Selasa, 23 September 2008

COMING SOON: LEBARAN

Sempet kaget waktu dateng ke sebuah tempat makan malem-malem. Waktu itu baru (atau udah) jam 10 malem. Pas nanya sama yang punya, “Tutup jam berapa..?” Dijawab, “Jam 11”. Karena emang niat nongkrong, “Ohh.. Lebih dikit ga pa pa ya..??” Dijawab lagi, “Jam 11, Mas.. Soalnya ada F**. Yah. Kita ngehormatin lah bulan Ramadhan. Jadi kita jam 11 udah tutup.”

Wow..

Kata itu yang pertama kali terlintas di otak pas denger jawaban yang punya tempat makan. Jelas-jelas dia mengatasnamakan satu ormas (yang mungkin) Islam, untuk menghormati bulan Ramadhan. Satu ormas yang tambah terkenal gara-gara insiden Monas beberapa bulan yang lalu. Pertanyaannya, apakah si pemilik tempat makan ini masih bakal ‘ngehormatin’ bulan Ramadhan, kalo bukan si F** yang nyuruh..?

Kasihan juga neeh orang Islam. Banyak orang yang ‘terpaksa’ ngehormatin hak orang lain gara-gara ‘takut’ atau ‘ditakut-takutin’. Istilahnya, ngga ikhlas ngelakuin. Daripada kenapa-kenapa, mending turutin aja lah..

Apa iya ini yang dipengenin sama orang Islam yang lagi puasa..? rasa dihormatin karena sedang berpuasa..? tiba-tiba semua orang disekitarnya harus ikutan ngerasain apa yang lagi dia rasain karena berpuasa..? ini malah kebalik dari hakikat puasa itu sendiri. Bukannya puasa bertujuan supaya kita ngerasain apa yang dirasain orang-orang yang memang jarang makan sehari-harinya..? bukan malah sebaliknya..? Aneh..

Makanya..

Apakah penutupan klub-klub malem pas ramadhan itu perlu dilakuin..? lha.. sehari-hari juga ngga pernah kesana, ngapain juga harus ditutup..? kan ngga ada efeknya..

Razia PSK di jalanan pas bulan Ramadhan.. lha, bukannya itu mah udah ada sehari-hari, bahkan dibikin lokalisasi segala..? kenapa harus di razia..? dianggep ngga ngehormatin bulan Ramadhan..? kalo sehari-hari emang ngga pernah ‘jajan’, ya ngga usah khawatir lah..

Apalagi sempet ngangkat alis pas nonton John Pantau di Trans TV. Satu episodenya nyeritain warung-warung makan yang tetep buka siang hari dan ngga pake penutup, dan dianggep ngga ngehormatin orang yang puasa. Lha ini. main hakim sendiri namanya. Kasian juga orang Islam ini. puasanya Cuma sebatas makan dan minum aja ternyata. Bukannya nahan napsu biar ga tergoda sama makanan dan minuman, malah ngilangin godaannya. Dimana serunya puasa kalo gitu..? kalo ngga ada godaan..? he..

Mungkin harus diralat juga tuh ungkapan, “Di bulan Ramadhan ngga ada setan. Karena semua setan udah diiket kenceng di neraka sana.” Salah deh kayaknya. Justru di bulan Ramadhan ini setan dilepas selepas-lepasnya. Banyak banget setan yang ngegoda. Godaan buat makan, minum, dan ngelakuin segala macam napsu yang seharusnya dijaga bener waktu puasa. Tinggal orang yang puasa aja yang pinter-pinter ngejaga hati.

Sampe puasa mau selesai sekarang ini, masih berasa lucu aja kalo kebetulan ada temen atau siapa lah gitu yang minta maaf dulu kalo misalnya mau makan karena dia lagi ngga puasa atau memang ngga diwajibin buat puasa. Kenapa harus minta maaf juga..? salah ya makan kalo lagi ada orang yang puasa disebelahnya..? lucu.

Lebih lucu lagi, minta maafnya Cuma kalo mau makan, tapi kalo ngerokok ngga. Langsung bang bung aja tuh ngepul asepnya. Hhh.. seandainya setiap orang yang mau ngerokok di sekitar orang yang ngga ngerokok minta maaf dulu, bakalan indah dunia ini..

Hal-hal kayak gini malah bikin bulan Ramadhan jadi kehilangan esensinya. Orang jadi mengkultus dan mengsakralkan bulan Ramadhan. Agak sedikit miris, karena terkadang puasa sunah yang dijalanin di luar bulan Ramadhan lebih berarti dan lebih berasa dibanding di bulan Ramadhan itu sendiri. Karena kalo puasa sunah, Cuma kita dan Dia yang tau kalo lagi puasa. Ngga ada orang lain yang harus pura-pura ngehormatin. Ngga perlu sampe di tutup klub-klub malem karena kita lagi puasa. Ngga perlu tempat makan ditutup pake kain kalo siang-siang. Ini malah bikin puasa kita lebih berarti. Bertahan dengan keyakinan kita sendiri tanpa harus meminta orang lain untuk menghormati. Disini bener-bener diuji tuh, sampai dimana level dan komitmen kita sama Dia. Mungkin karena ini juga ya ada puasa Syawal..?? karena Dia tahu, puasa Syawal lebih banyak godaannya..? he..

Bulan Ramadhan kayaknya ‘selesai’ lebih cepet 10 hari. Karena di 10 hari terakhir ini, orang lebih sering ke mall, ke pasar, dan tempat-tempat lainnya buat nyiapin Lebaran (yang Cuma ada di Indonesia). ‘Kemajuan’ shaft solat di masjid udah pasti ada di 10 hari terakhir ini. lagi-lagi bisa bikin makna hari Idul Fitri itu ilang.

Hhh..

Apa emang kayak gini ya siklus tiap bulannya..? mungkin, mungkin.. perjuangan paling berat jadinya bukan nahan makan, minum, atau ngerokok. Tapi nahan sistem yang berlaku setiap bulan Ramadhan. Gimana caranya ngerubah perspektif Ramadhan biar ga jadi sekadar bulan puasa doank..

Tidak ada komentar: