Sabtu, 16 Agustus 2008

ISLAM SEBULAN..?

Ramadhan is coming to town.. bukan Cuma Christmast aja yang bisa coming to town.. tapi bulan yang katanya bulan-nya orang islam, bakalan dateng neeh bentar lagi. Banyak persiapan yang mesti dilakuin, kalo yang inget mesti ada yang disiapin..

Pastinya seeh yang bakalan sibuk adalah orang-orang yang bakal ribut soal hari pertama puasa. Yang percaya sama kalender beda harinya. Yang percaya sama bulan, beda juga harinya. Yang ada, mendingan milih yang puasanya belakangan, tapi lebarannya duluan. Hehehe..

Sibuk juga nanti ormas-ormas (yang katanya) islam bikin event. Event buat ngegerebeg tempat-tempat yang dianggep ngga ngehormatin orang yang lagi puasa. Bakalan ada olahraga malem abis teraweh. Ngegerebeg tempat-tempat hiburan malam yang masih buka juga, padahal udah bulan puasa. Ngegerebegin juga tempat makan-tempat makan yang keukeuh buka di siang bolong. Lucunya, KFC, McD, dan tempat semacamya ngga pernah digrebeg. Padahal jelas-jelas buka 24 jam. Kenapa yang di grebeg warteg doank..? tempat tukang becak makan. Mungkin ormas-ormas itu abis ngegerbegin warteg trus makan happy meal d McD kali. Siapa tau..?

Bakalan sibuk juga orang india itu yang kerjaannya bikin sinetron. Tiba-tiba semua artis jadi islam semua. Semuanya jadi pelan-pelan kalo ngomong. Semuanya jadi pake baju koko. Semuanya pake jilbab. Emang harus pake koko sama jilbab kalo mau jadi orang islam..? emangnya koko sama jilbab jaminan udah islam..? bagus buat tukang baju koko sama jilbab deh, yang tiap ramadhan pasti oplahnya naik.

Jadi.. apa seeh makna ramadhan sebenernya..? mungkin relatif. Bisa juga berubah-ubah tiap tahunnya. Kayak tagline tv soal ramadhan yang berubah terus tiap tahunnya.

Yang jelas.. ngga usah dipikirin deh yang lainnya kalo udah mulai ramadhan. Yang penting puasa, solat, sama banyak-banyak baikin orang lain. Ngga usah musingin orang lain yang ngga puasa. Ngga usah juga ngurusin orang lain yang ngga puasa. Kayak kurang kerjaan aja. Makin banyak godaan, makin banyak pahalanya kan..? makanya, kita liat, siapa yang paling kuat nahan godaan pas puasa nanti. Godaan apapun, termasuk godaan buat nyakitin orang lain yang ngga ikutan puasa. Mending tenaganya dipake buat masakin anak-anak yatim aja deh.

Jadi stop ngurusin orang lain yang punya perbedaan. Kuatin diri sendiri aja dulu. Itu aja udah susah banget.


Yuk siap-siap buat puasa sebulan penuh! (eh, tergantung ding, kan ada yang 29 hari, tergantung mazhab, hahaha..!)

Tidak ada komentar: