‘sosialisasi terselubung’ soal waria ke masyarakat yang nonton. Takutnya seeh efeknya adalah anak-anak. Mereka yang masih polos dan selalu meniru apa yang dilihat tanpa tahu apa maksudnya. Ngga mau kan kalo anak kita nanti, atau minimal ade kita yang masih kecil, tiba-tiba niruin gaya banci di tv dan akhirnya keterusan sampe dia gede? Idiih, jangan sampe ya..

Sejujurnya.. aku masih bisa punya respect sama sebagian kecil orang yang memlih menjadi waria karena dia memang punya kelainan jiwa yang bikin dia ngga nyaman ngejalanin hidup. Tapi buat yang selain itu, kayak yang ikut-ikutan temennya, atau yang karena tuntutan profesi jadi dia harus menjadi waria, atau juga yang malah jadi psk, agak sulit untuk mencari sisi dimana bisa dimaklumi hal kayak gitu.

Agak sedih dan cenderung kasian ketika mereka para waria ini yang sebenernya terjebak dalam kebingungan jati diri dan akhirnya menerima keadaan dengan pasrah malah jadi korban empuk eksploitasi dunia hiburan kita. Parahnya, sekali lagi, masyarakat kita seneng dan menerima hal itu. Jadi sebuah bentuk entertaining yang baru. Ckckck.. jahat banget manusia itu ya? Dia memproduksi keadaan, menyediakan pengisi keadaan itu, dan akhirnya menikmati keadaan yang dibuat. Sisanya? Orang-orang yang ngga punya kekuatan buat menolak itu semua, dan akhirnya terjebak disana.

Buat kamu yang punya temen waria, semoga aja mereka menyadari sepenuhnya pilihan hidup mereka itu..

Tidak ada komentar: