Jumat, 01 Agustus 2008

SAD BUT TRUE


Ada yang bilang aktor terbaik di dunia ini adalah manusia itu sendiri. Bukan Al Pacino, bukan juga Danzel Washington, apalagi Cinta Laura. Tapi aktor terbaik ya kita ini sebagai manusia. Mulai dari tukang becak, sampe presiden, semuanya adalah aktor terbaik, setidaknya buat dia dan lingkungan sekitarnya. Giman ngga..? kadang manusia bisa bersikap beda-beda buat segala macam keperluan. Keperluan buat ngejilat atasan, buat ngebohongin pasangan, bahkan buat dirinya sendiri. Yeah.. manusia emang paling jago ngebohongin dirinya sendiri, walaupun banyak yang bilang, sepinter-pinternya orang ngebohong, ngga bisa yang namanya ngebohongin hatinya sendiri.

Tapi apa yang kita lihat sehari-hari..?

Pejabat-pejabat pemerintah kita paling jago deh kalo urusan akting kayak begini. Didakwa korupsi, bilangnya ngga. Apalagi ditambah tampangnya yang ngedukung banget, ngga mungkin dia korupsi, tapi kenyataannya lama-lama ketauan juga kalo dia ternyata korupsi. Banyak yang ngga nyangka, kalo ternyata orang yang selama ini dikenal sebagai orang yang baik, eh.. ternyata sama aja sama koruptor lainnya. Udah gitu, masih nyangkal lagi kalo dia emang korupsi. Belajar darimana ya pejabat-pejabat kita ini soal akting-akting kayak beginian..? kayaknya waktu tes CPNS ngga ada deh pelajaran soal akting, paling Cuma pengetahuan umum ditambah pengetahuan eksak sama sosial, plus bahasa inggris. Trus darimana mereka ini bisa punya kemampuan akting yang bagus banget, sampe ngga ketauan selama ini..?

Ngga pejabat, ngga orang biasa, bisa juga ditemuin contoh kayak gini.

Banyak pelaku KDRT yang ternyata punya beberapa kepribadian didalem hidupnya. Liat salah satu contohnya aja. Biasanya suami yang ngelakui kekerasan ke istrinya, adalah tipe orang yang punya tekanan besar didirinya dari lingkungan luar. Misalnya aja, di kehidupan kerjanya, si suami ini adalah orang yang dianggep rendahan sama temen-temen lainnya. Dia tipe orang yang loser banget. Dimarahin sama atasan, dan ngga dianggep sama temen-temen kerjanya. Dia ngga bisa ngelakuin apapun buat ngelawannya. Sampe rumah si suami ini bisa jadi orang yang berbeda. Karena menganggap suami adalah kepala keluarga, dan notabene orang yang paling berkuasa di keluarganya, jadi dia bisa ngelakuin apa aja yang dia mau, yang ngga bisa dia lakuin sebelumnya di lingkungan kerjanya. Akhirnya istrinyalah yang jadi korban buat ngelampiasin tekanan yang dia alamin selama ini. padahal istrinya ngga berbuat kesalahan apapun. Siapa yang bisa disalahin kalo kayak gini..?

Yang mungkin bikin tambah miris ngeliatnya adalah kalo yang bermuka dua ini adalah orang-orang yang punya peran besar buat ngebantu masayarakat.

Ilmuwan, politisi, dan akademisi contohnya. Mereka sebenernya adalah orang-orang yang dengan kemampuannya bisa aja ngerubah dan ngebantu masyarakat. Karena mereka yang selama ini belajar buat tahu apa sebenernya masalah dari masyarakat, dan nemuin cara buat ngobatinnya. Tapi apa yang ada..?

Banyak banget akhirnya ilmuwan dan akademisi ini yang milih buat berideologi pragmatis, kalo ngga mau dibilang money oriented.

Banyak tokoh politik kita yang dulunya adalah mahasiswa kritis dan keras sama pemerintah, tapi apa yang kita lihat sekarang..? kayaknya idealisme itu Cuma boleh dipake pas make jas mahasiswa, tapi kalo udah lepas jas itu, ya bolehlah milih jadi pragmatis. Jangan-jangan, ke kritisan mahasiswa-mahasiswa itu Cuma jadi jalan buat jadi seorang pragmatis, nanti kalo udah lulus. Itung-itung buat nambah CV, udah pernah gabung disebuah gerakan mahasiswa dulu waktu kuliah. Kemana idealisme nentang kenaikan harga BBM kalo pas duduk di DPR malah nyetujuin biar BBM dinaikin..?

Perempuan ngomongin feminisme kemana-mana, tapi ternyata dia juga ngerebut suami orang. Politisi ngomongin gimana ngelakuin agama yang bener, eh, dia malah selingkuh sama penyanyi dangdut. Menteri ngomongin urusan haji, eh, malah dikorupsi uang hajinya. Akademisi ngomongin gimana caranya ngatasin kemiskinan, eh, dia juga malah hidup dari orang-orang miskin. Orang miskin akhirnya Cuma dijadiin proyek-proyek aja, atas nama ilmu pengetahuan. Toh, kita masih bisa makan enak di restoran fast food luar negeri, walaupun di perempatan jalan, masih banyak anak jalanan yang mondar-mandir. Jangan-jangan, orang miskin emang dibikin biar tetep miskin, karena kalo ngga ada orang miskin, bakalan banyak yang kehilangan pekerjaannya..?

Ada yang bilang kayak gini juga, “Umur masih kepala 2, otaknya ngga kepake kalo ga idealis. Tapi kalo umur udah kepala 4, dan masih idealis juga, namanya ngga punya otak.”

Trus apa artinya ideologi..? ideologi apaan yang bisa berubah-ubah nurutin keadaan..? masa iya kita masih mau terus-terusan dikalahin sama sistem..? jangan sampe jadi orang yang hipokrit.. ngomongnya A, ngelakuinnya B.

Mungkin kalo semua mahasiswa yang kritis dan idealis dijadiin PNS, negara kita ini bisa jadi lebih baik. Mungkin kalo zakat yang dikumpulin tiap lebaran, digunain dengan baik dan tepat, jumlah orang miskin bisa berkurang terus. Mungkin kalo orang miskin bisa ikut nentuin proyek kemiskinan yang ada, bisa jadi lebih baik lagi..

Yang paling baik dilakukan mungkin setidaknya adalah, ngga ikut-ikutan memperburuk keadaan. Kadang kenyataan emang nyakitin, dan kita ngga bisa ngelakuin apa-apa buat itu. Kayak kata Metallica, Sad But True.


Tidak ada komentar: